E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sejarah Kerajaan di Nusantara pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57747Kata Kunci:
Pengembangan, E-Book, InteraktifAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan belum mampunya guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk proses pembelajaran sehingga hasil belajar IPAS siswa menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran E-Book interaktif berbasis Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Gianyar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Gianyar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa untuk uji coba perorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil, dan 30 siswa untuk uji coba lapangan. Hasil rancang bangun dari review ahli memperoleh kualifikasi sangat baik (90%). Hasil uji kelayakan review ahli isi pembelajaran diperoleh kualifikasi sangat baik (91,1%), hasil review ahli desain pembelajaran diperoleh kualifikasi sangat baik (93,18%), hasil review ahli media pembelajaran diperoleh kualifikasi sangat baik (92,39%), hasil uji perorangan diperoleh kualifikasi sangat baik (96,93%), hasil uji kelompok kecil diperoleh kualifikasi sangat baik (95,71%), hasil uji lapangan diperoleh kualifikasi sangat baik (95,76%). Uji efektivitas memperoleh thitung sebesar 7,213. Dengan demikian, E-Book interaktif berbasis Problem Based Learning materi sejarah kerajaan di Nusantara pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar sangat layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran. Melalui penelitian ini, diharapkan guru mampu menerapkan model pembelajaran inovatif dengan menggunakan E-Book interaktif berbasis Problem Based Learning.
Referensi
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. JIPP, 4(1), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.
Al Bahij, A., Rizki, A. V., & Santi, A. U. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Problem Based Learning Untuk Mahasiswa PGSD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 213–226. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.11799. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v6i1.11799
Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73. DOI: https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book berbasis stem pada materi ekosistem untuk melatihkan kemampuan literasi sains siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 635–646. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646
Arfianto, A., Sutama, S., & Fathoni, A. (2022). Kelayakan buku lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 656–663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1985. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1985
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671–680. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/177.
Craft, J. A., Christensen, M., Shaw, N., & Bakon, S. (2017). Nursing students collaborating to develop multiple-choice exam revision questions: A student engagement study. Nurse Education Today, 59, 6–11. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.08.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.08.009
Efendi, M. A., & Hanif, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Karangan. Jurnal Pendidikan, 10(2), 253–267. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i2.1832. DOI: https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.678
Fadillah, A., Nopitasari, D., & Bilda, W. (2021). Development E-Book Learning Media Based on Kvisoft Flipbook Maker. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(2), 312–322. https://doi.org/10.15294/kreano.v12i2.31684. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v12i2.31684
Fitri, E. R., & Pahlevi, T. (2021). Pengembangan LKPD berbantuan kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 281–291. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p281-291. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p281-291
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
Kartini, P. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. JIPPG, 3(2), 339–346. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29066. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29066
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516. DOI: https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Kurniawan, N. D., & Yatri, I. (2022). Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502
Laura, S. D., & Sujana, I. W. (2022). Video Interaktif Berbasis Problem Solving pada Muatan IPS Materi SDA sebagai Media Pembelajaran Unik bagi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46600. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46600
Liana, L., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP: Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 289–298. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p289. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p289
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pengertahuan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368
Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G. A. P. K., & Nurhayati, L. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 78–85. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1556. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1556
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Primadewi, N. M. A., & Agustika, G. N. S. (2022). Media Video Animasi Berorientasi Problem Based Learning Materi Pecahan pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 167–177. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46477.
Putra, I. W. D., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Modul Interaktif Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 185–196. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45886. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45886
Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180
Sari, M. W. N., & Airlanda, G. S. (2022). Pengembangan E-Book dengan Strategi Problem Based Learning dalam Berpikir Kritis dan Kreatif. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5845–5851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3232. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3232
Sherley, Y., Ardian, Q. J., & Kurnia, W. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 136–147. https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i3.879. DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v3i1.852
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Wedayanti, L. A., & Wiarta, I. W. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Matematika Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 113–122. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46320. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46320
Wiratama, N. K., & Margunayasa, I. G. (2021). E-Modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 258–267. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805
Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Wulandari, I. G. A. A. P., Agung, A. A. G., & Suartama, I. K. (2022). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Cooperative Learning pada Mata Pelajaran IPS untuk Kelas V Sekolah Dasar. JIPPG, 5(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49771. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49771
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.