Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika dengan Model Pembelajaran RESIK berbantuan Media Komik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58808Kata Kunci:
RESIK, Komik, Kompetensi Pengetahuan MatematikaAbstrak
Matematika merupakan pembelajaran yang mempelajari logika, susunan, bentuk, besaran, dan konsep yang saling berkaitan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan pada siswa kelas V SD Gugus Srikandi, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada ulangan harian masih berada di bawah KKM. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi pengetahuan Matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk membuktikan pengaruh yang signifikan model Realistic Setting Kooperatif (RESIK) berbantuan media komik terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Srikandi sebanyak 376 orang siswa dan sampel pada penelitian ini sebanyak 61 orang siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode tes, instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rerata gain skor ternomalisasi kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen (0,701) lebih besar daripada rerata gain skor ternomalisasi kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol (0,554). Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung (4,595) lebih besar daripada ttabel (2,000) dengan dk 59 dan taraf signifikansi 5%, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Setting Kooperatif (RESIK) berbantuan media komik terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi.
Referensi
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Akbar, R., Weriana, W., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental Research Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 465–474. https://doi.org/10.5281/zenodo.7579001.
Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575–585. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371.
Astriani, N. L., Arini, N. W., & Arcana, I. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (Resik) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II Di SD No. 2 Wanagiri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4148.
Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32
Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., Julyanti, E., Haryanti, S., Bhoke, W., & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Matematika di SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Batrisyia, I., Shahrill, M., Azamain, M. S., & Musa, N. K. H. (2020). Captivating elementary school students’ interests in solving mathematics word problems with the use of comics. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012006. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012006
Bela, M. E., Bhoke, W., Bara, F. E., Rawa, N. R., Wangge, M. C. T., Wewe, M., & Dhajo, K. K. (2022). Pendampingan Belajar Matematika Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik di Kelurahan Todabelu. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 3(1), 12–22. https://doi.org/10.38048/jailcb.v3i1.440. DOI: https://doi.org/10.38048/jailcb.v3i1.440
Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 42–46. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.38. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.537
Dewi, A. D. V. K., & Wiarta, I. W. (2020). Cooperative Realistic Setting (RESIK) Assisted by Peer Tutors Have an Effect to Students’ Knowledge Competence in Mathematics. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 536–545. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.25857.
Dewi, A. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 174–179. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.67.
Dewi, N. L. F., Wiarta, I. W., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) Dipadukan dengan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10824.
Fauziyyah, A., Sobarningsih, N., & Jihad, A. (2015). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik dalam Menyelesaikan Soal Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Analisa, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.15575/ja.v2i1.5354. DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v2i1.5354
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Analisis Kebutuhan Penggunaan Komik Sebagai media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd. Js (Jurnal Sekolah), 5(3), 158–164. https://doi.org/10.24114/js.v5i3.26548. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v5i3.26548
Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5
Kusumadewi, R. F., Neolaka, A., & Yasin, M. (2020). Improving the Ability of Understanding Mathematical Concepts through Digital-based Comics for Elementary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(2), 280–294. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i2.7024. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i2.7024
Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8. DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Megayana, I. W., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.745.
Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of comic mathematics learning media based on contextual approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 85–97. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145
Pongsakdi, N., Kajamies, A., Veermans, K., Lertola, K., Vauras, M., & Lehtinen, E. (2020). What makes mathematical word problem solving challenging? Exploring the roles of word problem characteristics, text comprehension, and arithmetic skills. ZDM Mathematics Education, 52, 33–44. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01118-9. DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-019-01118-9
Pramestika, N. P. D., Wulandari, I. G. A. A., & Sujana, I. W. (2020). Enhancement of Mathematics Critical Thinking Skills through Problem Based Learning Assisted with Concrete Media. Journal of Education Technology, 4(3), 254–263. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25552. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25552
Putra, Z. H., & Aljarrah, A. (2021). A Praxeological Analysis of Pre-Service Elementary Teacher-Designed Mathematics Comics. Journal on Mathematics Education, 12(3), 563–580. https://doi.org/10.22342/jme.12.3.14143.563-580. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.12.3.14143.563-580
Rohmah, T. S., Nuraida, R., & Agnesti, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Limit Di Kelas Xii Rpl 2 Smk Al-Ihsan Batujajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 211–220. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.p%25p.
Sihotang, H. (2021). Penerapan Sistem Prodigy Math Game sebagai Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menengah Atas. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3919–3927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1230. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1230
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas pemanfaatan komik sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135–141. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Suharman, S. (2018). Tes sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(1), 93–115. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/138.
Tilaar, A. L. (2015). Efektivitas pembelajaran kontekstual dalam mengajarkan matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.72. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.72
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718
Yulian, V. N. (2018). Developing Teaching Materials Using Comic Media to Enhance Students’ Mathematical Communication. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1), 012110. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012110. DOI: https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012110
Yulianda, A., Ambarita, B., & Ansari, K. (2019). The Feasibility of Comic Media on Narrative Texts Based on Local Wisdom in VII Grade Student of Junior High School (SMPN) 3 Kotapinang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 147–163. https://doi.org/10.33258/birle.v2i3.369.g475. DOI: https://doi.org/10.33258/birle.v2i3.369
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Komang Ayu Tri Pramana Putri, I Wayan Wiarta, I Komang Ngurah Wiyasa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.