Komik Digital Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD

Penulis

  • I Nyoman Aditya Mardiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.75366

Kata Kunci:

ADDIE, Komik Digital, Berbasis Masalah, IPAS

Abstrak

Terbatasnya variasi media pembelajaran digital yang dimiliki guru untuk menunjang proses pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar IPAS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik digital berbasis masalah mata pelajaran IPAS. Penelitian pengembangan komik digital ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa komik digital berbasis masalah yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dibuktikan dari hasil uji ahli rancang bangun diperoleh skor 90,90% (sangat baik), ahli materi pembelajaran diperoleh skor 100% (sangat baik), ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran diperoleh skor 97,50% (sangat baik), uji perorangan diperoleh skor 93,33% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh skor 89,72% (baik), serta hasil uji efektivitas produk menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media komik digital berbasis masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media komik digital berbasis masalah layak dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), khususnya pada materi Indonesiaku kaya hayatinya kelas V SD.

Referensi

Agastya, D. N. K. & Sujana, I. W. (2023). Learning Video Media in Natural and Social Science Subjects for Fourth-Grade Elementary School. Jurnal Edutech Undiksha, 11(1), 20-30. https://doi.org/10.23887/jeu.v 11i1.54601.

Agung, A. A. G. 2018. Metodelogi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266-275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236.

Aristiani, N. K. R. & Agung, A. A. G. (2022). E-Book: Inovasi Media Pembelajaran Digital Muatan Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 410–419. https://doi.org/10.23 887/jlls.v5i3.54833.

Astama, B. P. & Minsih. (2023). Environment Based Ecosystem Thematic Teaching Materials: Using Problem Based Learning to Improve Learning Effectiveness. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 63-70. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.60742.

Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Ayu Wulandari, I. G. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 575-585. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371.

Century, J., Ferris, K. A., & Zuo, H. (2020). Finding Time for Computer Science in the Elementary School Day: A Quasi-Experimental Study of a Transdisciplinary Problem-Based Learning Approach. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00218-3.

Devi, N. M. S. N. & Werang, B. R. (2023). Media Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 71-80. https://doi.org/10.23887/jjpgsd. v11i1.55580.

Dewi, N. K. A. M. A. & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91-99. https://doi.org/ 10.23887/jjpgsd. v11i1.58348.

Dwiyanti, N. K. E. M., Rati, N. W., & Lestari, L. P. S. (2023). Dampak Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 285-294. https://doi.org/102388 7/jip p.v7i2.60494.

Hardiansyah, F., Misbahudholam A. R. M., & Hidayatillah, Y. (2022). IPAS Learning Assessment to Measure Science Process Skill in Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(3), 612-623. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i4. 54217.

Hasna, H. R., Fajriyah, K., & Saputra, H. J. (2021). The Effect of Blended Learning Based on The Problem-Based Learning Model Assisted by Puzzle Media on The Critical Thinking Skills of Fifth Grade Students on Ecosystem Themes. Journal of Education Technology, 5(1), 14-22. https://doi.org/10.23887/jet.v 5i1.29770.

Juanda, N. I., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2015). Perancangan Komik Pembelajaran Bertemakan Fabel untuk Pembentukan Karakter pada Anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6).

Junia, N. M. I. & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia bagi Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 130-139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243

Kristiyanto, D. & Rahayu, T. S. (2020). Development of Comic Media on Learning Theme 7 Sub- Theme 4 in Third Grade Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 4(4), 530-536. https://doi. org/10.23887/ijee.v4i4.30206.

Laksmi, N. L. P. A. & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 56-64. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911.

Maulana, M. R. & Sari, C. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komadi (Komik Matematika Digital) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 825-836. https://doi.org/10.24127/ ajpm.v12i1.6450.

Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127-136. https://doi.org/10.23887/ jppp.v6i1.46368.

Melyastiti, N. M., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2023). E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 82-92. https://doi.org/10.23887/ jipp.v7i1.58538.

Mertasari, P. S. & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 288-298. https://doi.org/10.23887/ jippg.v4i2.32848.

Ningsih, N. P. A., Astawan, I. G., & Rati, N. W. (2022). Animated Video Media with Contextual Approach on Social Science Subject in Fourth Grade Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(3), 412-421. https://doi.org/10.23887/ ijee.v6i3.49241.

Pinatih, S. A. C. & Semara P., D. B. KT. N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115-121. https:// doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Pinem, N. K. B. & Jampel, I. N. (2023). Learning Videos Based on Problem-Based Learning in Fifth- Grade Elementary School. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 35-40. https://doi.org/10.23887/jlls. v6i1.57282.

Pramestika, N. P. D., Wulandari, I. G. A. A., & Sujana, I. W. (2020). Enhancement of Mathematics Critical Thinking Skills through Problem Based Learning Assisted with Concrete Media. Journal of Education Technology, 4(3), 254-263. https://doi.org/10. 23887/jet.v4i3.25552.

Pratiwi, K. I. A., Margunayasa, I. G., & Trisna, G. A. P. S. (2023). Project-Based Learning Interactive Multimedia with Orientation of Environmental Problems Assisted by Articulate Storyline 3 for Grade V Elementary Schools. Journal of Education Technology, 7(2), 332-342. https://doi.org/10 .23887/jet.v7i2.59615.

Puriasih, K. N. & Trisna, G. A. P. S. (2022). Digital Comics Learning Media Based on Problem Based Learning in Science Subjects for Fourth Grade Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 367-375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2. 48575.

Putri, K. P. C., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2023). Balinese Culture-Based Digital Comic Learning Media for Strengthening Pancasila Student Profiles for Elementary School Students. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(2), 305–314. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1 1i2.61431.

Putro, P. C. & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 131-142. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1041.

Ratnathatmaja, I. M. & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1) 127-135. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1. 46605.

Saragi, R. & Tegeh, I. M. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 98-107. https://doi.org/ 10.23887/jeu.v10i1.41538.

Sari, N. K. D. P. & Wiyasa, I. K. N. (2021). Development of Interactive Learning Multimedia Indonesia’s Cultural Diversity Material in Social Sciences Learning for Grade IV Elementary School Students. Journal of Education Technology, 5(1), 48-59. https://doi. org/10.23887/jet.v 5i1.32053.

Saubari, A. A. P. & Sudatha, I. G. W. (2023). Interactive Learning Multimedia Based on Problem-Based Learning Models in Fifth-Grade Science Content. Journal of Education Technology, 7(1), 177-185. https:// doi.org/10.23887/jet.v7i1.57354.

Suantara, K. A., Gading, I. K., & Sanjaya, D. B. (2023). E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Satua Bali untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 198-206. https:// doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60241.

Dewi, N. P. A. S., Ganing, N. N., & Putra, D. S. 2022. E-Comic Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Pencernaan pada Manusia Muatan IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 64-72. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1. 45204.

Susanti, K. A. C. & Wibawa, I. M. C. (2022). Learning Socio-Cultural Diversity of Society Containing Tolerance Character Values Through Digital Comic Media. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 342-350. https://doi.or g/10.23887/jjpgsd.v10i2.48508.

Susanti, N. K. W. & Suastika, I. N. (2022). Children’s Story Book on Science and Social Learning Oriented Pancasila Student Profile. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 51-357. https://doi.org/10.23887/jjpg sd.v10i2.46940.

Syukri, R., Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 81-91. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486.

Tegeh, I. M. & Sudatha, I. G. W. 2019. Model-Model Desain Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ulandari, N. K. Y. & Sujana, I. W. (2023). The Use of Project-Based Digital Comics on Social Science Content to Improve Learning Outcomes Students of 5th Grade Elementary School Students. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 457-468. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i3.57208.

Utari, N. P. S. D. & Sujana, I. W. (2022). E-Comic Berbasis Problem Based Learning Muatan IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 253-261. https://doi.org /10.23887/jeu.v10i2.47044.

Waisakanitri, I. D. A. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). Media Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Muatan IPA (Ekosistem) Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 57-70. https://doi.org/10. 23887/jippg.v6i1.58651.

Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 18-27. https:/ /doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59281.

Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas IV SD Negeri 1 Blahkiuh Kecamatan Abiansemal. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741.

Wynn, C. (2022). Facilitating Postformal Thinking Through Problem-Based Learning in the History Survey Course: An Empirically Tested PBL Model. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 10(1), 121-133. https://doi.org/10.54337/ojs.jpblhe.v1 0i1.7288.

Yuniarti, A. & Radia, E. H. (2021). Development of Comic Mathematics Teaching Materials on Flat-Building Material to Increase Reading Interest in Class IV Elementary School Students. Journal of Education Technology, 4(4), 415-423. https://doi.org/10.23887/jet. v4i4.30034.

Diterbitkan

2024-05-17

Cara Mengutip

Mardiana, I. N. A., & Anak Agung Gede Agung. (2024). Komik Digital Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 49–59. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.75366

Terbitan

Bagian

Articles