Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10127Keywords:
Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 1 Mengwitani setelah diterapkannya model pembelajaran think pair share (TPS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 orang. Data penelitian ini tentang hasil belajar yang dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 1 Mengwitani. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 75,31% yang berada pada kategori sedang dan pada siklus II menjadi 80,15% yang berada pada kategori tinggi. Dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 65,62% dan pada siklus II mencapai 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 1 Mengwitani.References
Angga Wiguna, Sang Gede., I Wayan Widiana, Dewa Nyoman Sudana. Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Vol 5 No 2 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7776).
Agung, A.A Gede. 2010. Metedologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Agusditya, Putu Handy., I.G.A.A. Sri Asri, I Made Suara. The Effect of Scientific Approach Based on Portfolio Assessment towards the Learning Outcomes of Civic Education of the Students Grade V Viewed from the Tendency of Observing Objects on Theme 7 SDN 4 Ubung. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9842).
Agus Suarimbawa, Kadek., A. A. I. N. Marhaeni, GAP Suprianti. 2017. An Analysis of Authentic Assessment Implementation Based on Curriculum 2013 in SMP Negeri 4 Singaraja. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017 (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9551).
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Suryaningsih, Ni Made Ayu., I Made Elia Cahaya, Christiani Endah Poerwati. 2016. Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 5. No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8559).
Badar, Trianto Ibnu. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan kontekstual. Jakarta : Kencana.
Hadi, L. S., Agustriyana, Subagiyo Subagiyo. 2017. Project Based Learning on Casting of Aluminium Tensile Test Specimen for Mechanical Engineering Students, State Polytechnic of Malang on Odd Semester of Academic Year 2016/2017. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9844).
Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan. Yogyakarta : Kepel Press.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Januarti, Ni Ketut., I Ketut Dibia, I Wayan Widiana. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Kecamatan Abang. Mimbar PGSD Vol 4 No 1 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7442).
Jasdilla. 2016. Hasil Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). Journal Pendidikan Indonesia P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207 Vol. 6, No.1, April 2016. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9253/6328
Junaedi, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI.
Laba Laksana, Dek Ngurah. 2016. Miskonsepsi Dalam Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 6.No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8588).
Oka Sugiarta, Gst Pt., I Wayan Widiana, I Dewa Kade Tastra. Penerapan Model Pembelajaran Akselerasi (Accelerated Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V di SD N 8 Banyuning. Mimbar PGSD Vol 6 No 3 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/8600).
Kunandar. 2007. Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan kemandirian guru dan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani.2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Jogjakarta : Kata Pena.
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Septiani Ari Pertiwi, Ni Luh., Ni Wayan Arini, I Wayan Widiana. 2016. analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas IV Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi di Gugus XIII Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2015/2016. Mimbar PGSD Vol 5 No 2 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7692).
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Biru.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Taniredja, Tukiran. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta.
Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.
-------. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta:Pernada Media Group.
-------. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Pendekatan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiaastuti dan Ali K. tt. Grand Kamus Inggris-Indonesia Indonesia- Inggris. Surabaya: Apollo.
Widiana, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (Tps) Berbantuan Kartu Kerja Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).
Widiana, I Wayan. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 6.No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8154).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)