Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angga Wiguna, Sang Gede., I Wayan Widiana, Dewa Nyoman Sudana. Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Vol 5 No 2 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7776).
Agung, A.A Gede. 2010. Metedologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Agusditya, Putu Handy., I.G.A.A. Sri Asri, I Made Suara. The Effect of Scientific Approach Based on Portfolio Assessment towards the Learning Outcomes of Civic Education of the Students Grade V Viewed from the Tendency of Observing Objects on Theme 7 SDN 4 Ubung. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9842).
Agus Suarimbawa, Kadek., A. A. I. N. Marhaeni, GAP Suprianti. 2017. An Analysis of Authentic Assessment Implementation Based on Curriculum 2013 in SMP Negeri 4 Singaraja. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017 (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9551).
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Suryaningsih, Ni Made Ayu., I Made Elia Cahaya, Christiani Endah Poerwati. 2016. Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 5. No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8559).
Badar, Trianto Ibnu. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan kontekstual. Jakarta : Kencana.
Hadi, L. S., Agustriyana, Subagiyo Subagiyo. 2017. Project Based Learning on Casting of Aluminium Tensile Test Specimen for Mechanical Engineering Students, State Polytechnic of Malang on Odd Semester of Academic Year 2016/2017. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9844).
Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan. Yogyakarta : Kepel Press.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Januarti, Ni Ketut., I Ketut Dibia, I Wayan Widiana. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Kecamatan Abang. Mimbar PGSD Vol 4 No 1 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7442).
Jasdilla. 2016. Hasil Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). Journal Pendidikan Indonesia P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207 Vol. 6, No.1, April 2016. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9253/6328
Junaedi, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI.
Laba Laksana, Dek Ngurah. 2016. Miskonsepsi Dalam Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 6.No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8588).
Oka Sugiarta, Gst Pt., I Wayan Widiana, I Dewa Kade Tastra. Penerapan Model Pembelajaran Akselerasi (Accelerated Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V di SD N 8 Banyuning. Mimbar PGSD Vol 6 No 3 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/8600).
Kunandar. 2007. Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan kemandirian guru dan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani.2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Jogjakarta : Kata Pena.
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Septiani Ari Pertiwi, Ni Luh., Ni Wayan Arini, I Wayan Widiana. 2016. analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas IV Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi di Gugus XIII Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2015/2016. Mimbar PGSD Vol 5 No 2 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7692).
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Biru.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Taniredja, Tukiran. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta.
Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.
-------. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta:Pernada Media Group.
-------. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Pendekatan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiaastuti dan Ali K. tt. Grand Kamus Inggris-Indonesia Indonesia- Inggris. Surabaya: Apollo.
Widiana, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (Tps) Berbantuan Kartu Kerja Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).
Widiana, I Wayan. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 6.No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8154).
DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10127
Article Metrics
Abstract view : 3166 timesPDF file view : 2441 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.