Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13928Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang di laksanakan di SD YPPK ST. Theresia Buti Merauke, menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD YPPK. ST. Theresia Buti Merauke, hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatkan dari siklus I ke siklus II. Siswa sangat antuasias mengikuti pembelajaran IPA yang ditunjukan dengan beberapa proses pembelajaran seperti, siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran, aktif bertanya dalam kelompok maupun individu, mengemukkan pendapatnya, percaya diri, saling menghargai pendapat orang lain, dan bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan baik itu individu maupun kelompok. Saran yang diberikan yaitu, pertama dalam proses pembelajaran hendaknya guru menerapakan model pembelajaran kreatif, inovatif dan afektif sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan sedirinya dapat meningkatkan hasil belajar IPA, kedua model pembelajaran think pair share dapat dijadikan referensi sebagai model pembelajaran untuk mata pelajaran lain disertai dengan media yang menarik.
References
A. Nimah., P. Dwijananti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Mts. Nahdlatul Muslimin Kudus. Journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej Vol: 3 No:2.
Ardiyanti, Yusi. 2016. Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 5, No.2, Oktober 2016 ISSN: 2303-288X.
Azlina, N. A. N. 2010. Cetls Supporting Collaborative Activities Among Students and Teschers Through The Use of Think-Pair-Share Techniques. IJCSI Internasional Journal of Computer Science Issues. Vol: 7
Bamiro, O.A., Ajayi, A.O. 2015. Effects of Guided Discovery and Think-Pair-Share Strategies on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry. SAGE Journals. http://sgo.sageup.com/content/5/1/2158244014562388,
Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1992. The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.
Mc.Gee, S., Corris, D. & Shia R. 2001. Using Simalation to Improve Cognitive Reasoning. Proposal to AERA. SIG: Advanced Learning Technologis.
Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Riduwan, 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Teriska, R.2005. Peran LPMP dalam perberdayaan Guru Sains: Sebuah Upaya untuk Menyelesaikan Permasalahan Guru Sains di Jawa Barat. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Himpunan Sarjana dan Pemerihati Pendidikan IPA Indonesia (HIS-PPIPAI III), Bandung, 22-23 Juli 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)