Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10141Keywords:
Hasil Belajar, Problem Solving, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Problem Solving pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD No. 2 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis ini adalah Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A di SD No. 2 Dalung yang berjumlah 33 siswa. Data dianalisis dengan tehnik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas VA SD No. 2 Dalung. Presentase rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,12%. Presentase rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 82,58%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Solving pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A SD No. 2 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017.References
Agung, A.A. Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja.
Ali, Muhammad. 1992. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Dosen FIP IKIP Bandung.
Arikunto, Suharsimi Prof. Dr. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Depdikbud. 1999. ”Pengertian Belajar Mengajar”. Tersedia pada http: //aadesanjaya.blogspot.com/2011/07/contoh.proposal.ptk-penelitian-tindakan.httm (diakses tanggal 2/1/2012).
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Dimyanti, Moedjiono 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan Peningkatan Mutu Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebidayaan.
Djajadisastra, Jusuf. 1982. Metode-Metode Mengajar. Bandung: Angkasa.
Gulo, W. 2002. Metode Penelitian . Jakarta: PT. Grasindo.
Hudoyo, Herman. 1981. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Kartawidjaya, Omi. 1988. Metode Mengajar Geografi. Jakarta: Depdikbud.
Kasihani, Kasbolah dan Sukarnyana I Wayan. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Malang: Universitas Negeri Malang.
Koyan, I Wayan. 2011. Assesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.
Rusyan, Tabrani. 1993. Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bina Budaya.
Sanjaya, I Made Agus. 2008. Perbedaan Penerapan Metode Penemuan dan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Terbuka. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shibata, H. 1998. Problem Solving:Definition,Terminology, and Pattrens. Media Frontier Online. Dikutip 02 Januari 2017 dari Http://www.mediafrontier.com/Article/shibata/default.htm
Sudjana, Nana.1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.
Suryabrata, Sumadi. 1981. Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Wardhani, I GAK, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka.
Wina, Sanjaya. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syaiful Bahri dan ahmd Zain, (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta; p .92
Janet E. Davinson dan Robert J.S, (2003). Problem Solving, UK: Cambridge University, 2003; p. 3-4
Conny R. Semiawan, (2009). Kreativitas keberbakatan Jakarta: Indeks; p. 136
Utomo Danajaya, (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa; p.131
Theresia Kristianty, (2010). Evaluasi Pembelajaran Bagi Mahasiswa PAUD dan DIKDAS, Jakarta:UNJ, 2010; p.161
Surjani.W, (2010). Dasar-dasar Sains. Jakarta:Indeks; , p.13-14
Dharma, Surya. 2008. Strategi pembelajaran dan pemilihannya. Jakarta: direktorat tenaga kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Bahri, Syaiful, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 150
Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran dan Mengembangkan Profesionalisme
Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.
Yamin, Martinis.2013. Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)