PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE SHOW AND TELL SISWA SD NEGERI 3 BANJAR JAWA

Maya Hayatun Nupus, Desak Putu Parmiti

Abstract


Metode yang masih konvensional terutama dalam pembelajaran keterampilan berbicara seperti bercerita di depan kelas mengakibatkan rasa tidak percaya diri, perasaan malu-malu, serta ketidaksiapan siswa dalam bercerita. Melalui penelitian ini peneliti berusaha untuk mengungkapkan bagaimana meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III sekolah dasar melalui penerapan metode Show and Tell yang merupakan metode dengan menunjukkan sesuatu kepada audiens (siswa) dan menjelaskan, mendeskripsikan, ataupun bercerita tentang hal-hal yang relevan dengan sesuatu yang ditunjukkan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui penerapan metode Show and Tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III C SD Negeri 3 Banjar Jawa Tahun Ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIC SD Negeri 3 Banjar Jawa Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan tes evaluasi (lisan). Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, metode analisis deskriptif kuantitatif dan peningkatan skor (Gn). Hasil analisis data menunjukkan peningkatan presentase ketuntasan klasikal dalam keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 81% ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94%. Terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 0,24 dan sebesar 0,76 dari prasiklus ke siklus II. Jadi, simpulan dari penelitian ini bahwa dengan penerapan metode Show and Tell ini keterampilan berbicara siswa kelas IIIC SD Negeri 3 Banjar Jawa mengalami peningkatan.


Keywords


Keterampilan Berbicara, Show and Tell

Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1991. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1991. Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cahyani, Isah. 2012. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Fathurrohman. 2010. Strategi Belajar Mengajar (Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam). Bandung: Resika Aditama.

Mudini dan Salamat Purba. 2009. Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Musfiroh, Takdiroatun. 2011. Show and Tell Edukatif: Panduan Pengembangan Social Skill Anak Usia Dini. Yogyakarta: Lokus

Rohim, Abdul, dkk. 2009. Kebahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Subana, M dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara: Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.