Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10143Keywords:
Group Investigation, Hasil Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas V SD No. 1 Abianbase. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes hasil belajar IPA dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode tes. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I hasil belajar siswa 66,67% berada pada kategori sedang. Pada siklus II hasil belajar siswa 90,91% berada pada kategori sangat tinggi. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 24,24% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat efektif meningkatkan hasil belajar IPA, materi sifat bahan dan struktur penyusunnya pada siswa kelas V SD No. 1 AbianbaseReferences
Agung, A. A. Gede. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: STKIP. Singaraja.
Ariadi, Putu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD No. 2 Belega. Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aunnurahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Devi, Poppy Kamalia. (2010). Metode-metode dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA), untuk Program Bermutu
Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Julianto, Suprayitno, dkk. (2011). Teori dan Implementasi model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: UNESA.
Juniati, Ni Wayan., I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 20-29.
Kurniasih, I. & B. Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Laba Laksana, Dek Ngurah. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 6.No 2 tahun 2016.
Oka Budi Sriani, Nyoman. (2016). Penerapan Model Pembelajaran GI Dalam pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV B SD Negeri 29 Pemecutan Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha.
Puspitasari, Rika Nanda. (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas III melalui Penerapan Metode Guided Inquiry-Discovery. Skripsi Sarjana Pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta: tidak diterbitkan.
Putrayasa, Ida Bagus. (2015). Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Berbasis Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii Smp Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2 No. 2.
Roestiyah, M.K. (1994). Masalah Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, E. Robert. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung ; Nusa Media
Suastra, I.W. (2009). Pembelajaran Sains Terkini: Mendekatkan Siswa denganLingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja
Subagyo, Y., Wiyanto. dan Marwoto, P. (2009). Pembelajaran Sains dengan 126 Pendekatan keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 5(1): 60 –66.
Suma’mur. (2001). Pembelajaran IPA di SD, jakarta : CVHaji Masagung.
Suryabrata, Sumadi. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Grafindo Perkasa
Taniredja, Tukiran. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Wijana, Nyoman. (2015). Pengaruh Pengintegrasian Pendidikan Karakter Berorientasi Kearifan Lokal Ke Dalam Materi Ajar Mata Kuliah Ilmu Lingkungan Untuk Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fmipa Undiksha. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 4, No.2. 645-657.
Widiana, I Wayan. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 6.No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8154).
Wisnawa, I. D. G. Raka, Ndara Tanggu Renda, I Wayan Widiana. (2016). Penerapan Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 6 No: 3 Tahun 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)