Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643Keywords:
Hasil belajar, IPA, Group Investigation,Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPA di SDN Wasur Merauke. Penelitian yang gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kolaborasi dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilaksankan dalam 3 pertemuan. Subjek dalam penelitian terdiri dari 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh hasil keterlaksanaan model pembelajaran mengalami peningkatan di setiap siklus I sebesar 66,0% dalam kategori cukup menjadi 72,5% pada siklus II dalam kategori baik. . Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,4% dan pada siklus II persentase kentuntasan belajar siswa meningkat sebesar 80.7%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Wasur Merauke.
References
Artini, P. M. & Husain, S. M. . (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belaja IPA pada Siswa Kelas VI SD Inpres I Tondo. Jurnal Riset Pendidikan MIPA. Universitas Tadulako, 4(1).
Aunnurahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Erlinawati & Marhadi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 56 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 9–14.
Halimah, N. & Ketut Suma & Putri Sarini. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 1(1).
Lie, A. (2008). Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: PT.Grasindo.
Muliyantini, N. P. & Desak Putu Parmithi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2).
Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Beorientasi Setandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Wardana, I W. & Ni Made Setuti & I Gde Wawan Sudatha. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Asesmen Proyek Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus III Tampak Siring. E-Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Undiksha, 3(1).
Winkel. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Media Abadi.
Wiratana, K. I. dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Wisudawati, A & Anggaryani, M. (2014). Penerapan Pembelajaran Fisika Bedasarkan Strategi Brain Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis siswa pada Materi Elastisits Kelas XI di Sma Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Universitas Negeri Surabaya, 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)