Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD di Gugus II Santalia Melalui Tutor Sebaya

Authors

  • Ni Komang Sarini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia.
  • Dewa Nyoman Sudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15486

Abstract

This study is aimed find out significant difference of natural science learning outcomes of students who follow peer tutor and do not follow peer tutor. This study is quasi experimental study especially non-equivalent post tes only kontrol groip design. The population of this study was the entire of IV grade students in Gugus II Santalia Kubutambahan District. The sample was determined by using random sampling technique. The sample was IV grade students if SDN 2 Kubutambahan was chosen as experimental group and class IV SDN 4 Kubutambahan as control group. The data was teken by using multiple choice test. The data obtained were analized by using descriptive statistical analysis and inrerential statistic t-test with the formula of polled variance. The results showed the lessons with peer tutor and the group of students who do not follow peer tutor. the findings are peer tutor makes the students motivated, trained, and active to espress their option. furthermore, peer tutor provides an opportunity for the students to exchange ideas, and their work together. in addition, learning with peer titor becomes fluent communicating

References

Ambarajaya, Beni S. 2012. Psikologi Pendidikan & Pengajaran Teori & Praktik. Yogjakarta: CAPS.

Arina dewi. 2014. “Peran Guru Sebagai Motivator pada Mata Pelajaran IPS di SMA Negeri 1 Torue Kabupaten Paragi Moutong”. Jurnal Edu-civic. Vol. 1, No. 2. Diakses pada tanggal 20 Juni 2017.

Astiti , Desak Kadek Sri dan I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 30-41.

Candiasa. 2011. Statistik Univariant dan Bivariant Disertai Aplikasi SPSS. Jakarta: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ermelinda, Benge (2017). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology. Vol. 1 No. (4) pp. 231- 238

Evie Hafizah, Siti Halidjah, dan Nursyamsiar. T. Pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar di Kelas V Sekolah Dasar Kota Pontianak. Jurnal FKIP Universitas Tanjungpura Vol 2 No 1 2015.

Hendriansyah, Dede & Rita Myliartini. 2013. “Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Ornamen Suling Lubang Enam”. Jurnal Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Vol. 1. No. 3. Diakses pada tanggal 13 Januari 2017.

Indrianie, Niken Sholi. 2015. “Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo”. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 1, Januari 2015; 126-132 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615.

Juniati , Ni Wayan dan I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 20-29.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Penidikan Teknik Analisis data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Koyan, I Wayan. 2011. Aseasmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Natalia. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Penghargaan Oleh Guru Ekonomi Terha dap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Man 2 Pontianak”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3, No. 6. Diakses pada tanggal 20 Juni 2017.

Sudana, I Putu Ari dan I Gede Astra Wesnawa. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 1-8.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwatra, Wayan dkk. 2015. “Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sumartana, Edy dkk. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Kontektual Yang Berbasis Tutor Sebaya Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1. Diakses pada tanggal 20 Januari 2017.

Suastra, I Wayan. 2009. Pembelajaran Sains Terkini Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budaya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudana, Dewa Nyoman & Nyoman Kusmariatni. 2016. Pendidikan IPA SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tirtarahardja, Umar & Sulo La. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Udayanti , I. A. G. Sri dan P. Nanci Riastini. (2017). Penerapan Metode Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 51-58.

Ulfa, Maria. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar TIK Kelas VI SD Muhammadiyah 2 Denpasar”. e-jurnal Program Pascasarjana universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar.Vol. 4. Diakses pada tanggal 07 Februari 2017.

Wulandari, Resmi. 2015. “Penerapan Metode Tutor Sebaya melalui Latihan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kky Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di Smkn 2 Surabaya”. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. Vol. 1, No. 1. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017.

Downloads

Published

2018-08-14

How to Cite

Sarini, N. K., Sudana, D. N., & Riastini, P. N. (2018). Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD di Gugus II Santalia Melalui Tutor Sebaya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 94–102. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15486

Issue

Section

Articles