Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi “TPS” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19456Keywords:
diskusi, kelas, “TPSâ€, (think-pair-share), motivasi, belajar, siswa.Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Tema Cita-Citaku. Hal ini berdasarkan hasil observasi dimana motivasi siswa masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah desain pra-eksperimen dengan jenis satu kelompok preetes-posttes. Pada desain penelitian ini, kelas diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal, selanjutnya kelas diberi perlakuan dengan menggunakan Metode Diskusi Kelas Dengan Strategi “TPS”. Selanjutnya diberi posttest setelah diberi perlakuan. selanjutnya untuk mengetahui motivasi belajar siswa meningkat diberikan angket siswa. Bardasarkan hasil perhitungan Rata-rata nilai hasil belajar Pretest adalah 64,49 dengan 8 siswa dinyatakan tuntas dan 12 siswa dinyatakan tidak tuntas. Setelah diberikan perlakuan dengan metode Diskusi Kelas dengan Strategi “TPS” rata-rata hasil belajar nilai rata-rata posttest adalah 77,12 dengan 15 Siswa yang dinyatakan tuntas dan 6 siswa dinyatakan tidak tuntas. Untuk presentasi kenaikan hasil belajar adalah 12,63 %, dan Rata-rata nilai hasil angket motivasi sebelum diterapkannya Metode Diskusi Kelas Dengan Strategi “TPS” (Preetest ) adalah 63,18 dan setelah diberi perlakuan dengan Metode Diskusi Kelas Dengan Strategi “TPS”(posttest) adalah 77,11. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa di pertemuan dengan menerapakan Metode Diskusi Kelas Dengan Strategi “TPS” efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Mangunrejo 1 Demak.References
Eva, M. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap pemahaman matematik peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 29–34.
Fauziah, dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study Di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30–38.
Hamdu, G. & L. A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).
Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Kependidikan, 1.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendri & Mardalena. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif, 3(2), 105–114.
Sutikno, S. (2014). Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, aktiv, inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistika.
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisi Dibidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)