Keefektifan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantu Media Roda Pintar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16158Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 03 Gubug menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan model ceramah dan tidak ada pengunaan media pembelajaran yang menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantu media roda pintar efektif terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA siswa kelas III di SD Negeri 03 Gubug. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar model kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantu media roda pintar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 03 Gubug. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantu media roda pintar efektif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SD Negeri 03 Gubug. Terlihat presentase ketuntasan belajar naik dari 10% menjadi 80%.References
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontektual. Jakarta: Prenada media Group
Arikunto. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iru, 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Kendari: Multi Residu.
Juliartini, N. M. , N. W. Arini. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III. J o u r n a l o f E d u c a t i o n A c t i o n R e s e a r c h Volume 1 Nomor 3
Kustadi, Cecep dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Monawati, M. Yamin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas IV Sdn Lamsayeun. JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala. Vol. 3 No.4, Oktober.
Mutia Agisni Mulyana, Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah UPI. Vol 1 No 1.
Nursyamsi SY, Aloysius Duran Corebima, Herawati Susilo. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 1 No 10 Edisi Oktober.
Nursyamsi SY, Aloysius Duran Corebima, Herawati Susilo. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 1 No 10 Edisi Oktober.
Pukjiwati. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Kelas IV SDN Sumur 03. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA Universitas Muria Kudus. Volume 7 (2).
Rika Fima Yenni. 2016. Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol 9 No 2.
Rusdiani, Dini. 2012. Model pembelajaran langsung. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Siti Nuryanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV Sd Negeri 3 Tondo. Jurnal Diknas. Volume 2 No 2.
Suandewi, Ni Km. I Made.Citra Wibawa. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas IV SD No. 3 Kapal. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp 59-66
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Widodo, Lusi Widayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)