Penerapan Permainan What’s In Here Berbasis Model TGT untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Novika Hapsari Susilo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17756

Keywords:

IPS, Problem, Based, Learning, Role, Pyaing, Motivasi, Hasil, Belajar,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan What’s In Here berbasis model Team Games Tournament untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN Gabus 04 Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV di SDN Gabus 04 Pati berjumlah 31 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah (1) Tes. (2) Angket, (3) Observasi, dan (3) Dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis analisis data uji normalitas, uji hipotesis (uji-t), dan Uji N-Gain. Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis menggunakan uji t-test. Uji N-Gain digunakan untuk menghitung kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa permainan What’s In Here dapat diterapkan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN Gabus 04 Pati. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk kemampuan berpikir kritis sebesar 7,232 dan ttabel sebesar 1,694 karena thitung (7,232) > ttabel (1,694) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t kemampuan berpikir kritis signifikan. Sedangkan hasil observasi yang dilakukan aspek paling tinggi yaitu pada keterampilan mensintesis sebesar 78,2%.

References

Archambault, J. 2008. “The Effects of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques”. Action Research required for the Master of Natural Science degree with concentration in physics. Arizona State University.

Ardiansah, Fandi Eka, dan Setiyo Hartoto. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Renang Gaya Bebas (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wonoayu – Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol. 06 No. 01 Hal. 55-59.

Ega , 2104. Model pembelajaran Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK: Universitas Pendidikan Indonesia.

Feasey, Rosemary. 2009. Jumpstart! Science. Games and Activities for Ages 5-11. A David Fulton Book. London and New York: Routledge.

Husamah & Setyaningrum, Y. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi: Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Hasan, Said Hamid. 2000. “Pengembangan kurikulum berbasis masyarakat”. Makalah seminar nasional pengembangan program pendidikan berbasis kewilayahan menyongsong diterapkannya otonomi daerah: UPI Bandung.

Kusuma, H. 2018. pembelajaran menulis teks cerita dongeng berbasis kearifan lokal pada siswa kelas iv, Jurnal Pendidikan Edutama.

Ni Md Rusnadi, dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan hasil Belajar IPA: Mimbar PGSD UNDIKSHA.

Roji’ah, Hera Deswita, dan Arcat. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir pada Materi Operasi Aljabar. E-Journal Mahasiswa Prodi Matematika vol 1 No. 1.

Selly Nurina S. 2014. Permainan What’s In Here? sebagai Alternatif Metode Pembelajaran untuk Melatihkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 4(2): 183-190.

Suyatmini. 2010. Implementasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran akuntansi di sekolah menengah kejuruan: Juni 2107 di Pendidikan Akuntansi FKIP.

Slavin, E. Robert. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Solihah, Ai. 2016. Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika : Jurnal SAP Vol. 1 No. 1.

Soleh, Maulana Ibnu, Dadang Kurnia, dan Dede Tatang Sunarya. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran PIPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah: Vol 2 No 1 Hal. 2101-2110.

Solihah, Ai. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP Vol. 1 No. 1 Hal. 45-53.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Syah, Muhibin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdaka.

Sumardi. 2014. Model pembelajaran Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK: Universitas Pendidikan Indonesia.

Yuna, Murpini, 2016. Pengaruh perubahan kurikulum 2013 terhadap perkembangan peserta didik, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

Downloads

Published

2019-06-18

How to Cite

Susilo, N. H., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Penerapan Permainan What’s In Here Berbasis Model TGT untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 125–134. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17756

Issue

Section

Articles