Keefektifan Penerapan Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Tema Cita-Citaku

Risma Rossyana Wijayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar keefektifan penerapan model Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik dalam  tema cita-citaku siswa kelas IV SD N 1 Sukodadi. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada postest di kelas eksperimen efektif digunakan sebesar 0,14. Hal ini berarti pembelajaran dengan menerapkan model Talking Stick efektif dengan kriteria tinggi terhadap hasil beljar peserta didik kelas IV dalam pembelajaran tema cita-citaku di SD N 1 Sukodadi.


Keywords


Talking Stick; Hasil Belajar;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2349

Hakim, Z. R. T. dan Q. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick terhadap Pemahaman Konsep Kegiatan Jual Beli pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 75–84. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/12199/9467.

Hamalik, O. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutarto, W. (2011). Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN 2 Pringapus Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk …, 70. Retrieved from http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=48854

Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safitri, I. M. M. I. N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick dengan Bantuan Media Choose Number terhadap Hasil Belajar Biologi di SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Biotek, 6(1), 131–144. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/.

Siregar, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra. Jurnal Biotik, 3(2), 100–106. Retrieved from http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/999.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sohimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011a). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2011b). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, S., Kundera, I. N., & Gagaramusu, Y. (n.d.). Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol . 1 No . 1 ISSN 2354-614X Penerapan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN 2 Posona Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol . 1 No . 1 ISSN 2354-614X, 1(1), 64–76.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17771

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF file view : 555 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.