Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar

Aprilia Rahmayani, Joko Siswanto, Muhammad Arief Budiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media video tehadap hasil belajar siswa kelas IV SD Gemah Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre- Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD N Gemah yang terdiri dari 40 siswa. Dalam menentukan pretest dan posttest, dilakukan uji validitas soal instrumen yang telah divalidkan oleh validator. Setelah diperoleh data dari hasil pretest dan posttest, di analisis menggunakan uji- t. Diperoleh thitung = 23,817 dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,226. Karena thitung = 23,81 > ttabel = 0,226. Maka Ha diterima hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan media video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Gemah. Berdasarkan hasil prenelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Discovery Learing dengan menggunakan media video dapat dijadikan salah satu alternative guru untuk mengajar pada tema pahlawanku maupun pembelajaran yang lain.


Keywords


Model pembelajaran discovery learning; video; hasil belajar;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsimi. 2012.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arsyad, A. 2014.Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Budiningsih, Asri. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.

Cahyo N, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler.

Yogyakarta: Diva Pres.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: GavaMedia.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Jaya.

Helli Ihsan. Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan

Kemendikbud.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2013. Tentang Kurikulum 2013.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi GP Press Group.

Nugroho, Fendi. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Video Bermuatan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV PAda Tema Pahlawannku SD Negeri 01 Pagergunung Tahun Pelajaran 2014/2015.Universitas PGRI Semarang (Tidak diterbitkan).

Purwanto. 2014. Hasil Evaluasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putrayasa, Made, Dkk. 2014.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Ganesha PGSD. Vol. 2 No.1.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sardiman.A.M. 2012.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Press. Schramm, W. 1977.Big Media Litle Media.London : Sage-Public-Baverly Hills.

Shanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.

Shoimin, Aries. 2014. 68 Mode PEmbelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakaeta: Rineka Cipta.

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran Pkn. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2005.Metode Statistika. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Susanto, A. 2016.Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Grup

Thobroni. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beroirientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yanti, Era, Dkk. 2015.Penerapan Model Pemebelajaran Discovery Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II A SD N 169 Pekanbaru. Jurnal Universitas Riau Pekanbaru.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055

Article Metrics

Abstract view : 424 times
PDF file view : 933 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.