Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Normasintasari Kusumawardani Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487

Abstract

This study aims to find out how much influence the cooperative learning model of the poster-assisted STAD type media on the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri Penanggulan Kendal, knowing how much influence the poster-assisted STAD cooperative learning model on the learning outcomes of grade V students of SD Negeri Penanggulan Kendal. Design of the Experimental research method. Design of Intact-Group Comparison. The results showed an increase in student learning outcomes that can be seen based on the results of the pretest and posttest, controls and experiments that have been done.. It was proven in testing the hypothesis, which states that the value of  count smaller than  at value (1.74 ˂ 4.28) which means H0 is accepted and Ha is rejected. The calculation shows that there are differences in student learning outcomes after using poster media on the STAD type cooperative model in the teaching and learning activities that have been carried out. So it can be concluded that learning using the poster media on the STAD type cooperative model is effective against students' mathematics learning outcomes.

References

Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Daryanto & Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dewantara, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin). Jurnal Paradigma Volume 11 Nomor 2 Juli 2016, 41 - 44.

Fathurrohman, Muhammad & Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Kristi, Lela Widya, Ashadi, dan Nanik Dwi Nurhayati. 2013. Studi Komparasi Metode STAD Dan TGT Ditinjau Dari Memori Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Minyak Bumi Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 2, No.3.

Lamda, Hendrik Arung. 2006. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 13, Nomor 2.

Lestari, Nana Dian, Sri Retno Dwi ariani, Ashadi. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Student Teams Achievementm Divisions (STAD) Dan Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi Media Animasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI Semester Ganjil Smk Sakti Gemolong Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 3, No. 1.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursyidun Nidhom, Ahmad. 2015. Hubungan Kesiapan Belajar, Lama Pembelajaran, Kesesuaian Tempat Dan Partisipasi Du/Di Dengan Hasil Prakerin Peserta Didik Kompetensi Keahlian Tkj Di Smk Kota Batu. Volume 11, Nomor 1 (hal. 1-14).

Nataliya, Prima. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Malang. Volume 03 No. 02 (2015). http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3536/4069, 07 November 2017 pukul 21.44 WIB.

Ningtiyas, Pitria, dan Heri Siswaya. 2012. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe TGT Dilengkapi Modul Dan LKS Ditinjau Dari Aktivitas Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol. 3, No. 1.

Primartadi, Aci. 2012. Pengaruh Metode Student Teams-Achievement Division (STAD) Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Potensi Akademik Siswa SMK Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol.2, No.2.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 36 Tahun ke 5 2016, 3456 - 3465.

Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode dan Prosedur). Jakarta: Prenada Media Group.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suwandi, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 6 Edisis 1 mei 2015, 93 - 102.

Syafriana, D. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 30 - 43.

Utami, Santi. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 22, No. 4.

Downloads

Published

2018-08-14

How to Cite

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170–174. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487

Issue

Section

Articles