Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Putu Dian Okta Widiartini, Made Putra Made Putra, Ida Bagus Surya Manuaba

Abstract


Berdasarkan hasil observasi, dimana kompetensi pengetahuan IPA yang dimiliki peserta didik masih rendah. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan bentuk Non-ekuivalen control group design. Seluruh siswa kelas IV SD sebanyak 309 siswa dijadikan populasi penelitian. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan kelompok kontrol dengan jumlah 42 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda Data kompetensi IPA dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Dapat disimpulkan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA dengan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana.


Keywords


group investigation;tri hita karana

Full Text:

PDF

References


Anjasari, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking ChipsBerbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Astami, W. (2016). Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis Tri Hita Karana Dapat Meningkatkan Sikap Sosial dan Kompetensi Pengetahuan IPS. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 4(1).

Christina, L. V. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scolaria, 6(3), 217–230.

Eva, M. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap pemahaman matematik peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 29–34.

Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Historia, 4(2).

Kartiningsih, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas IV SD Gugus Moch.Hatta Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 4(1).

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyani, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1).

Rai, I. B. & S. (2019). Konsepsi Asta Brata Dalam Kepemimpinan Berlandaskan Tri Hita Karana. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KENCANA.

Taniredja, T. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Wardana, I. K. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD GUGUS II Kecamatan Karangasem. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Wirawan, A. (2011). Tri Hita Karana. Surabaya: Paramita.

Wiyani, A. N. (2013). Manajemen Kelas. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476

Article Metrics

Abstract view : 318 times
PDF file view : 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.