Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Kadek Sentarik Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Kusmariyatni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135

Keywords:

media, pop-up book, sistem tata surya

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini didasari oleh keterbatasan materi yang ada pada buku siswa dan perlunya pengembangan media pembelajaran pada jenjang sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pop-up book pada topik sistem tata surya kelas VI sekolah dasar yang telah teruji validitasnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan model analyze, design, development, implementation, and evaluation yang terdiri dari lima langkah, yaitu: analisis, perancangan,pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga, maka penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap pengembangan saja. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode kuesioner. Instrumen penilaian yang digunakan untuk menguji validitas media pop-up book pada penelitian ini adalah rating scale dengan lembar penilaian media pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah media pop-up book pada topik sistem tata surya kelas VI sekolah dasar dengan validitas media sebagai objek penelitian. Penilaian dilaksanakan oleh empat orang ahli yang terdiri dari dua orang dosen dan dua orang guru kelas enam.Hasil penilaian kemudian dihitung rata-ratanya untuk mengetahui validitas media pop-up book yang telah dibuat.Dari hasil penilaian oleh empat orang ahli, diperoleh skor rata-rata sebesar 4.68 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pop-up book pada topik sistem tata surya kelas VI sekolah dasar sudah valid dengan kategori sangat baik.. Selain penggunaan dalam kegiatan belajar di kelas, media ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bacaan oleh siswa di luar jam pelajaran.

Author Biographies

Kadek Sentarik, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Nyoman Kusmariyatni, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Ahmadi, F., Fakhruddin, Trimurtini, & Khasanah, K. (2018). The Development of Pop-Up Book Media to Improve 4th Grade Student’s Learning Outcomes of Civic Education. Asia Pacific Journal of Contemporary Education and Communication Technology, 4(1), 42–50.

Anwas, O. M. (2011). Lingkungan sebagai Media Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Kompetensi Penyuluh Pertanian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(3), 283–290.

Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2).

Dyk, S. Van, & Hewitt, C. (2011). Paper Engineering: Fold, Pull, Pop and Turn. Wasington, DC: Office of Exhibits Central, Smithsonian Institution.

Hafid, H. ab. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA, 3(1), 27–38.

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150–157.

Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32.

Khoirotun, A., Fianto, A. Y. A., & Riqqoh, A. K. (2014). Perancangan Buku Pop-Up Museum Sangiran Sebagai Media Pembelajaran Tentang Peninggalan Sejarah. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1).

Luzar, L. C. M. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084–1096.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2), 95–105.

Monika, I., Yeni, L. F., & Ariyati, E. (2014). Uji Aktivitas Ekstrak Kencur terhadap Pengendalian Pertumbuhan Fusarium oxysporum dan Implementasinya Dalam Pembuatan Flipbook. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatuliswa, 3(2), 1–14.

Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran SAINS Kelas V SD pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan. JESBIO, I(1), 14–20.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Ruiz Jr., C., Le, S. N., & Low, K.-L. (n.d.). Generating Animated Paper Pop-ups from the Motion of Articulated Characters. CGI 2015.

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. 5(1), 107–113.

Septian, A., & Tampubolon, J. (2015). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Meulaboh. 1(1), 70–78.

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V(2), 117–133.

Setyohadi, B. (2010). Pengaruh Warna terhadap Kamar Tidur Anak. Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan, 12(1), 79–90.

Sholikhah, A. (2017). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1(8), 1–8.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jalarta: Rineka Cipta.

Suherman, Y. (2009). Pengembangn Media Pembelajaran Bagi ABK. Makalah Disampaikan pada Diklat Profesi Guru PLB Wilayah X Jawa Barat Bumi Makmur, Lembang Bandung 2008, 64–80.

Sunaengsih, C. (2016). PENGARUH MEDIA. 3(2), 183–190. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259

Suwatra, I. W., & Dkk. (2017). Modul Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., & Jampel, N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X, (979).

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197–208. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135

Issue

Section

Articles