Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa

Authors

  • Ni Komang Riski Juniarti1 Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Kusmariyatni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273

Keywords:

mathematic, self concept, parenting style

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan pola asuh orang tua dengan kompetensi pengetahuan matematika, (2) hubungan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika,  dan (3) hubungan antara pola asuh orang tua dan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Baturiti. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini berjumlah 144 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswa diambil dengan teknik proportional random sampling. Data pola asuh orang tua dan konsep diri dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode kuesioner sedangkan data kompetensi pengetahuan matematika diperoleh melalui pencatatan dokumen. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan pola asuh orang tua dengan kompetensi pengetahuan matematika (r= 0,570), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika(r= 0,502), dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V di SD Gugus I Kecamatan Baturiti pada tahun pelajaran 2018/2019 (R= 0,741).

Author Biographies

Ni Komang Riski Juniarti1, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gede Margunayasa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Nyoman Kusmariyatni, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Adawiah, R. 2017. "Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak", Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Volume 7, Nomor 1 (hlm. 33-48).

Antari, N.N.M. dan A.A.K. Oka. 2008. Modul Pola Asuh Orang Tua. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Arefi dan Naghebzadeh. 2014. "The Relation Between Academic Self-Concept AndAcademic Motivation And Its Effect On Academic Achievement", Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences, Volume 4, Nomor 4.

Ary, W.B. 2009. "Hubungan Konsep Diri dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas Akselerasi di SMP Negeri 2 dan SMP PL Domenico Savio Semarang", Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (hlm. 1-12).

Astawa, I.M.W. 2015. "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Sikap Ilmiah dan Konsep Diri Siswa SMP", e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5..

Budang. 2017. “Korelasi Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak”, Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 349-356).

Budiarnawan, K.A. 2014. "Hubungan antara Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Desa Selat", Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor1.

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Dipayana, I.D. 2014. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange (Rte) terhadap Hasil Belajar Matematika", Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1.

Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Efendi, K. 2004. "Hubungan Antara Konsep Diri dan Kemampuan Verbal dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar Muhammadiyah Sukonandi Yagyakarta", Jurnal Psychologycal Indonesia, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 26-31).

Fathani, A.H. 2016. "Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Persspektif Multiple Intelegences", EduSains, Volume 4, Nomor 2 (hlm. 136-150).

Fitriyani, L. 2015. "Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak", Lentera, Volume XVIII, Nomor 1 (hlm. 93-110).

Ismail, W. 2017. “Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa”. Jurnal Lentera Pendidikan, Volume 20, Nomor 1 (hlm. 54–69).

Jannah, H. 2012. "Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek", Jurnal Pesona PAUD, Volume 1 Nomor 1.

Japa, I.G.N. dan I M. Suarjana. 2015. Pendidikan Matematika I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Karnangsyah, E. 2017. "Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling", Jurnal Education (Jurnal Pendidikan Indonesia), Volume 3 Nomor 1 (hlm. 1-9). http://jurnal.iicet.org.

Khajehpour, M. 2011. 'Relationship Between Emotional Intelligence , Parental Involvement And Academic Performance Of High School Students. Procedia - Social And Behavioral Sciences', 15. Tersedia pada: https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2011.03.242.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Koyan, I.W. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Lestari, E. 2015. "Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Konsentrasi Patiseri SMK Negeri 1 Sewon Bantul", tersedia pada: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20257.

Machali, I. 2014. “Dimensi Kecerdasan Majemuk Dalam Kurikulum 2013”. Insania, Volume 19, Nomor 1 (hlm. 21-45).

Najibah, N.A. 2017. "Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Cempaka Putih 02 Tanggerang Selatan", tersedia pada: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36672/2/NIKE%20AENUN%20NAJIBAH-FITK.pdf.

Pakiding, S. 2014. "Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri Kecamatan Samarinda Utara", Jurnal Pendas Mahakam, Volume 1, Nomor 2.

Pamudi, P. S. 2012. "Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Keperawatan", Jurnal Nursing Studies, Volume 1 Nomor 1 (hlm. 149-156).

Parnata, I W. 2014. "Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus V Tampaksiring", e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1.

Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud RI Nomor 57 Tahun 2014 Tentang kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.

Purwanto, N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putra, E. P. 2014. "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Di Gugus 4 Kecamatan Busungbiu", e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 3.

Putrawangsa, S. dan U. Hasanah. 2018. "Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Mateematika", Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Volume 16, Nomor 1 (hlm. 42-54)

Rahmawati, F. 2014. "Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana", e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 2 Nomor 1.

Reskia, S. 2014. "Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN Inpres 1 Birobuli", Elementary School of Education e-Journal, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 82-93).

Risthantri, P. dan A. Sudrajat. 2015. "Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Ketaatan Beribadah dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik", Jurnal Pendidikan IPS, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 191-202).

Rola, F. 2016. "Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja", USU Repository.

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suartini, N.M. 2015. "Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 5 Bunutan", e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5 (hlm 1-13).

Sunarty, K. 2016. "Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak", Journal of EST, Volume 2, Nomor 3 (hlm. 152–160).

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Sutoyo, Anwar. 2009. Pemahaman Individu (Observasi, Checklist, Kuesioner & Sosiometri). Semarang: Widya Karya.

Syukriani, A. 2013. "Model Struktural dalam Menilai Antar-Hubungan antara Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota", Jurnal Sainsmat, Volume II, Nomor 1 (hlm. 52-64).

Tang, Siew-Fun. 2011. "The Relationships of Self-concept, Academic Achievement and Future Pathway of First Year Business Studies Diploma Students", International Journal of Psychological Studies, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 123-134).

Tocu, R. 2014. “Study On The Parental Beliefs And Attitudes Towards Child Rearing And Education”, Procedia - Social And Behavioral Sciences, Volume 137 (hlm. 153–157).

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vinayastri, A. 2015. "Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang-Tua Terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini", Jurnal Ilmiah WIDYA, Volume 3, Nomor 1.

Yuda, G.P.I. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis-Otak (Brain- Based Learning ) terhadap Hasil Belajar Matematika", Jurnal Pendidikan, Volume 1.

Yusniyah. 2008. "Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa MT-s Al-Falah",n tersedia pada: http://id4b.wikispace.com/file/view/fz4007HUBUNGAN+POLA+ASUH+ORANG+TUA+DENGAN+PRESTASI+BELAJAR+SISWA+MTS+AL-FALLAH+JAKARTA+TIMUR.pdf.

Downloads

Published

2020-04-02

How to Cite

Riski Juniarti1, N. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>