Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135Kata Kunci:
media, pop-up book, sistem tata suryaAbstrak
Pelaksanaan penelitian ini didasari oleh keterbatasan materi yang ada pada buku siswa dan perlunya pengembangan media pembelajaran pada jenjang sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pop-up book pada topik sistem tata surya kelas VI sekolah dasar yang telah teruji validitasnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan model analyze, design, development, implementation, and evaluation yang terdiri dari lima langkah, yaitu: analisis, perancangan,pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga, maka penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap pengembangan saja. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode kuesioner. Instrumen penilaian yang digunakan untuk menguji validitas media pop-up book pada penelitian ini adalah rating scale dengan lembar penilaian media pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah media pop-up book pada topik sistem tata surya kelas VI sekolah dasar dengan validitas media sebagai objek penelitian. Penilaian dilaksanakan oleh empat orang ahli yang terdiri dari dua orang dosen dan dua orang guru kelas enam.Hasil penilaian kemudian dihitung rata-ratanya untuk mengetahui validitas media pop-up book yang telah dibuat.Dari hasil penilaian oleh empat orang ahli, diperoleh skor rata-rata sebesar 4.68 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pop-up book pada topik sistem tata surya kelas VI sekolah dasar sudah valid dengan kategori sangat baik.. Selain penggunaan dalam kegiatan belajar di kelas, media ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bacaan oleh siswa di luar jam pelajaran.Referensi
Ahmadi, F., Fakhruddin, Trimurtini, & Khasanah, K. (2018). The Development of Pop-Up Book Media to Improve 4th Grade Student’s Learning Outcomes of Civic Education. Asia Pacific Journal of Contemporary Education and Communication Technology, 4(1), 42–50.
Anwas, O. M. (2011). Lingkungan sebagai Media Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Kompetensi Penyuluh Pertanian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(3), 283–290.
Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2).
Dyk, S. Van, & Hewitt, C. (2011). Paper Engineering: Fold, Pull, Pop and Turn. Wasington, DC: Office of Exhibits Central, Smithsonian Institution.
Hafid, H. ab. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA, 3(1), 27–38.
Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150–157.
Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32.
Khoirotun, A., Fianto, A. Y. A., & Riqqoh, A. K. (2014). Perancangan Buku Pop-Up Museum Sangiran Sebagai Media Pembelajaran Tentang Peninggalan Sejarah. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1).
Luzar, L. C. M. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084–1096.
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2), 95–105.
Monika, I., Yeni, L. F., & Ariyati, E. (2014). Uji Aktivitas Ekstrak Kencur terhadap Pengendalian Pertumbuhan Fusarium oxysporum dan Implementasinya Dalam Pembuatan Flipbook. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatuliswa, 3(2), 1–14.
Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran SAINS Kelas V SD pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan. JESBIO, I(1), 14–20.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Ruiz Jr., C., Le, S. N., & Low, K.-L. (n.d.). Generating Animated Paper Pop-ups from the Motion of Articulated Characters. CGI 2015.
Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. 5(1), 107–113.
Septian, A., & Tampubolon, J. (2015). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Meulaboh. 1(1), 70–78.
Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V(2), 117–133.
Setyohadi, B. (2010). Pengaruh Warna terhadap Kamar Tidur Anak. Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan, 12(1), 79–90.
Sholikhah, A. (2017). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1(8), 1–8.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jalarta: Rineka Cipta.
Suherman, Y. (2009). Pengembangn Media Pembelajaran Bagi ABK. Makalah Disampaikan pada Diklat Profesi Guru PLB Wilayah X Jawa Barat Bumi Makmur, Lembang Bandung 2008, 64–80.
Sunaengsih, C. (2016). PENGARUH MEDIA. 3(2), 183–190. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259
Suwatra, I. W., & Dkk. (2017). Modul Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I. M., & Jampel, N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X, (979).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)