MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 4 SUKASADA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK DIMASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021

joni arta santosa

Abstract



 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Sukasada dalam mengikuti pembelajaran PJOK dimasa pandemi covid-19 tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Sukasada dengan jumlah keseluruhan 165 orang. Sampel penelitian ini menggunakan non rondom sampling yaitu quota sampling dengan besaran 25% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 41 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil penelitian ini adalah dari 41 orang peserta didik sebanyak 14 orang berkategori sangat tinggi, 26 orang berkategori tinggi dan 1 orang berkategori sedang. Hasil penelitian motivasi peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Sukasada dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 tahun ajaran 2020/2021 mendapat skor rata-rata 63 dalam skala kategori dikatakan tinggi. Kesimpulan dari penjabaran diatas ialah motivasi peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Sukasada dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 tahun ajaran 2020/2021 berkategori tinggi. Saran kepada peserta didik agar meningkatkan motivasi belajar pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan dimasa pandemi covid-19 sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh, pengetahuan, keterampilan diri dan mencetak prestasi meskipun belajar dirumah.

 

Kata Kunci:Motivasi, Pembelajaran PJOK, Pandemi Covid-19




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31241

Article Metrics

Abstract view : 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.