Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712Keywords:
sarana, prasarana, PJOK.Abstract
Penelitian ini termotivasi karena adanya fenomena permasalahan adanya keterbatasan sarana dan prasarana PJOK tingkat SMP. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran PJOK berjalan dengan kurang lancar. Adanya alat-alat penunjang pembelajaran olahraga yang memadai akan mempermudah dan meningkatkan keberhasilan seorang guru dan peserta didik dalam mempraktekan materi pelajaran olahraga. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran PJOK tingkat SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini adalah SMP yang berjumlah 8 sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketersediaan sarana penunjang pembelajaran PJOK tingkat SMP sebesar 23,0% berada pada kategori kurang. Ketersediaan prasarana penunjang pembelajaran PJOK tingkat SMP di Kecamatan Kubutambahan sebesar 35,4% berada pada kategori kurang. Disimpulkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) berada pada kategori kurang.
References
Basuki, S. (2017). Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Hidayat, T. (2017). Studi Komparatif Dua Fitnes Center Terbesar di Kota Bandung dalam Hal Kualitas Pelayanan dan Sarana-prasarana serta Pengaruhnya terhadap Minat Pengunjung. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6396. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6396
Jaya, K. S. K., Kanca, I. N., & Semarayasa, I. K. (2021). Survei Ketersediaan Guru, Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(1). https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30976. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v3i1.35431
Junaedi, A., & Wisnu, H. (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMA, SMK, dan MA Negeri Se Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(3), 834–842.
Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. urusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.Undiksha.
Khuddus, L. A. (2017). Gangguan Perilaku Makan dan Tingkat Kecukupan Energi Protein Terhadap Kebugaran Jasmani Pemain Sepak Bola IKOR FIK UNESA. Jurnal Sportif, 3(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.616. DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.616
Nurhidayah, D., & Satya, A. (2017). Profil Kondisi Fisik Atlet Unit Kegiatan Mahasiswa. Medikora : Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/medikora.v16i1.23475. DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v16i1.23475
Permadi, D. S. P. (2017). Survei Sarana Prasarana dan Ketersediaan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(3).
Putra, M. A. A., & Khory, F. D. . (2021). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMA/SMK Negeri Se-Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(1). DOI: https://doi.org/10.52947/meretas.v9i1.273
Rokhayati, A., Nur, L., Gandana, G., & Elan, E. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664
Rustiana, E. (2012). Efek Psikologis dari Pendidikan Jasmani ditinjau dari Teori Neurosains dan Teori Kognitif Sosial. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(2), 2088–6802. https://doi.org/10.15294/miki.v1i2.2035.
Sa’diah, K., & Winarno, M. E. (2019). Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 90. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p82-90. DOI: https://doi.org/10.17977/um040v3i2p82-90
Saputri, V. A., & Purwadi, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Pada Kelompok B Di Ra Taqwal Ilah Semarang. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1654. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1654
Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran pendidikan jasmani materi teknik dasar passing sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774. DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774
Widiastuti, W. (2019). Mengatasi Keterbatasan Sarana Prasarana Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani [Overcoming Facilities Limitations Affecting Physical Education Learning Activities]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(1). https://doi.org/10.19166/pji.v15i1.1091. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v15i1.1091
Widodo. (2014). Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 281–294. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020a). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152.
Wirasasmita, R., & Hendriawan, E. (2020b). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Zainudin, N. I., Athar, A., & Kahri, M. (2019). Analisis Komponen Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Di Lihat Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Kelas V Usia 10 – 12 Tahun Kota Banjarbaru. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 kadek ari wijaya, I Ketut Budaya Astra, Ni Luh Putu Spyanawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)