Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada SMA/SMK Negeri se-Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana

i gede oki hendriadi

Abstract


      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersedian sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada SMA/SMK Negeri se-Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Yang menjadi subjek penelitian adalah SMA Negeri 1 Pekutatan dan SMK Negeri 5 Negara. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dipaparkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMA Negeri 1 Pekutatan mendapat skor total sebesar 130, Sementara itu untuk ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMK Negeri 5 Negara mendapatkan total skor sebesar 90. Dengan hasil tersebut maka ketersedian sarana dan prasarana PJOK pada SMA/SMK Negeri se-Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana masuk ke dalam kategori Cukup “C” dengan skor rata-rata sebesar 110. Disarankan bagi guru PJOK, sekolah dan pemerintah untuk selalu memperhatikan dan juga melengkapi sarana dan prasarana secara berkelanjutan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jiku.v9i2.30878

Article Metrics

Abstract view : 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.