Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Materi Teknik Dasar Passing Bola Voli Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • I Wayan Arya Kripa Raditya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Panca Adi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.40619

Keywords:

pengembangan, media video pembelajaran, passing bola voli, model ADDIE.

Abstract

Pandemi covid-19 ini proses pembelajaran mengalami kendala, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis video tutorial dengan model ADDIE materi passing bola voli untuk peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dalam bentuk angket. Langkah validasi bahan yang meliputi empat tahapan yaitu: evaluasi ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji kelompok besar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 92%. Aspek media pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 96%. Aspek desain pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 93%. Pada uji coba peserta didik perorangan dengan kriteria sangat baik dengan persentase 93,77%, Pada uji coba peserta didik kelompok kecil dengan kriteria sangat baik dengan persentase 90,33%, Pada uji coba peserta didik kelompok besar dengan kriteria baik yang memiliki kaulifikasi persentase 88,52%. Disimpulkan media pembelajaran berbasis video tutorial materi teknik dasar passing bola voli layak digunakan oleh peserta didik disekolah.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Mater Gerak. Vox Edokasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2). https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950.. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568

Coskun, Z. N., & Mitrani, C. (2020). An instructional design for vocabulary acquisition with a hidden disability of dyslexia. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(2), 305–318. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i2.4671. DOI: https://doi.org/10.18844/cjes.v15i2.4671

Cruz-Cárdenas, J., Zabelina, E., Guadalupe-Lanas, J., Palacio-Fierro, A., & Ramos-Galarza, C. (2019). COVID-19, consumer behavior, technology, and society: A literature review and bibliometric analysis. Technological Forecasting and Social Change, 173. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121179. DOI: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121179

Daniati, H. (2022). School Administration With National Standards of Education to Improve the Quality of Education Indonesia. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 177–186. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.23. DOI: https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.23

Darsana, Satyawan, Spyanawati, & Parta. (2021). Pengembangan Video Tutorial Model Permainan Dalam PJOK Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Pada Kelas 1 Sekolah Dasar Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 20–30. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717

Dongoran, M. F., Kalalo, C. N., & Syamsudin. (2020). Profil Psikologis Atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua Menuju PON XX Tahun 2020. Journal Sport Area, 5(1). https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(1).4621. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(1).4621

Dwipayana, I. K. (2013). Kemampuan Siswa Dalam Pelajaran Biologi Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Edutech Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i1.360.

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint dan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Retensi Memori Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Sd. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27. https://doi.org/10.24114/jt.v9i1.12859.

Hasbillah, M., & Suparman, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing dalam Permainan Sepak Bola melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Siswa SMP Negeri 1 Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jendela Olahraga, 6(1), 113–120. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6957. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6957

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604

Hibra, B. Al, Hakim, L., & Sudarwanto, T. (2019). Development of Vlog Learning Media (Video Tutorial) on Student Materials. Tax at SMK PGRI 1 Jombang. International Journal of Educational Research Review, 435–438. https://doi.org/10.24331/ijere.573945. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.573945

Ibrahim, I., & Widodo, S. A. (2020). Advocacy Approach With Open-Ended Problems To Mathematical Creative Thinking Ability. Infinity Journal, 9(1), 93. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p93-102. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p93-102

Irodah, P. A., Khoiriyah, H., Batul, Z., Maulidasilvi, R., Setyawan, D., & Nyono, N. (2020). Revolusi Industri 4 . 0 : Tranformasi Media belajar e-learning menggunakan framework. Prosiding Seminar Nasional V 2019, 2015, 368–377.

Kanca, I. N. (2010). Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Universitas Pendidikan Ganesha.

Kintu, M. J., Zhu, C., & Kagambe, E. (2017). Blended learning effectiveness : the relationship between student characteristics , design features and outcomes. International Journal of Educational, 14(7), 1–20. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0043-4. DOI: https://doi.org/10.1186/s41239-017-0043-4

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029

Maiyena, S., & Haris, V. (2017). Praktikalitas Video Tutorial pada Matakuliah Eksperimen Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 75–83. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.647. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.647

Mashurwati, Y. (2018). Penerapan inventory tes gaya belajar remaja dengan aplikasi google form, media sosial serta pengembangan program layanan bimbingan dan konseling terkait. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.29210/120182131. DOI: https://doi.org/10.29210/120182131

Maulana, G. R., Wahjoedi, S. P., & Suwiwa, I. G. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Pola Hidup Sehat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjp.v4i1.6933.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurmanita, N., Siagian, P., & Sitompul, P. (2019). Development of Learning Device through Problem Based Learning Model Assisted by Geogebra to Improve Students’ Critical Mathematical Thinking Ability. Journal of Mathematical Sciences and Applications, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.12691/JMSA-7-1-1. DOI: https://doi.org/10.12691/jmsa-7-1-1

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Increased Interest in Student Learning Through Information Technology- Based Learning Media. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371. DOI: https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Paramita, I. B. G., & Putra, I. G. G. P. A. (2020). New Normal Bagi Pariwisata Bali Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, 5(2). https://doi.org/10.25078/pba.v5i2.1723. DOI: https://doi.org/10.25078/pba.v2i2.842

Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Prasojo, E. N. (2020). Mutu Pembelajaran Dengan Sistem Distance Learning Dimasa Pandemi Covid-19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(3), 229–238. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i3.7465.

Purba, J. H. V., Ratodi, M., Mulyana, M., Wahyoedi, S., Andriana, R., Shankar, K., & Nguyen, P. T. (2019). Prediction Model in Medical Science and Health Care. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 8, 815–818. https://doi.org/10.35940/ijeat.F1158.0986S319. DOI: https://doi.org/10.35940/ijeat.F1158.0986S319

Purnamasari, I., & Febrianty, M. F. (2020). Adaptasi Latihan Judo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penjakora, 7(2), 151. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27544. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27544

Rai, I. W., & Lesmana, K. Y. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Video Model Addie Materi Atletik Tolak Peluru Gaya Membelakangi. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.14823.

Ritonga, A. W., Ritonga, M., Nurdianto, T., Kustati, M., Rehani, R., Lahmi, A., Yasmadi, Y., & Pahri, P. (2020). E-Learning Process of Maharah Qira’ah in Higher Education during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Higher Education, 9(6), 227. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227. DOI: https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227

Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419. DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419

Shafi, M., Liu, J., & Ren, W. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on micro, small, and medium-sized Enterprises operating in Pakistan. Research in Globalization, 2. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100018. DOI: https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100018

Sidiq, A. W., & Nuswantoro, M. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (E-Learning) dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bagi Mahasiswa S1 Akuntansi FE Universitas Semarang. Solusi, 19(2), 15–27. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3047. DOI: https://doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3047

Suprianto, A., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Students’ Autonomous and Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 8(1), 84–91. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.115. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.115

Syahrowardi, S., & Permana, A. H. (2016). Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.21009/1.02113. DOI: https://doi.org/10.21009/1.02113

Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4), em0063. https://doi.org/10.29333/pr/7947. DOI: https://doi.org/10.29333/pr/7947

Wati, S., Nurlaila, & Oktaviani, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Provide Food and Beverage Service dengan Standar KKNI Sebagai Persiapan Uji Kompetensi. JPP (Jurnal Pendidikan dan Perhotelan), 1(November), 26–38. https://doi.org/10.21009/jppv1i2.03. DOI: https://doi.org/10.21009/jppv1i2.03

Wibowo, K., Wibowo, K., Hidayatullah, M. F., & Kiyatno, K. (2017). Evaluasi Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket di Kabupaten Magetan. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/miki.v7i1.9520.

Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Yasa, Ariawan, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik Untuk Kelas XI MIPA dan IPS DI SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2), 199–209. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11107. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11107

Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758

Downloads

Published

2022-02-16

How to Cite

Raditya, I. W. A. K., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Materi Teknik Dasar Passing Bola Voli Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 276–283. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.40619

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>