PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • Ni Nengah Ari Yustika Sari Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Jineng Dalem Undiksha Singaraja, Bali
  • I Putu Panca Adi Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Jineng Dalem Undiksha Singaraja, Bali
  • I Made Satyawan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Jineng Dalem Undiksha Singaraja, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29824

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar passing bola voli pada peserta didik kelas X SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan rancangan penelitian posttest only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja yang berjumlah 236 orang, yang kemudian dipilih sebagai sampel penelitian sebanyak 60 orang (30 orang dari kelas X kuliner 1 dan 30 orang dari kelas X kuliner 2). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes kognitif dan psikomotor. Analisis data menggunakan  Uji-t dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 80,33, sedangkan kelompok kontrol 76,10 Berdasarkan Uji Independent Sampel Test angka signifikan yang diperoleh melalui uji-t adalah sig 0.000<0,05. Jadi dapat disimpulkn model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bola voli. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model kooperatif tipe numbered head together karena sudah terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

 Kata Kunci: NHT, Hasil Bbelajar, Bola Voli

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Sari, N. N. A. Y., Adi, I. P. P., & Satyawan, I. M. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 146–154. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29824

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)