PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29824Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar passing bola voli pada peserta didik kelas X SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan rancangan penelitian posttest only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKS Pariwisata Triatma Jaya Singaraja yang berjumlah 236 orang, yang kemudian dipilih sebagai sampel penelitian sebanyak 60 orang (30 orang dari kelas X kuliner 1 dan 30 orang dari kelas X kuliner 2). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes kognitif dan psikomotor. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 80,33, sedangkan kelompok kontrol 76,10 Berdasarkan Uji Independent Sampel Test angka signifikan yang diperoleh melalui uji-t adalah sig 0.000<0,05. Jadi dapat disimpulkn model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bola voli. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model kooperatif tipe numbered head together karena sudah terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: NHT, Hasil Bbelajar, Bola Voli
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)