Kendala Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IX SMP

Authors

  • Komang Apriyani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.43809

Keywords:

Kendala, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kendala dalam pembelajaran daring PJOK bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam pembelajaran PJOK bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei menggunakan angket atau kuisioner yang diberikan kepada peserta didik. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja. Berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa persentase rata-rata skor kendala dalam pembelajaran PJOK pada masing-masing aspek, yaitu aspek manusiawi sebesar 74,62%, aspek material sebesar 72,69%, aspek fasilitas perlengkapan sebesar 78,67%, dan aspek prosedur sebesar 73,66%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki kendala yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi Covid-19 di kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja.

Author Biographies

Komang Apriyani, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Penjaskesrek, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan

I Wayan Artanayasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Penjaskesrek, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan

I Ketut Semarayasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Penjaskesrek, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan

References

Fitri, H. (2016). Analilis Kesulitan Dalam Pembelajaran Penjas Pada Anak BerkebutuhanKhusus Disekolah Yayasan Penyantun Penyandang Cacat (Yppc) Kota Banda Aceh. Penjaskesrek Stkip Bina Bangsa Getsempena

Handarini, O. I. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (Sfh). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap)

Hamalik, O. (2016). Kendala Pembelajaran dan Hambatan yang menghambat jalannya pembelajaran yang dilihat dari faktor manusiawi, faktor intitusional, dan intruksional. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora

Hidayati, S. (2020). Kendala Yang Dihadapi Mahasisiwa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang Dalam Mengikuti Perkuliahan Daring Pada Mata Kuliah Seminar Skripsi Penelitian Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan.

Hutauruk, A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Di Kalangan Mahapeserta Didik Pendidikan Matematika: Kajian Kualitatif Deskriptif. Joappliedurnal Of Mathematics Education And .

Indonesia, K. B. (2008). Pengertian Kendala Pembelajaran.Eprints.Uny.Ac.Id .

Mularsih, K. &. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: 2017.

Sadikin, A. (2020). Pembelajaran Daring Di TengahWabah Covid-19. Jurnal IlmiahPendidikan Biologi .

Saefulmilah, R. M. (2020). Hambatan-Hambatan Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sma Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Jurnal Pendidikan Dan IlmuSosial .

Published

2022-02-22

How to Cite

Apriyani, K., Artanayasa, I. W., & Semarayasa, I. K. (2022). Kendala Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IX SMP. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2). https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.43809

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)