MOTIVASI MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK PESERTA DIDIK SMA DI KECAMATAN BANGLI DALAM PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • I Nengah Wiraguna Pendidikan Olahraga
  • I Gusti Lanang Agung Parwata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mengikuti pembelajaran PJOK peserta didik SMA di Kecamatan Bangli dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA di Kecamatan Bangli. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik statistik dengan presentase. Hasil dari analisis data, didapatkan bahwa motivasi peserta didik  mengikuti pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Bangli berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 31,09%. Sedangkan pada peserta didik SMA Negeri 2 Bangli motivasi peserta didik berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 37,50%. Dari hasil analisis secara keseluruhan, motivasi peserta didik adalah sebesar 41,18% dengan kategori motivasi sangat tinggi . Dari data motivasi yang telah dianalisis, hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi mengikuti pembelajaran PJOK peserta didik SMA di Kecamatan Bangli dalam pembelajaran daring berada dalam kategori sangat tinggi.

 

Kata Kunci: Motivasi, PJOK, pembelajaran daring.

Author Biography

I Nengah Wiraguna, Pendidikan Olahraga

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Pendidikan Olahraga. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Wiraguna, I. N., Agung Parwata, I. G. L., & Semarayasa, I. K. (2021). MOTIVASI MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK PESERTA DIDIK SMA DI KECAMATAN BANGLI DALAM PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 185–194. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30672

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>