PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.29815Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar passing control sepak bola kaki bagian dalam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the nonrandomized control group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020, pemilihan kelompok eksperimen TGT dan kelompok kontrol dilakukan dengan sampling purposive berdasarkan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang yang terdistribusi kedalam dua kelas yaitu kelas VIII B2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B5 sebagai kelompok kontrol. Analisis data menggunakan Uji t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows, dengan angka signifikansi sebesar p = 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola kaki bagian dalam.
Kata kunci: Hasil Belajar, Sepak Bola, TGT
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)