Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Teknik Shooting dalam Permainan Sepak Bola

Authors

  • I Komang Yoga Wahyu Pradipta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.64973

Keywords:

PJOK, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Fasilitas pembelajaran yang belum memadai, siswa kurang termotivasi belajar, serta belum menggunakan variasi model atau strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil teknik shooting dalam permainan sepak bola pada siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI, dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada pada kelas yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan Siklus I dan Siklus II. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian bahwa hasil belajar peserta didik sudah sesuai dengan harapan dimana telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,2% pada aspek pengetahuan dan 84,7% pada aspek keterampilan. Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada materi Teknik Shooting dalam permainan sepak bola meningkat setelah menggunakan model pembelajaran PBL dalam kategori Sangat Baik dengan peningkatan peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil 58,3% menjadi 88,3% pada aspek pengetahuan dan 52,8% menjadi 86,1% pada aspek keterampilan maka secara klasikal maka hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 31.7%. Simpulan penelitian yaitu model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran PBL.

References

A.Montepara, C., G.Woods, A., & W.Wolfgang, K. (2021). Problem-based learning case studies: Delivery of an educational method and perceptions at two schools of pharmacy in Italy. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 6, 717–722. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2021.01.026.

Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., & Sumarmi, S. (2020). Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Skill and Enviromental Attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 743–755. https://doi.org/10.17478/jegys.650344.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Ani, A. (2019). Positive feedback improves students’ psychological and physical learning outcomes. Indonesian Journal of Educational Studies, 22(2), 134–143. https://doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11776 Abstract.

Darani, N. L. wisma. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33743.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Garnjost, P., & Brown, S. M. (2018). Undergraduate business students’ perceptions of learning outcomes in problem based and faculty centered courses. International Journal of Management Education, 16(1), 121–130. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.12.004.

Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2018). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 243–252. https://doi.org/10.29333/iejme/4000.

Herry, I. P., Andika, W., Yoda, I. K., & Dharmadi, M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 93. https://doi.org/10.5281/zenodo.4423396.

Herwin, H., Hastomo, A., Saptono, B., Ardiansyah, A. R., & Wibowo, S. E. (2021). How Elementary School Teachers Organized Online Learning During The Covid-19 Pandemic? World Journal on Educational Technology: Current Issues, 13(3), 437–449. https://doi.org/10.18844/wjet.v13i3.5952.

Kanca, I. N. (2010). Metode penelitian pengajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Universitas Pendidikan Ganesha.

Katawazai, R. (2021). Implementing outcome-based education and student-centered learning in Afghan public universities: the current practices and challenges. Heliyon, 7(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07076.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959.

Kustria, K. S., Agung Parwata, I. G. L., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik SMA/SMK Di Kecamatan Rendang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173–184. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646.

Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-based learning as an effort to improve student learning outcomes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143. https://doi.org/10.5281/zenodo.3457426.

Noordia, M. A. & A. (2022). Analisis Kemampuan Teknik Dasar Passing Pada Pemain Sepak Bola SSB Putra Permata Usia 10- 12 Tahun Di Kabupaten Tuban. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(3).

Nusri, A., & Setijono, H., Rahayu, T., & Soegiyanto, S. (2018). Developing Instruments to Measure Long Passing and Shooting Skills of the Football School Students of Medan City. The Journal of Educational Development, 6(3), 280–290. https://doi.org/10.15294/JED.V6I3.24244.

Oka Mahendra, I. B. P., Budaya Astra, I. K., & Semarayasa, I. K. (2021). Survei Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 53–58. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34858.

Putra, R. A., Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 101. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.29816.

Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.

Simbolon, M. D., Wahjoedi, W., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Passing Bolavoli SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33766.

Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison of Pbl (Project Based Learning) Models with Pbl (Problem Based Learning) Models to Determine Student Learning Outcomes and Motivation. International Journal of Elementary Education, 4(4), 519–529. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE.

Sriwahyuni, E., Wiryokusumo, I., & Karyono, H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24101.

Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386.

Toropova, A., Myrberg, E., & Johansson, S. (2021). Teacher job satisfaction: the importance of school working conditions and teacher characteristics. Educational Review, 73(1), 71–97. https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1705247.

Wahyudi, Rahmat, Z., & Irfandi. (2020). Persepsi Orang Tua Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di SD Negeri 2 Neuhun Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Wang, M., Wu, B., Kirschner, P. A., & Spector, J. M. (2018). Using cognitive mapping to foster deeper learning with complex problems in a computer-based environment. Computers in Human Behavior, 87, 450–458. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.01.024.

Workala, R. (2021). Implementasi Pendekatan Scientific Kooperatif NHT Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola. Journal of Education Action Research, 5(4). https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12351.

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Pradipta, I. K. Y. W. ., Astra, I. K. B. ., & Semarayasa, I. K. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Teknik Shooting dalam Permainan Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3), 252–258. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.64973

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>