Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Materi Sepak Bola Teknik Shooting

Authors

  • I Ketut Sukapriatnadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Putu Panca Adi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.62103

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together, Teknik Shooting, Sepakbola

Abstract

Peran guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting untuk menciptakan suasana yang kondisif. Setiap guru menginginkan agar peserta didiknya mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, namun terkadang hasil belajar peserta didik masih belum mencapai ketuntasan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajat PJOK materi permainan bola besar (sepak bola teknik shooting) pada peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas dengan subjek penelitiannya berjumlah 37 peserta didik. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil observasi awal menunjukan pada  keberhasilan peserta didik hanya 67,57% yang tuntas atau 25 dari 37 dengan rata-rata nilai 74,9. Pada pelaksanaan siklus I, terdapat peningkatan keberhasilan peserta didik sebesar 72,97% atau 27 peserta didik dengan rata-rata nilai 75,3. Pelaksanaan tindakan siklus II juga mendapat peningkatan keberhasilan menjadi 100% peserta didik memenuhi kriteria ketuntasan minimum dengan rata-rata nilai 78,5. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa,  model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi permainan bola besar (sepak bola teknik shooting) peserta didik. Disarankan kepada guru PJOK agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi permainan bola besar (sepak bola teknik shooting).

References

Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology, 1(3), 177106.

Ahmadi, S., & Syahrani, S. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran di STAI Rakha Sebelum, Semasa dan Sesudah Pandemi Covid-19. Journal of Education, 2(1), 51–63. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/56

Alif, M. N., & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Muhammad Nur Alif.

Arfanda, P. E., Puspita, L., & Wahid, W. M. (2022). Implementasi Ilmu Keolahragaan Dalam Perkembangan Olahraga Disabilitas Indonesia. Penerbit NEM.

Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyatno, B., Hanifah, D. P., Lubis, R., Fitriani, A., & Rahmandani, F. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Pradina Pustaka

Dewi, N. K. A. D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 6(2), 46–55. https://doi.org/10.23887/jjp.v6i2.22265

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/DOI: 10.30870/jppm.v10i2.2040.

Haking, D. D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320–328. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/10156.

Haniyah, L., Bektiarso, S., & Wahyuni, S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) disertai Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Fisika smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 53–59. https://doi.org/10.19184/jpf.v3i1.23239.

Indana, N. (2018). Penerapan Kurikulum Terintegrasi Dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus Di Sma Darul ’Ulum 1 Unggulan Bppt Jombang). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 121–147. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/80.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.

Karwati, E. (2014). Pengembangan Pembelajaran dengan Menekankan Budaya Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(1). https://doi.org/10.17509/eh.v6i1.2861.

Lengkana, A. S. (2016). Didaktik Metodik Pembelajaran (DMP) Aktivitas Atletik. Salam Insan Mulia.

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi COVID-19. 3M Media Karya.

Maknun, A. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/24288.

Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan Menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 979–986. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12645.

Munzirin, W., Pranata, D. Y., & Sarwita, T. (2020). Survey Upaya Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Penjasorkes Pada Sd Negeri Se-Kecamatan Simeulue Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/24.

Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme Guru dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik. Deepublish.

Patah, M. P., Artanayasa, I. W., & Suwiwa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 7(3), 99–108. https://doi.org/10.23887/jjp.v7i3.36487.

Payon, F. F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(2), 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397.

Pramulia, Y. M., & Sudarso. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas X SMKN 10 Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(03), 617–620.

Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Putra, G. N. K. W., Artanayasa, I. W., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 164–172. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29823.

Rachman, S. (2023). Peningkatan Hasil Lompata Tinggi Melalui Bermain Jump Rope Pada Peserta Didik Kelas V SDN Punten 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(3), 2079–2105. http://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/203.

Saputra, R. (2021). Motivasi Siswa Terhadap Permainan Kecil dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 1(1), 63–70. http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/semnaspenjas/article/view/188.

Sugihartono, T., Sutisyana, A., & Sugiyanto, S. (2020). Produktivitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pjok Dengan Penerapan Model Projek Base Learning Pada Prodi Penjas Fkip Unib. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10407.

Susilo, Y. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melaluimodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Materi Ajar Perbandingan Dan Fungsi Trigonometri Pada Siswa Kelas X. MATHEdunesa, 2(2). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n2.p%25p

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.

Utaminingtyas, S., Subaryana, S., & Puspitawati, E. N. E. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4157.

Widaningsih, I. (2019). Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.

Yasmika, I. K. E., Kanca, I. N., & Putra, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 4(1).

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Sukapriatnadi, I. K. ., & Adi, I. P. P. . (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Materi Sepak Bola Teknik Shooting. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 142–148. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.62103

Issue

Section

Articles