Permainan Bocce terhadap Kemampuan Motorik Anak Tuna Grahita Ringan pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.79195Keywords:
Bocce, Motorik, TunagrahitaAbstract
Anak-anak dengan tuna grahita ringan seringkali menghadapi tantangan dalam perkembangan motorik halus dan kasar, yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari mereka serta interaksi sosial. Permainan bocce, yang mengharuskan pemain melempar bola dengan presisi dan kekuatan yang terukur, dapat membantu anak-anak ini dalam mengembangkan koordinasi tangan-mata, keseimbangan, serta keterampilan motorik kasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh permainan bocce terhadap anak tuna grahita ringan pada siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pada penilitian ini menggunakan teknik purposive sampling, pada semua siswa tunagrahita ringan di Sekolah Menenga Pertama. Data yang sudah didapatkan kemudian di analisis menggunakan aplikas komputer (statistikal package for social science) SPSS 20. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswa anak tunagrahita ringan di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil treatment terhadap peningkatan kemampuan gerak motorik dasar anak tunagrahita ringan di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan dari rumusan masalah dan hasil penelitian mengenai pengaruh permainan bocce terhadap kemampuan motorik anak tuna grahita ringan pada siswa menengah pertama, maka dapat ditarik simpulan bahwa terdapat pengaruh peningkatan kemampuan gerak motorik ringan pada siswa menengah pertama melalui permainan bocce. Implikasi penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan terapis dalam merancang program pendidikan jasmani yang lebih inklusif dan efektif.
References
Ariani1, I., Lubis, R. N., Sari, S. H., Fransisca, Y., & Nasution, F. (2022). Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini Indri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Avi Yanni, Kamala, I., Shaleh Assingkily, M., & Rahmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Intelektual Anak Tunagrahita Ringan Di Sd Negeri Demakijo 2. Jurnal Pendidikan, 21(1), 64–75. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.843.2020.
Azmi, D. N., Mahardika, I. K., Mutmainah, N., & Lestari, P. (2023). Pengertian Perkembangan dan Pertumbuhan Anak Usia SMP Ditinjau dari Pemahamannya Terhadap Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27171–27176.
Ermelinda Y.P. Larung. (2022). Pengaruh Permainan Lompat Tali Merdeka Terhadap Lompat Tinggi Gaya Guling Perut Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Kupang Timur Kabupaten Kupang. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(2), 104–111. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i2.415.
Faisah, S. N., Siregar, M. A., Firanda, Nandita, I., Mujahadah, Auliyah, A., Musdalifa, & Samsuddin, A. fFtrah. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 34–41.
Fazari, B. S. (2023). Efektivitas Penggunaan Permainan Olahraga Bocce Dalam Pembelajaran Penjas Pada Siswa Tunagrahita: Systematic Literature Review. 7, 135–144.
Firmansyah, F., & Sovitriana, R. (2021). Penyesuaian Diri pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Psikologi Kreatif Inovatif, 1(1), 25–31.
Halimah, A. M. & S. N. I. (2021). Peningkatan Kreavitas Dan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menempel Biji-Bijian Pada. Tematik, 7.
Hastutiningtyas, W. R., Maemunah, N., & Lakar, R. N. (2021). Gambaran Karakteristik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dalam Mengontrol Emosi Di Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(1), 38–44.
Indah Novita Efendi, Elisa Fatma, Farah Dwi Nurmala, Pratiwi Try Yulianti, I ketut Mahardika, Sutarto, & Iwan Wicaksono. (2024). Analisis Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik Terhadap Siswa Menengah Pertama. Best Journal, 7(1), 225–231.
Jumadi, J., Mardian, M., & Yanti, L. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran the Power of Two Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Eksposisi. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 59. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2064.
Khadijah, Huda, N., & Turtati, A. (2022). Bentuk bentuk stimulasi dalam perkembangan motorik anak usia dini di RA Hidayatul Ilmi Desa Kolam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1–5.
Khamdani, F. F. (2020). Tunagrahita Sedang Kelas IV SLB Delta Sejahtera Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal Kesehatan Olahraga, 08, 61–66.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.
Lestari, D. F. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Tradisional bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1), 7–12. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33742.
Maelani, W., & Sukriadi, S. (2020). Model Pembelajaran Gerak Dasar Lari Berbasis. 41–52. https://doi.org/10.21009/jpja.v3i02.15759.
Mahanani, A. F., Palupi, W., & Pudyaningtyas, A. R. (2022). Identifikasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5 – 6 Tahun Selama Penerapan Pembelajaran Daring. Kumara Cendekia, 10(1), 1–8.
Mecca Puspitaningsari , Luky Nawil Satriyawan, N. N. S. (2022). Pengaruh Modifikasi Bermain Bola Bocce Terhadap Kemampuan Melempar Pada Siswa Tunagrahita Sedang. 5(1), 231–244. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.
Melia, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tk Bhinneka Ii Trirenggo Bantul Melalui Permainan Tradisional Koko-Koko. Pendidikan Guru PAUD S-1.
Nur Fadilah Amin, Sabaruddin Garancang, K. A. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian Nur. Jurnal Pilar, 14(1), 103–116.
Nurhasanah, Jailani, M. S., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101–108. https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.29.
Nuwa, A. A., Ngadha, C., Longa, V. M., Una, Y., & Wau, M. P. (2023). Mengenali Dan Memahami Karakteristik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 191–202. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2117.
Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745.
Soleha, W., & Sjamsir, H. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegitan Menjahit Pada Anak Kelompok B Tk It Al-Munawwarah Long Kali Tahun Pelajaran 2021/2022. Bedumanagers Journal, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.30872/bedu.v3i1.1607.
Srimularahmah, A., & Buhari, S. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Tunagrahita Ringan Pada Siswa Kelas Vii-C Di Slb Negeri 1 Sinjai Kecamatan Sinjai Utara. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 1037–1045. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2906.
Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494.
Suryansah, Rina Nopiana, A. G. (2021). PENERAPAN Permainan Olahraga Bocce Untuk Meningkatkan Minat Berolahraga Terhadap ABK Tuna Grahita Pada SLBN 1 Lombok Timur. SEGAR, 9, 5–24.
Syah Roni Amanullah, A. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: TunaGrahita,Down Syndrom Dan Autisme. Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257.
Wibowo, R. A., & Tuasikal, A. R. S. (2019). Pengaruh Permainan Bocce Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Motorik Kasar Anak Tunagrahita (Downsyndrome) Di SLB Negeri C Tulungagung. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 545–549.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizky Hidayat, Nurhayati Simatupang, Samsuddin Siregar, Indra Kasih, Budi Valianto, Syukur Damai Zebua

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)