Senam Otak sebagai Upaya Peningkatan Memori Jangka Pendek Anak Penyandang Disabilitas Intelektual

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.79663

Keywords:

Senam Otak, Memori Jangka Pendek, Disabilitas Intelektual Ringan

Abstract

Anak penyandang disabilitas intelektual sering mengalami kesulitan dalam memori jangka pendek, yang berdampak signifikan pada kemampuan belajar mereka. Keterbatasan ini dapat menghambat perkembangan kognitif dan adaptasi sosial mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak senam otak terhadap peningkatan kemampuan memori jangka pendek pada anak penyandang disabilitas intelektual ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,  Desain penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan pre-test dan post-test tanpa kelompok kontrol, melibatkan 30 siswa yang dipilih melalui teknik total sampling. Kemampuan memori jangka pendek diukur menggunakan subtes Digit Span Forward dari Wechsler Intelligence Scale for Children-Fourth Edition (WISC-IV) sebelum dan setelah intervensi selama 8 minggu. Intervensi berupa latihan senam otak diberikan dengan frekuensi 3 kali seminggu, masing-masing sesi berdurasi 30 menit. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara rerata skor pre-test dan post-test, dengan peningkatan pada kategori baik menjadi dan penurunan pada kategori cukup setelah intervensi. Temuan ini mengimplikasikan bahwa senam otak dapat menjadi intervensi yang efektif untuk meningkatkan fungsi kognitif, khususnya memori jangka pendek, pada anak penyandang disabilitas intelektual ringan. Implementasi rutin senam otak dalam kurikulum pendidikan khusus dapat berkontribusi pada peningkatan kemampuan belajar dan adaptasi sosial anak-anak ini.

References

Abidah, K., Laksmiwati, A. A., Sasfiranti, Y., & Supradewi, R. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Warna Terhadap Short Term Memory Untuk Peningkatan Pemahaman Matematika. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1, 96–103. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7696.

Aisyatu Al-Finatunni’mah, T. N. (2020). Pelaksanaan Senam Otak untuk Peningkatan Fungsi Kognitif pada Lansia dengan Demensia. Ners Muda, 1(2), 139–145. https://doi.org/10.26714/nm.v1i2.5666.

Anlianna, Sunanto, Mochamad Nursalim, D. R. (2023). Problems Of Children With Intellectual And Mental Disabilities At School. Sentra Cendekia, 4(2), 80–92.

Citra Ariani, Riati Sri Hartini, Y. Q. M. (2024). Neuroplastisitas sebagai Mekanisme Adaptif Otak Manusia. Fakultas Kedokteran IPB University, 1–10.

Fitra Haikal Joshi, P. M. I. (2021). Pengaruh Senam Otak Terhadap Memori Jangka Pendek Anak Mdta Al-Irsyad. Jurnal Stamina, 4(10), 426–434.

Harianti, W. S., Purnawan, S. D. P., Syani, N. K., Syafitri, N., Eksiareh, C. H. P., Maulana, M. H., & Adlina Windya Megahputri, H. Q. (n.d.). Pengaruh Persepsi Warna Terhadap Memori Jangka Pendek. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.21009/JPPP.102.

Hidayat, S. A., & Rio Ady Erwansyah, A. N. L. (2021). Latihan Senam Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Jangka Pendek Pada Anak Disabilitas Intelektual. Jintan: Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.51771/jintan.v1i2.61.

Icca Narayani Pramudaningsih, A. (n.d.). Implementasi Peningkatan Kognitif Lansia Melalui Memory Training. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(3), 233–243. https://doi.org/10.31596/jcu.v9i3.626.

Idrus, L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427.

Jacob, U. S., & Jace Pillay, E. O. O. (2021). Attention Span Of Children With Mild Intellectual Disability: Does Music Therapy And Pictorial Illustration Play Any Significant Role? Frontiers In Psychology, 12, 677703. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.677703.

Kelvin Pangestu, A. D. (2020). Hubungan kualitas tidur dengan memori jangka pendek pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2017. Tarumanagara Medical Journal, 2(1), 98–103. https://doi.org/10.24912/tmj.v2i2.7844.

Lestari, G. M., P, T. M., & B, G. S. (2021). Hubungan Pengetahuan Tentang Disabilitas Intelektual Terhadap Tingkat Kecemasan Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Disabilitas Intelektual. Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 7(2), 1–7. https://doi.org/https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/tumed/article/view/6616.

Lubis, R., Syafitri, N., Risky Nurlita Maylinda, N., Alyani, N., Anda, R., & Novi Zulfiyanti, O. Z. S. (2023). Pendekatan Behavioristik Untuk Anak Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1626–1638. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4161.

Maria Jessica Alexandra Soebroto, E. D. (2021). Penerapan backward chaining untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak dengan disabilitas intelektual. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.11542.

Munawwaroh, L., Saputra, A. N., Anggun Asmara Dewi, E., & Kurniawati, S. R. R. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Sandpaper Numerals Dan Pengenalan Nilai Mata Uang Melalui Metode Bermain Peran Pada Disabilitas Intelektual Di BRTPD DI Yogyakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(3), 989–998. https://doi.org/10.54082/jamsi.794.

Musdalifah. (2022). Strategi Pengasuh Dalam Melatih Kemandirian Penyandang Disabilitas Intelektual Di Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta. Counselle: Journal Of Islamic Guidance And Counseling, 2(2), 136–155. https://doi.org/10.32923/couns.v2i02.2817.

Nostalgianti Citra P, Khusna Yulinda, B. S. (2023). Strategi Guru Dalam Pengajaran Reading Comprehension pada Siswa Disabilitas Intelektual Di Pendidikan Luar Biasa Universitas PGRI Argopuro Jember. SPEED Journal: Journal of Special Education, 6(2), 8–16. https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.804.

Padila, J. A., Panzilion, F. N. A., & N, D. S. (2022). Intervensi Brain Gym Mampu Menstimulasi Peningkatan Short Memory Anak Retardasi Mental. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 5(1), 789–794.

Pratiwi, G. D., Setiakarnawijaya, Y., & Fajar Vidya Hartono, E. P. (2024). The Effect Of Brain Exercise On Improving The Coordination Ability Of Mild Graphic Improvement. Competitor: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 16(1), 47–55. https://doi.org/10.26858/cjpko.v16i1.58973.

Satria, M. H., Aliriad, H., Selvi Atesya Kesumawati, H., Fahritsani, I. B. E., & S, A. (2023). Model Pengembangan Keterampilan Motorik My Home Environment Terhadap Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2336–2347. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4415.

Sekarini Andika Permatasari, T. R. (2023). Penerapan Token Economy dalam Meningkatkan Rentang Perhatian Anak dengan Disabilitas Intelektual. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1598–1610. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4102.

Siti Safa’atin, Arif Wijaya, Faisol Roni, K. B. S. (2021). Literature Review: Pengaruh Senam Otak Terhadap Peningkatan Memori Jangka Pendek Siswa. Journal Well Being, 6(1), 1–15.

Sudarsono, Y., & Istiqomah, E. I. (2022). Pengaruh Senam Otak Terhadap Peningkatan Fungsi Kognitif Pada Lansia. Jurnal Indonesia Sehat: Healthy Indonesian Journal, 1(2), 158–165.

Sunesni, D. F., Edyyul, L. A., Juwanda Padma, V., Analika, P., Hayati, I. I., & Laura Maisiska, S. R. (2023). Pelatihan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Disabilitas Intelektual Pada Guru SLB Kota Padang (Vol 6, Number 10, bll 4203–4217). https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i10.10497.

Yogantari, L. P. W., & Nono Hery Yoenanto, A. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Mnemonik Dan Orton-Gillingham Pada Anak Dengan Disabilitas Intelektual. Jurnal Diversita, 9(2), 167–175. https://doi.org/10.31289/diversita.v9i2.8225.

Zahra, L. (2023). Membangun Masyarakat Inklusi (Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Disabilitas Intelektual. Representamen, 9(1), 9–17. https://doi.org/10.30996/representamen.v9i01.7487.

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

tanjung, K. azan, Simatupang, N., Siregar, S., Sunarno, A., & M. Irfan. (2024). Senam Otak sebagai Upaya Peningkatan Memori Jangka Pendek Anak Penyandang Disabilitas Intelektual. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(2), 101–106. https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.79663

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)