Gerak Dasar Anak Berkebutuhan Khusus Tunalaras Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.79196Keywords:
Gerak Dasar, ABK, TunalarasAbstract
Tunalaras merupakan anak yang berkelainan perilaku atau anak yang mengalami gangguan emosi dan tingkah laku sehingga kurang menyesuaikan diri dengan baik, baik terhadap lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis gerak dasar anak tunalaras dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik Sekolah Dasar yang berjumlah 50 orang dengan rincian 25 orang putra dan 25 orang putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan teknik pengumpulan data yang digunakan memakai kuesioner. Hasil analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa tingkat kesulitan siswa pada pelaksanaan pembelajaran gerak dasar di sekolah dasar kota medan berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 6% (3 siswa), “tinggi” sebesar 76% (38 siswa), “cukup” sebesar 18% (9 siswa), “rendah” sebesar 0% (0 siswa), dan “sangat rendah” sebesar 0% (0 siswa). Disimpulkan bahwa kebanyakan siswa di sekolah dasar Kota Medan mengalami kesulitan yang besar dalam belajar gerak dasar. Sebagian besar siswa merasa kesulitannya tinggi, bahkan ada yang merasa sangat tinggi. Sebaliknya, tidak ada siswa yang merasa kesulitannya rendah atau sangat rendah. Implikasi penelitian ini menunjukkan adanya tantangan besar dalam pembelajaran gerak dasar yang perlu diatasi oleh guru PJOK maupun guru lain dan pihak sekolah bekerja sama dengan orangtua siswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar.
References
Alaska, A., Wahyudi, A. D., Dinata, V. C., & Sandiko. (2024). eningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Melalui Penerapan Pendekatan Bermain. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5938–5945. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28442.
Amirzan, A., Indra Kasih, & Marpaung, D. R. (2020). Pengembangan Prototipe Bicycle Static dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 251–272. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2184.
Anggraeni, D., & Putro, K. Z. (2021). Strategi Penanganan Hambatan Perilaku serta Emosi pada Anak Hiperaktif dan Tunalaras. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(2), 43–57. https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.13024.
Anggraini, N., & Julianur. (2023). Survei Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Pada Siswa Sekolah Dasar. Jepen : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 61. https://jepen.pgri-kaltim.id/index.php/jepenpgri/article/view/18.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Arsani, S., Hadi, N., & Purwasih, J. H. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusi SDN Mojorejo I Kota Batu. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 846–855. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1135.
Brebahama, A., Triman, A., & Kumalasari, D. (2020). Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Instruktur, Konselor, dan Relawan Yayasan Mitra Netra dan Persatuan Tunanetra Indonesia. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 75. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.4792.
Dara Gebrina Rezieka, Khamim Zarkasih Putro, M. F. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi ABK. Bunayya Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40–53. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424.
Daulay, N. A., Mayanjani, T., Wulandari, S., & Darmayanti, N. (2023). Pentingnya Mengenali Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Laras. Journal Of Social Science Research, 3(3), 3652–3658. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2259.
Firdaus, R. A., & Pudjijuniarto. (2022). Pengaruh Pemberian Modifikasi Senam Yoga Terhadap Imitasi Motorik Kasar (Koordinasi Mata dan Tangan) Pada Anak Penyandang Autis Di SLB Autis Mutiara Hati Sidoarjo. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(02), 29–34. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/44449.
Jariono, G., Nugroho, H., Amirzan, A., Lestari, I., Nurhidayat, N., & Marganingrum, T. (2022). Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran penjas adaptif pada anak berkebutuhan khusus. Medikora, 21(1), 90–99. https://doi.org/10.21831/medikora.v21i1.44015.
Jusmiati, & Dahlia, N. (2023). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Sentra Nipotewe Palu. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(01), 21–36. https://doi.org/10.24239/nosipakabelo.v4i01.2008.
Kurniawan, R., Pradana, I. A., & Heynoek, F. P. (2022). Pengembangan modul guru materi variasi dan kombinasi gerak lokomotor non-lokomotor manipulatif untuk siswa autis. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 21(2), 98. https://doi.org/10.20527/multilateral.v21i2.13161.
M Haris Satria, M. A. W. (2020). Permainan Gerak Dasar Lokomotor Untuk Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penjakora, 7(1), 49. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24696.
Martinus, M., & Kesumawati, S. A. (2020). Pelaksanaan Permainan Gerak Dasar Manipulatif Pada Anak Tunagrahita Di Sdlb C Kota Palembang. Kinestetik, 4(1), 117–121. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10574.
Maulana, R. F., Nuryadi, N., & Komariyah, L. (2023). Profil Gerak Non-Lokomotor Siswa Kelas Rendah Di sekolah Menengah Pertama Di Masa Pandemi Covid-19. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 127–135. http://joker.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/19.
Nabila Afifah, F., Intan Rianto, E., & Faida, F. (2024). Self-Regulation Emosi Pada Anak Tunalaras Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus, 36, 197–210.
Nurhidayat, N., Jariono, G., Sudarmanto, E., Khumairo, K. F., Khoirur Rozikin, A. A., & Nugroho, H. (2022). PKM Sosialisasi Permainan Tradisional Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 179–189. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.21878.
Octaviyani, P., Sutisiyana, A., & Arwin, A. (2022). Analisis kemampuan gerak dasar fundamental manipulatif siswa berkebutuhan khusus autis di slb negeri 2 kota bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 139–148. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i1.12950.
Owa, Y. K., Itu, M. A., Kero, M. A., & Ledu, M. G. G. (2023). Anak Berkebutuhan Khusus Dan Penerapannya Dalam Pendidikan Di Sekolah Dasar: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 60–67. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2107.
Padila, Setiawati, Inayah, I., Mediani, H. S., & Suryaningsih, C. (2020). Emosi Dan Hubungan Antar Sebaya Pada Anak Tunalaras Usia Sekolah Antara Terapi Musik Klasik (Mozart) Dan Murrotal (Surah Ar-Rahman). Energy for Sustainable Development: Demand, Supply, Conversion and Management, 3, 1–14.
Parwata, I. M. Y. (2021). Pembelajaran Gerak Dalam Pendidikan Jasmani Dari Perspektif Merdeka Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 219–228. https://doi.org/10.5281/zenodo.5233331.
Pratama, D. N., & Nurrochmah, S. (2022). Survei Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 2(9), 430–439. https://doi.org/10.17977/um062v2i92020p430-439.
Pratiwi, Y. K. R. W. I., Khotimah, K., & Izzulhaq, A. R. (2024). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Variasi Permainan Gerak Lokomotor Lompat Berbasis Blended Learning Sekolah Dasar. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 9(1), 29–36. https://doi.org/10.36526/kejaora.v9i1.2480.
Puteri, I. R. P., Arintasari, F., & Rahayu, P. P. (2023). Penerapan efektifitas stimulation massage untuk mengatasi gangguan pola tidur pada anak autism spectrum disorder (ASD). Journal of Midwifery in Community, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.20961/jmc.v1i2.79328.
Rahman, A., Simatupang, N., & Sinulingga, A. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional Terhadap Kemapuan Gerak Manipulatif Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Olahraga, 7(2), 27. https://doi.org/10.24114/jpor.v7i2.31238.
Romadhoni, S. A. L., & Nugroho, A. S. (2023). Analisis Kepekaan Sosial Siswa terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 157–164. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.777.
Sakerebau, J. (2023). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96–111. https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Susanto, S. I., & Wijaya, F. J. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus Setelah Latihan Gymnastics. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(6), 107–113. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/39593.
Tuasikal, A. R. S., Marhaendra Wijaya, F. J., Nurhayati, F., Ristanto, K. O., & Ridwan, M. (2022). Penerapan Pola Gerak Dominan Berbasis Video Tutorial Sebagai Media Terapi Fisik bagi ABK. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i1.4047.
Widiarti, W., Yetti, E., & Siregar, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1005.
Wulandari, A., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Sirkuit untuk Perkembangan Gerak Dasar Anak Autism Spectrum Disorder. Jendela Olahraga, 8(1), 127–148. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14072.
Yoga, D., Purbodjati, P., & Kumaat, N. A. (2023). Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Keterampilan Motorik dan Kebugaran Jasmani Peserta Didik. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 11(2), 240. https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.3083.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syukur Damai Zebua, Nurhayati Simatupang, Samsuddin Siregar, Rahma Dewi, Albadi Sinulingga, Rizky Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)