Model Permainan Adaptif untuk Anak Tunadaksa di Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.79084

Keywords:

Permainan, Adaptif, Tunadaksa

Abstract

Anak tunadaksa seringkali mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran yang umum seperti PJOK, sehingga mereka mengalami keterlambatan dalam perkembangan gerak, akademik dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan model permainan adaptif untuk anak tunadaksa di Sekolah Dasar. Jenis metode pendekatan kuantitatif persentase dengan desain penelitian R&D. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada siswa dan ahli. Sampel penelitian merupakan siswa Sekolah Dasar penyandang tunadaksa. 5 siswa untuk uji coba kelompok kecil, 10 siswa untuk uji coba kelompok besar. Teknik analisis penelitian menunjukkan analisis kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, melalui validasi ahli dan uji coba siswa terdapat tiga jenis permainan adaptif yaitu: gelinding gesit, sentuh ceria, dan keranjang bergerak. Persentase validasi ahli diperoleh 76%, menunjukkan bahwa permainan valid dan dapat digunakan. Validasi kelompok kecil menghasilkan persentase 71% diklasifikasikan baik dan layak digunakan. Persentase kelompok kecil ahli diperoleh 84%, dan persentase kelompok besar ahli diperoleh 94%, menunjukkan bahwa permainan valid dan dapat digunakan. Simpulan penelitian bahwa permainan adaptif menunjukkan hasil yang sangat baik dan layak digunakan setelah melalui proses validasi dan uji coba. Implikasi penelitian ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang adil dan merata, di mana setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan belajar.

References

Abdul Rahim, T. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusif Kota Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 364–368. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i2.2244.

Ahmad Fawaid Birriy, Nanik Indahwati, N. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Permainan Bocce Berbasis PBL Bagi Down Syndrome Untuk Mengajarkan Keterampilan Motorik Dan Berinteraksi Sosial. JOSSAE (Journal Of Sport Science And Education), 5(2), 94–103. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p94-103.

Aleksandr I. Usov, Georgii G. Omel’yanyuk, Galina I. Bebeshko, Irina P. Lyubetskaya, I. B. A. (2023). Methodological Features Of Validating Forensic Expert Techniques. Theory And Practice Of Forensic Science, 18(1), 76–96. https://doi.org/10.30764/1819-2785-2023-1-76-96.

Andik Matulessy, Ismawati, A. M. (2022). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa: Literature Review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834.

Andre An Pangestu, Hesti Klatina Putri, Natasya Salsabilla Syarief, Tsin’yanul Arsyi Filkhaqq, G. Y. N. H. (2022). Karakteristik Dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(2), 275–285. https://doi.org/10.37092/ej.v4i2.337.

Anindhito, Y. L. A. (2020). Pengembangan Model Permainan Olahraga Freeball pada Pembelajaran Penjas Adaptif Anak Tunagrahita di SLB Se-Kabupaten Kendal. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(2), 68–75. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i2.36870.

Baiq Amalia Fridayati, Muhammad Ridwan Lubis, Erna Fitriatun, R. Y. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Dasar Inklusif. Discourse of Physical Education, 1(1), 41–56. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i1.606.

Bariq Sozza Fazari, Lilis Komariyah, Alit Rahmat, C. (2023). Efektivitas Penggunaan Permainan Olahraga Bocce Dalam Pembelajaran Penjas Pada Siswa Tunagrahita: Systematic Literature Review. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 7(1), 135–144. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i1.8085.

Dara Gebrina Rezieka, Khamim Zarkasih Putro, M. F. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi ABK. Bunayya Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40–53. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424.

Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, R. S. D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Desy, M. Leo Darmawan Prastya Putra, Susila, O. A. (2024). Merdeka Belajar Dengan Pembelajaran Adaptif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 398–404. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i2.701.

Diky Hadyansah, Rama Adha Septiana, A. B. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Aksara Raga, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.37742/aksaraga.v3i1.11.

Endang Puspitasari, Siti Nurkholishoh, U. D. C. (2022). Peran Permainan Tradisional Bakiak Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. ABATA (Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini), 2(1), 142–152. https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.340.

Ernauli Maharani Marbun, Lydia Nivea I.P Silaban, Ellida Lusiva Hasugian, H. T. (2023). Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Administrasi Pendidikan. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 47–63.

Febriani Fajar Ekawati, Ismaryati, Tri Winarti Rahayu, B. W. (2021). Meningkatkan Profesionalisme Guru SLB Melalui Pendampingan Permainan Adaptif Keterampilan Gerak Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. JPKM, 27(1), 28–34. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21452.

Feby Atika Setiawati, N. (2020). Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Paud. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193–208. https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.635.

Hamdan Husein Batubara, D. N. A. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif Di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2356.

Hasnah Siaahan, Armanila, V. (2022). Studi Kasus: Penanganan Anak Tunadaksa (Cerebral Palsy). Jurnal Pelangi, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.766.

Husnul Hadi, Ibnu Fatkhu Royana, D. A. S. (2017). Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak (TK) Di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(2), 61–73. https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/588.

Imam Syafi’i, L. R. (2022). Model Pengembangan Kurikulum Adaptif Pada Sekolah Inklusif. Jurnal Penelitian Medan Agama, 13(2), 67–72. https://doi.org/10.58836/jpma.v13i2.12386.

Munisa, Sofni Indah Arifa Lubis, R. N. (2022). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Tunadaksa). Universitas Dharmawangsa, 16(3), 358–364. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2230.

Nadilla Ramadhita. (2018). Penerapan desain pada permainan anak berkebutuhan khusus. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 3(3), 87–90. https://doi.org/10.24821/productum.v3i3.1625.

Noval Fuadi. (2021). Pengembangan Kemampuan Eksplorasi Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Bermain Plastisin di TKN Pembina Syamtalira Bayu. ITQAN: Jurnal Ilmu Ilmu Kependidikan, 12(2), 323–336. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i1.195.

Putu Gede Asnawa Dikta. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar Pada Abad Ke-21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 126–136. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3103.

Sabaruddin Yunis Bangun, Miftahul Irfanda Harahap, R. S. D. S. (2023). Development Of Physical Activity Games In Improving The Physical Motor Ability Of Children Aged 10-11 Years At The Elementary School Level. Jurnal Keolahragaan, 11(2), 191–201. https://doi.org/10.21831/jk.v11i2.62106.

Sampurno, H. W., Lestari, A. T., & Widyawan, D. (2021). Gerak Anak Yang Dirancang Secara Universal Di Sdn 01 Pengadilan. Jurnal Pendidikan Olahraga Vol, 10(2), 162–175. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.3021.

Sigit Asmanto, A. R. S. T. (2022). Pengaruh Pendekatan Bermain Terhadap Hasil Belajar PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 111–117.

Siti Nur Hayati, K. Z. P. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985.

Sudjana. (2016). Metoda Statistika. PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/R&D). ALFABET, Cv.

Sukriadi, S., & Arif, M. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.21009/JSCE.05102.

Veneshia Silver Yevwiner Sigumonrong, I Nyoman Jampel, I. W. W. (2021). Menilai Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Melalui Instrumen Penilaian Pengetahuan Faktual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 323–331. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.39232.

Wahyu Eko Widiyanto, E. G. P. P. (2021). Pendidikan Jasmani Adaptif Di Sekolah Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Sport Science & Education Journal, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i2.1052.

Wiwik pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117.

Zumratun. (2023). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Daksa) Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Desa Tente Kec. Fashluna, 4(1), 78–86. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.478.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Harahap, M. I., Simatupang, N., Siregar, S., Bangun, S. Y., & Hasibuan, S. (2024). Model Permainan Adaptif untuk Anak Tunadaksa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(2), 107–114. https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.79084

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)