Modul Pembelajaran PJOK Berbasis Tematik Terpadu untuk Peserta Didik pada Tema Kegemaranku (Sub Tema: Gemar Bernyanyi dan Menari)

Penulis

  • Ainun Dian Febrianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30623

Kata Kunci:

PJOK, Pembelajaran Tematik kegemaranku

Abstrak

Penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran PJOK berbasis tematik terpadu untuk peserta didik kelas 1 SD pada tema “Kegemaranku (Sub tema: Gemar Bernyanyi dan Menari) di Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode R&D desain Borg & Gall. Instrumen data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi / materi kategori sangat baik dengan presentase 90,58%. Aspek media pembelejaran kategori sangat baik dengan presentase 93,33%. Hasil uji lapangan persiapan guru kategori sangat baik dengan presentasi 96,25%, hasil uji lapangan peserta didik kategori sangat baik dengan presentasi 97,15%. Berdasarkan hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa pengembangan modul pembelajaran PJOK berbasis tematik terpadu untuk peserta didik kelas 1 SD pada tema “Kegemaranku (Sub tema: Gemar Bernyanyi dan Menari)” di Kecamatan Buleleng layak digunakan. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi peserta belajar didik guna meningkatkan kemampuan belajar PJOK.

Biografi Penulis

Ainun Dian Febrianti, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Jurusan Pendidikan Olahraga

Fakultas Olahraga dan Kesehatan

Universitas Pendidikan Ganesha

Referensi

Abidin, Y. (2012). Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 164 – 178.

Alim, A. (2009). Permainan Mini Tenis Untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 61–66. https://doi.org/10.21831/jpji.v6i2.434

Anwar, M. F. N., Ruminiati, & Suharjo. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1291 — 1297. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10059

Arifin, Z., Saputro, M., Rubiyatno, R., & Lauh, W. D. A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Jasmani bagi Anak SD SLB Tunanetra di Kota Singkawang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 127. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1309

Arum, T. S., & Wahudi. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 239–250. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250

Bramantha, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Penjaskes Pokok Bahasan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas X di SMK Daerah Situbondo. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 25–27. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.326

Chrisyarani, D. D., & Yasa, A. D. (2018). Modul Tematik Berbasis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Multidisiplin, 1(September), 96–101.

Gandasari, M. F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 22–27. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Terampil:Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280

Jubaidah, S., Mantasiah, R., & Yusri. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed) dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 89–95. https://doi.org/10.26858/ijes.v20i2.4817

Lasmiyati; Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 163.

Lubis, E. L. S., Asy’ari, M. N., & Agustriana. (2019). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Tematik, 14(2), 11–17.

M. Taufik Aditia, N. M. A. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan Islam (Salingtemasis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem Kelas X di SMA NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Scientiae Educatia, 2(2). https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v2i2.478

Maulana Arafat Lubis, M. P. (2016). Pembelajaran Tematik di SD/Mi Pengembangan Kurikulum 2013. (A. C, Ed.), CEUR Workshop Proceedings (pertama, Vol. 13).

Nurbaeti, R. U., & Sunarsih, D. (2020). Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Kurikulum 2013 untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 109–116.

Pambudhi, T., & Retnowati, T. H. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berkarakter Nasionalisme Kelas IV Sekolah Dasar Daerah Banyumas. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 71–85. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15502

Puspitasari, F. B., & Herdiati, D. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Lagu di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Putranto, D., & Nugroho, F. (2018). Pengembangan Model Training of Trainer pada Pelajaran Tematik untuk Anak Inklusi, 1(1), 14–28.

Ritiauw, P. P., & Pieter, M. (2017). Pembelajaran Tematik Integratif dalam Pendidikan Jasmani melalui Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskesrek Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 6(1), 1.

Riwanti, R., & Hidyati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 3(2), 572–581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41

Rohmaini, L., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall, 5(September), 176–186.

Suastika, I. K. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Berbasis Tematik Saintifik. Jurnal Ins, 8(1), 24–32. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2177

Sulistyowati, P., & Putri, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Kelas IV Tema 3 Subtema 1. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p1-6

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216.

Weriyanti, Firman, Taufina, & Zikri, A. (2020). Ngembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education, 4(2), 476–483. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374

Widjanarko, P. (2016). Pendidikan Seni Bermain dan Bernyanyi Anak Usia Dini. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.33061/ad.v1i1.1206

Wijaya, M. A., & Kanca, N. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n1.p1-6

Yasa, A. D., Chrisyarani, D. D., Akbar, S., & Mudiono, A. (2017). Modul Komik Tematik Berbasis Multiple Intellegence untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 26(2), 175–181. https://doi.org/10.17977/um009v26i22017p175

Diterbitkan

2021-01-19

Cara Mengutip

Febrianti, A. D., Artanayasa, I. W., & Sucita Dartini, N. P. D. (2021). Modul Pembelajaran PJOK Berbasis Tematik Terpadu untuk Peserta Didik pada Tema Kegemaranku (Sub Tema: Gemar Bernyanyi dan Menari). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30623

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama