Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket

Penulis

  • Kadek Maha Ari Pranata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • H. Wahjoedi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Yogi Parta Lesmana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Shooting Bolabasket

Abstrak

Kurangnya penggunaan media pembelajaran selama prose pembelajaran menyebabkan rendahnya motivasi siswa dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk media pembelajaran PJOK berbasis audio visual materi shooting bolabasket kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall hanya sampai lima tahap, yaitu: Study pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan, produk awal penelitian, tahap uji validitas ahli dan revisi produk, validasi dan penyebaran produk media pembelajaran. Prosedur validasi pengembangan media pembelajaran ini yaitu uji validitas ahli isi/materi pembelajaran, uji validitas ahli desain media pembelajaran, dan uji validitas ahli media pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner secara online melalui aplikasi Google Drive dan WhatsApp. Hasil analisis data berdasarkan tanggapan ahli isi/materi pembelajaran memperoleh presentase 94,6% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli media pembelajaran memperoleh presentasi 92% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli desain media pembelajaran memperoleh presentase 93% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PJOK berbasis audio visual pada materi shooting bolabasket kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021 dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Biografi Penulis

Kadek Maha Ari Pranata, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Olahraga

H. Wahjoedi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Olahraga

Kadek Yogi Parta Lesmana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Olahraga

Referensi

Adresta, R. A., & Candra, O. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Free Throw Bola Basket Melalui Media Audio Visual. Jurnal Muara Olahraga, 2(2), 259–269. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pjkr/article/view/311.

Arwanda, N. P., Kresnapati, P., & Widyatmoko, F. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket Kelas Xi Sma Negeri 15 Semarang Tahun Ajaran 2020. Journal of Physical Activity and Sports, 2(1), 55–63. https://doi.org/doi.org/10.53869/jpas.v2i1.82.

Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 261 — 267. https://doi.org/10.17977/jp.v2i2.8540.

Budi, B. A. S., & Prihanto, J. B. (2014). Penggunaan Media Audiovisual Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 612–616.

Candra, O. (2017). Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Keterampilan Lay Up Shoot Bola Basket Pada Siswa Puteri Kelas VIII Di SMP Negeri 9 Pekanbaru. Journal Sport Area, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(1).452.

Dewi, N. L. A. M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Teknik Dasar Bulutangkis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja, 8(2).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Farman, & Chairuddin. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872–882. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114.

Fatoni, R. A., Suroto, & Indahwati, N. (2017). Pengaruh aktivitas fisik program gross motor skill terhadap indeks massa tubuh dan tingkat kebugaran jasmani. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1–10).

Fauzi, H. N., & Rosliyah, Y. (2020). Persepsi Pembelajar terhadap Media Kamus Tematik Berbasis Web bagi Pembelajar Kosakata bahasa Jepang Tingkat Dasar. CHI’E: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 8(1), 25–32. https://doi.org/10.15294/chie.v8i1.35752.

Febryanto, F. N. (2015). Pembelajaran Lay Up Shoot Menggunakan Media Audio Visual Basic Lay Up Shoot Untuk Meningkatkan Hasilbelajar Lay Up Shoot Pada Siswa Kelas Viiia Smp Kanisius Pati Tahun 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(1), 1509–1521. https://doi.org/10.15294/active.v4i1.4548.

Fikriyah. (2015). Media Berbasi Proyek Disertai Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Fisika di SMA N 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 181 – 184.

Gregorius, R. M. (2017). Performance of Underprepared Students in Traditional Versus Animation -Based Flipped -Classroom Settings. Chemistry Education Research and Practice, 18(4), 841–848. https://doi.org/10.1039/c7rp00130d.

Hanief, Y. N., Mashuri, H., & Subekti, T. B. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga JPJO, 3(2), 161–166. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414.

Heri Rustanto. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Shooting Bola Basket Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 75 – 86. https://doi.org/10.31571/jpo.v6i2.668.

Hidayati, F. F. (2016). Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Husmah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumaryono, P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Iqbal, M. (2015). Hubungan Antara Daya Ledakototlengan, Kelentukan Pinggang Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Lempar Lembing. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 14(1), 21–35. https://doi.org/10.20527/multilateral.v14i1.2467.g2168.

Jalil, M., Ngabekti, S., & Susilowati, S. M. E. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 130–137. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604.

Khozain, N., & Mumaisaroh. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 331–346. Retrieved from http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/31.

Lesmana, K. Y. P. (2014). Pentingnya Olahraga dan Kesehatan Gizi Bagi Keluarga dan Olahragawan. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 373–388.

Mashuri, H. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di Sma Muhammadiyah Kediri. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(1), 1–10. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/681/505.

Nosa, D. E., & Farida. (2018). Aplikasi Wingeom dan Camtasia Studio untuk Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 127–137. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2272.

Pandaleke, M., Munzil, & Sumar. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Kelas Flipped Berbasis Animasi untuk Mening katkan Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembang, 5(3), 387 — 394. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13293.

Pandaleke, M., Munzil, & Sumari. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Kelas Flipped Berbasis Animasi untuk Mening katkan Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembang, 5(3), 387 — 394. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13293.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. Retrieved from. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945/795.

Parwati, N., Suryawan, P., & Apsari, R. (2018). Belajar dan Pembelajaran (Cetakan Ke). Depok: Rajawali Pers.

Prameswara, W. (2019). Hubungan Antara Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 4 Sidoarjo Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 237–240.

Putra, G. H., Kanca, N., & Suwiwa, G. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 7(1).

Ramadhan, F., Yulianti, M., & Henjilito, R. (2020). Penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar dribble bolabasket. Edu Sportivo Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5122.

Rohmawati, D., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Urnal Bidang Pend Idikan Dasar (JBPD), 3(1), 14–23. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2857.

Rupawati, D., Noviani, L., & Ariyanto, J. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Pendidikan Ekonomi Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p21-30

Salsabila, U. H., Sofia, M., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221.

Sampurno, H. W., & Qohhar, W. (2020). Perbandingan Gaya Mengajar Terhadap Hasil Shooting Bola Basket. PHYSICAL ACTIVITY JOURNAL, 1(2), 142–152. https://doi.org/10.2088 4 /1.paju.2020.1.2.2493.

Saputra, T. Y., Kanca, I. N., & Lesmana, K. Y. P. (2017). Implementasi Kooperatif NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bolabasket. E-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2).

Setiawan, A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Setiawan, A., & Rahmat, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Bola Tangan Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 89–94. https://doi.org/10.17509/ jpjo.v3i1.10188.

Setiawan, E., & Rizki, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Barisan Dan Deret Matematika Berbasis Multimedia Interaktif. AKSIOMA, 7(2), 465–472.

Simbolon, S. N. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Bola Basket Melalui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas VII - 2 SMP Negeri 5 Lima Puluh Kabupaten Batubara Tahun Ajaran 2 014/2015. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 1(3), 277 – 318.

Sokheh, M., Wahjoedi, & Suwiwa, I. G. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Materi Passing Bola Basket. E-Journal PJKR, Universitas Pendidikan Ganesha Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi, 8(2), 1–11.

Sudarto, Nugrahani, F., & Susanto, H. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Media Audio Visual Berbasis Powerpoint Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Page 1 Stilistika, 5(1).

Sudirjo, E., Susilawati, D., Lengkana, A. S., & Alif, M. N. (2019). Mentoring and Training of Body Balance on Primary, 18(1), 93–101.

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.772.2019.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292.

Suryani, L., & Seto, S. B. (2021). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Widyalaksono, P., Mashuri, H., & Lusianti, S. (2020). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Pola Langkah Pencak Silat Sekolah Dasar. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 8–17. https://doi.org/10.17977/um040v4i1p8-17.

Yuliana, Peni & Syam Tuasikal, A. R. (2020). Pengaruh Metode Bagian Pada Hasil Shooting Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 59 – 62. Retrieved from. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/32448.

Yuliana, A. I., Astra, I. K. B., & Adi, I. P. P. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). Retrieved from. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/14833.

Diterbitkan

2021-08-15

Cara Mengutip

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430

Terbitan

Bagian

Articles