Pembelajaran Online Menggunakan Google Classroom di Masa Pandemi Covid -19 Terhadap Minat Belajar PJOK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.39953Kata Kunci:
Pembelajaran online, PJOK, Google ClassroomAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK menggunakan google classroom di kelas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Subjek penelitian berjumlah 66 orang. Teknik pengambilan subjek penelitian ini menggunakan seluruhan jumlah subjek sebanyak 66 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunkan angket atau kuisioner melalui berbantuan google forms. Hasil penelitian ini adalah sebanyak 5 peserta didik masuk dalam kategori sangat berminat, 29 peserta didik masuk dalam kategori Berminat, 11 peserta didik masuk dalam kategori cukup berminat,15 peserta didik masuk dalam kategori kurang berminat dan 6 peserta didik masuk dalam kategori sangat kurang berminat. Berdasarkan Analisa data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran online menggunakan google classroom pada masa pandemi covid-19 terhadap minat belajar PJOK peserta didik kelas XI tahun pelajaran 2020/2021 tergolong cukup berminat dengan rata-rata skor mencapai 69,2. Implikasi penelitian ini adalah Pengaruh Lingkungan Belajar Online terhadap Minat Belajar dapat memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar PJOK. Jika peserta didik merasa nyaman dan terlibat dalam proses pembelajaran online, minat belajar mereka dalam mata pelajaran PJOK mungkin meningkat. Hasil utama penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap minat belajar mereka.
Referensi
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411.
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online-offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1).
Budiana, D., Budiman, D., & Budiman, T. I. W. (2019). The Effect of Teaching Table Tennis Using Self-Regulated Learning Model on Self-Esteem. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i1.16253.
Bueti, A. (2021). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman, 1(2), 81–88. https://doi.org/10.55883/jipkis.v1i2.9.
Cholifah, I., Mulyono, D., Studi Pendidikan Masyarakat IKIP Siliwangi, P., & Barat, J. (2020). Profil Pemanfaatan Literasi Teknologi Dan Informasi (Tik) Oleh Penilik Kota Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 174–180. https://doi.org/10.22460/COMM-EDU.V3I2.3822.
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal basicedu, 5(4), 1909–1917.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Ibrah, 2(2), 120–145.
Firman, F., & Rahman, R. S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan belajar pendidikan jasmani ditengah pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.
Juniarta, A. T., & Winarno, M. . (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Kelas Xi Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8). https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6704.
Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 141–148. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891.
Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827
Lestari, P., Sutisyana, A., & Defliyanto, D. (2019). Kontribusi Kemampuan Backhand Dan Forehand Drive Kedinding Terhadap Kemampuan Bermain Tenis Meja Mahasiswa Pjkr Fkip Universitas Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1). https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8817.
Maulani, I., & Adnan, A. (2019). Minat siswa belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal Patriot, 1(3), 1077–1086.
Miftahul, S. M. K., & Menes, A. (2021). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Daring dengan menggunakan Model. Edu Komputika Journal, 8(1), 38–47.
Murtiyasa, B., Aulida, A. N., & Affendi bin Abdullah, M. A. (2021). Analisis efektivitas Brainly sebagai platform e-learning untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 141–150. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.44875
Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669.
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.
Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430.
Puji, D., Brata, N., & Veranda, E. F. (2021). the influence of google classroom media on the character of responsibility in SMKN 3 Jombang. EDUCATIO: Journal of Education, 5(3), 274–280. https://doi.org/10.29138/educatio.v5i3.337.
Raibowo, & Nopiyanto. (2020a). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020b). PJOK Teaching and Learning Process during the Covid 19 Pandemic. Journal STAND : Sport and Development, 1(01), 112–119.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15.
Saputra, J., & Noviyanti, S. (2022). Jurnal tonggak pendidikan dasar. Multimedia Interaktif Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, 01(1), 11–33.
Tangkuman, K. M., Dundu, A. E., & Kaunang, T. M. D. (2021). Faktor-faktor yang Berperan terhadap Terjadinya Kecemasan Orang Tua Anak Sekolah Dasar di Desa Maumbi pada Masa Pandemi Covid -19. Medical Scope Journal, 3(1), 105. https://doi.org/10.35790/msj.v3i1.35045.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timu. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 513–521.
Wiriani, W. T. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 57–63. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.436.
Yarmani, Y., Sugihartono, T., & Defliyanto, D. (2019). Penerapan Media Dinding Dalam Meningkatkan Service Forehand Backhand Pada Pembelajaran Tenis Meja. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1). https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8760.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Komang Adi Gunawan, I Putu Darmayasa, Ketut Semarayasa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)