Motivasi Peserta Didik Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.47237Kata Kunci:
Motivasi, Daya Tahan, Pandemi Covid-19Abstrak
Guru PJOK mengungkapkan bahwa aktivitas gerak siswa di rumah tidak bisa di kontrol langsung sehingga guru selalu mengingatkan siswa agar selalu menjaga daya tahan tubuh dengan cara melakukan olahraga aktivitas fisik dan dibarengi dengan pola makan yang teratur. Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng menghadapi virus corona COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi peserta didik dalam menjaga daya tahan tubuh di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini menggunakan peserta didik kelas VIII dengan jumlah total sebanyak 56 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dengan skala penilaian inrterval dari jawaban peserta didik. Hasil dari penelitian ini pada motivasi peserta didik menjaga daya tahan tubuh pada kelas VIII di SMP pada kategori sangat tinggi sebanyak 4 peserta didik (7,14%), berada pada kategori tinggi sebanyak 31 peserta didik (55,36%), berada pada kategori sedang sebanyak 19 peserta didik (33,93%), berada pada kategori rendah sebanyak 1 peserta didik (1,79%), dan berada pada kategori sangat rendah sebanyak 1 peserta didik (1,79%). Data tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki motivasi yang tinggi dalam menjaga daya tahan tubuh pada kelas VIII di SMP. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat motivasi peserta didik menjaga daya tahan tubuh pada kelas VIII di SMP.
Referensi
Ali, M. (2011). Kontribusi Status Gizi dan Motivasi Belajar Terhadal Kesehatan Jasmani Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 8(Nomor 1), (hlm. 62-70). http://dx.doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3485.
Apriansyah, B., Sulaiman, & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi Motivasi, Kerjasama, Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Atlet Sekolah Sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 101–107. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17358.
Ardian, A., Purwanto, S., & Alfarisi, D. S. (2019). Hubungan prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga dengan kecerdasan emosional. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 126–134. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.28103. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.28103
Arsyad, A., Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662. DOI: https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662
Basuki, S. (2017). Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2). https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082. DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082
Cahyani, A. dkk. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–14. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19.
Eka Ayu Puspa Sari. (2016). Motivasi Mahasiswi Unesa Dalam Mengikuti Olahraga Futsal di UKM Universitas Negeri Surabaya.
Handayani, Hadi, Isbaniah, Burhan, & Agustin. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia", 40(2). https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101. DOI: https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604
Hidayat, T. (2017). Studi Komparatif Dua Fitnes Center Terbesar di Kota Bandung dalam Hal Kualitas Pelayanan dan Sarana-prasarana serta Pengaruhnya terhadap Minat Pengunjung. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6396. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6396
Iswardhany, R., & Rahayu, S. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Di Jurusan Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 1 Cilaku Cianjur. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 78–88. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36342. DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36342
Jaya, K. S. K., Kanca, I. N., & Semarayasa, I. K. (2021). Survei Ketersediaan Guru, Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(1). https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30976. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v3i1.35431
Kadafi, A., Alfaiz, A., Ramli, M., Asri, D. N., & Finayanti, J. (2021). The impact of islamic counseling intervention towards students’ mindfulness and anxiety during the covid-19 pandemic. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1018. DOI: https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1018
Kasriman, K. (2017). Motivasi Masyarakat Melakukan Olahraga Rekreasi melalui Program Car Free Day di Jakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8183. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8183
Khatoony, S., & Nezhadmehr, M. (2020). EFL teachers’ challenges in integration of technology for online classrooms during Coronavirus (COVID-19) pandemic in Iran. AJELP: Asian Journal of English Language and Pedagogy, 8(2), 1–16. https://doi.org/10.37134/ajelp.vol8.sp.1.2020.
Layuk, A., Hamdani, H., & Khairina, D. M. (2014). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Raport Berbasis Web Sekolah Sosial Olahraga (Studi Kasus: Real Madrid Foundation Samarinda). Informatika Mulawarman, 9(3). https://doi.org/10.30872/jim.v9i3.176.
Meng, L., Hua, F., & Bian, Z. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Emerging and Future Challenges for Dental and Oral Medicine. Journal of Dental Research, 99(5), 481–487. https://doi.org/10.1177/0022034520914246. DOI: https://doi.org/10.1177/0022034520914246
Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p31-37. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p31-37
Nugroho, W. A. (2017). Pembinaan Prestasi Olahraga Sepakbola Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Putra Batang. Juara: Jurnal Olahraga, 2(2). https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.43. DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.43
Nur, L., & Malik, A. A. (2021). Basketball Skill Achievements: Comparison between Technical Approach and Tactical Approach based on Physical Fitness Level. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v6i1.31610. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v6i1.31610
Oya, R. N., & Budiningsih, C. (2014). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif. Jurnal Prima Edukasia, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2649. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2649
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.
Putra, I. W. W. P., Astra, I.K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Motivasi Peserta Didik SMK Triatmajaya Singaraja Menjaga Kebugaran Jasmani pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2)(42–49). DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.29575
Raharjo, K., Syafrial, S., & Sugiyanto, S. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Akurasi Shooting Olahraga Sepakbola Melalui Media Lingkaran Karet Ban Pada Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 03 Bengkulu Tengah. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2). https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3469. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3469
Risal, D., Harsani, Harlina, & Roynaldi, H. (2021). Persepsi dan Motivasi Pemangku Kepentingan terhadap Pengembangan Ekowisata Tondok Bakaru. Ruang-Space: Jurnal Lingkungan Binaan, 8(1). https://doi.org/10.24843/JRS.2021.v08.i01.p07. DOI: https://doi.org/10.24843/JRS.2021.v08.i01.p07
Sardiman, A. (2018). Interaksi dan Motiasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Shah, K., Arfan, M., Mahariq, I., Ahmadian, A., Salahshour, S., & Ferrara, M. (2020). Fractal-Fractional Mathematical Model Addressing the Situation of Corona Virus in Pakistan. Results in Physics, 19, 103560. https://doi.org/10.1016/j.rinp.2020.103560. DOI: https://doi.org/10.1016/j.rinp.2020.103560
Sumantri Syarif Mohamad. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. PT RajaGrafindo Persada.
Tembang, Y., Sulton, & Suharjo. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 812–817. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9402.
Wisma Pratama, I. W. P. (2020). Motivasi Peserta Didik SMK Triatmajaya Singaraja Menjaga Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19.
Yulia. (2020). Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(1). https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068. DOI: https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068
Zainudin, N. I., Athar, A., & Kahri, M. (2019). Analisis Komponen Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Di Lihat Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Kelas V Usia 10 – 12 Tahun Kota Banjarbaru. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Luh Putu Astiti Adi, I Nyoman Kanca, I Wayan Artanayasa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)