Motivasi Peserta Didik Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid 19

Penulis

  • Luh Putu Astiti Adi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Kanca Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.47237

Kata Kunci:

Motivasi, Daya Tahan, Pandemi Covid-19

Abstrak

Guru PJOK mengungkapkan bahwa aktivitas gerak siswa di rumah tidak bisa di kontrol langsung sehingga guru selalu mengingatkan siswa agar selalu menjaga daya tahan tubuh dengan cara melakukan olahraga aktivitas fisik dan dibarengi dengan pola makan yang teratur. Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng menghadapi virus corona COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi peserta didik dalam menjaga daya tahan tubuh di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini menggunakan peserta didik kelas VIII dengan jumlah total sebanyak 56 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dengan skala penilaian inrterval dari jawaban peserta didik. Hasil dari penelitian ini pada motivasi peserta didik menjaga daya tahan tubuh pada kelas VIII di SMP pada kategori sangat tinggi sebanyak 4 peserta didik (7,14%), berada pada kategori tinggi sebanyak 31 peserta didik (55,36%), berada pada kategori sedang sebanyak 19 peserta didik (33,93%), berada pada kategori rendah sebanyak 1 peserta didik (1,79%), dan berada pada kategori sangat rendah sebanyak 1 peserta didik (1,79%). Data tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki motivasi yang tinggi dalam menjaga daya tahan tubuh pada kelas VIII di SMP. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat motivasi peserta didik menjaga daya tahan tubuh pada kelas VIII di SMP.

Biografi Penulis

I Nyoman Kanca, Universitas Pendidikan Ganesha

Prof. Dr. I Nyoman Kanca, M.S., lahir di kota Singaraja, 18 Oktober 1959. Lulus SD 1972, Lulus SMP 1975, Lulus SMOA/SGO 1979, Lulus Sarjana (S1) Pendidikan Keolahragaan UNS Surakarta 1984, Lulus Magister (S2) Ilmu Kesehatan Olahraga Pascasarjana Unair Surabaya 1991, Lulus Doktor (S3) Ilmu Kedokteran Bidang Kajian Fisiologi Olahraga Pascasarjana Unair Surabaya 2004. Sejak 01 Maret 1985 bekerja sebagai dosen di FKIP Universitas Udayana (Sekarang Universitas Pendidikan Ganesha). Sejak 2006 menjadi Guru Besar (Profesor) di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Aktif sebagai peneliti dan pengabdi kepada masyarakat di bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.

I Wayan Artanayasa, Universitas Pendidikan Ganesha

I Wayan Artanayasa, lahir di Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Tanggal 26 September 1973, anak pertama dari tiga bersaudara pasangan suami istri I Nyoman Peraya (almarhum) dan Ni Wayan Belandut. Setelah menamatkan Sekolah Dasar (SD) di SD Negeri 1 Manikliyu, tahun 1986, kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP TP 45 Manikliyu lulus Tahun 1998. Kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA Negeri 1 Kintamani lulus tahun 1992. Pada tahun 1992 melanjutkan pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Udayana pada Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi memperoleh gelar S.Pd. pada tahun 1997 setelah berdiri sendiri menjadi STKIP Negeri Singaraja. Pada tahun 2005, melajutkan studi ke Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja pada Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) dan memperoleh gelar M.Pd. pada tahun 2007. Mulai tahun 2012 melanjutkan studi ke Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta pada Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) dan memperoleh gelar Dr. tahun 2016.

Referensi

Ali, M. (2011). Kontribusi Status Gizi dan Motivasi Belajar Terhadal Kesehatan Jasmani Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 8(Nomor 1), (hlm. 62-70). http://dx.doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3485.

Apriansyah, B., Sulaiman, & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi Motivasi, Kerjasama, Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Atlet Sekolah Sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 101–107. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17358.

Ardian, A., Purwanto, S., & Alfarisi, D. S. (2019). Hubungan prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga dengan kecerdasan emosional. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 126–134. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.28103. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.28103

Arsyad, A., Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662. DOI: https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662

Basuki, S. (2017). Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2). https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082. DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082

Cahyani, A. dkk. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–14. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Eka Ayu Puspa Sari. (2016). Motivasi Mahasiswi Unesa Dalam Mengikuti Olahraga Futsal di UKM Universitas Negeri Surabaya.

Handayani, Hadi, Isbaniah, Burhan, & Agustin. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia", 40(2). https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101. DOI: https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604

Hidayat, T. (2017). Studi Komparatif Dua Fitnes Center Terbesar di Kota Bandung dalam Hal Kualitas Pelayanan dan Sarana-prasarana serta Pengaruhnya terhadap Minat Pengunjung. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6396. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6396

Iswardhany, R., & Rahayu, S. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Di Jurusan Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 1 Cilaku Cianjur. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 78–88. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36342. DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36342

Jaya, K. S. K., Kanca, I. N., & Semarayasa, I. K. (2021). Survei Ketersediaan Guru, Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(1). https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30976. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v3i1.35431

Kadafi, A., Alfaiz, A., Ramli, M., Asri, D. N., & Finayanti, J. (2021). The impact of islamic counseling intervention towards students’ mindfulness and anxiety during the covid-19 pandemic. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1018. DOI: https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1018

Kasriman, K. (2017). Motivasi Masyarakat Melakukan Olahraga Rekreasi melalui Program Car Free Day di Jakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8183. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8183

Khatoony, S., & Nezhadmehr, M. (2020). EFL teachers’ challenges in integration of technology for online classrooms during Coronavirus (COVID-19) pandemic in Iran. AJELP: Asian Journal of English Language and Pedagogy, 8(2), 1–16. https://doi.org/10.37134/ajelp.vol8.sp.1.2020.

Layuk, A., Hamdani, H., & Khairina, D. M. (2014). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Raport Berbasis Web Sekolah Sosial Olahraga (Studi Kasus: Real Madrid Foundation Samarinda). Informatika Mulawarman, 9(3). https://doi.org/10.30872/jim.v9i3.176.

Meng, L., Hua, F., & Bian, Z. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Emerging and Future Challenges for Dental and Oral Medicine. Journal of Dental Research, 99(5), 481–487. https://doi.org/10.1177/0022034520914246. DOI: https://doi.org/10.1177/0022034520914246

Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p31-37. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p31-37

Nugroho, W. A. (2017). Pembinaan Prestasi Olahraga Sepakbola Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Putra Batang. Juara: Jurnal Olahraga, 2(2). https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.43. DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.43

Nur, L., & Malik, A. A. (2021). Basketball Skill Achievements: Comparison between Technical Approach and Tactical Approach based on Physical Fitness Level. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v6i1.31610. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v6i1.31610

Oya, R. N., & Budiningsih, C. (2014). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif. Jurnal Prima Edukasia, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2649. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2649

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Putra, I. W. W. P., Astra, I.K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Motivasi Peserta Didik SMK Triatmajaya Singaraja Menjaga Kebugaran Jasmani pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2)(42–49). DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.29575

Raharjo, K., Syafrial, S., & Sugiyanto, S. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Akurasi Shooting Olahraga Sepakbola Melalui Media Lingkaran Karet Ban Pada Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 03 Bengkulu Tengah. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2). https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3469. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3469

Risal, D., Harsani, Harlina, & Roynaldi, H. (2021). Persepsi dan Motivasi Pemangku Kepentingan terhadap Pengembangan Ekowisata Tondok Bakaru. Ruang-Space: Jurnal Lingkungan Binaan, 8(1). https://doi.org/10.24843/JRS.2021.v08.i01.p07. DOI: https://doi.org/10.24843/JRS.2021.v08.i01.p07

Sardiman, A. (2018). Interaksi dan Motiasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Shah, K., Arfan, M., Mahariq, I., Ahmadian, A., Salahshour, S., & Ferrara, M. (2020). Fractal-Fractional Mathematical Model Addressing the Situation of Corona Virus in Pakistan. Results in Physics, 19, 103560. https://doi.org/10.1016/j.rinp.2020.103560. DOI: https://doi.org/10.1016/j.rinp.2020.103560

Sumantri Syarif Mohamad. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. PT RajaGrafindo Persada.

Tembang, Y., Sulton, & Suharjo. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 812–817. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9402.

Wisma Pratama, I. W. P. (2020). Motivasi Peserta Didik SMK Triatmajaya Singaraja Menjaga Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19.

Yulia. (2020). Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(1). https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068. DOI: https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068

Zainudin, N. I., Athar, A., & Kahri, M. (2019). Analisis Komponen Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Di Lihat Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Kelas V Usia 10 – 12 Tahun Kota Banjarbaru. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570

Diterbitkan

2022-07-06

Cara Mengutip

Astiti Adi, L. P., Kanca, I. N. ., & Artanayasa, I. W. . (2022). Motivasi Peserta Didik Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 96–102. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.47237

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>