Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.48807Kata Kunci:
Pembelajaran PBL, aktivitas belajar, hasil belajar, lompat jauh gaya jongkokAbstrak
Pada cabang olahraga atletik yaitu lompat jauh gaya jongkok aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami ketidak tuntasan yang cukup signifkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi,dan refleksi. Subjek penelitian, yang berjumlah 21 orang dengan rincian 7 orang putri dan 14 orang putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar lompat jauh gaya jongkok dari siklus I sebesar 56,6% kategori aktif, meningkat menjadi 85% kategori sangat aktif pada siklus II. Pada hasil belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan dari siklus I sebesar 52,4% meningkat menjadi 85,7% pada siklus II dan pada aspek keterampilan dari siklus I sebesar 57,2% meningkat menjadi 90,5% pada siklus II. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok meningkat melalui model pembelajaran PBL pada peserta didik. Disarankan kepada guru PJOK Dapat menggunakan model pembelajaran PBL karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok.
Referensi
Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8
Adiwiguna. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Terhadap Kemampuan Ber[ikir Kritis dan LIterasi Sains Siswa Kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendas, 3(2).
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(1). https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195.
Aiman, Ummu, Amelia, R., & Ahmad, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353–361. https://doi.org/10.23887/JIPP.V5I3.36230. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Asriningtyas, A. N. dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226
Darsana, Satyawan, Spyanawati, & Parta. (2021). Pengembangan Video Tutorial Model Permainan Dalam PJOK Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Pada Kelas 1 Sekolah Dasar Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 20–30. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717
Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811. DOI: https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811
Firmanto, P., & Pujianto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Materi Beladiri Di SMP Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 205–213. https://doi.org/10.15294/inapes.v2i1.43570.
Hasyim, M., & Eldiana, N. F. (2020). Eksperimentasi model PBL dan PjBL berbasis schoology terhadap pemecahan masalah matematika ditinjau dari self-efficacy. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1751. DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1751
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604
Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133
Khamzawi, S., & Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Leaning Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fuida Dinamis Untuk SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 100–108. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i1.2594.
Komarudin, & Subekti, B. H. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pjok Daring Level of Student Satisfaction Towards Characteristic Learning. Jambura Health and Sport Journal, 3(1), 16–23. DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v3i1.9847
Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Hermianto, S. (2020). Peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Kokami di Kelas IV SD Negeri Dukuhwaluh. Attadib Journal of Elementary Education, 4(1). https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627. DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627
Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279
Panuntun, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (Tgt) Dan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Sepak Bola (Dribbling) Pada SiswaKelas Xi Smk Hkti 2 Banjarnegara. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.36807. DOI: https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.36807
Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 86. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417
Puspitasari, N. (2019). Faktor Kondisi Fisik Terhadap Resiko Cedera Olahraga Pada Permainan Sepakbola. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi, 3(1). https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v3i1.34. DOI: https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v3i1.34
Rahayu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas penggunaan model problem based Learning (PBL) dan inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671
Rahayu, E. T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta.
Raibowo, & Nopiyanto. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774. DOI: https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774
Sa’diyah, S. (2020). Peningkatan motivasi dan hasil belajar sistem gerak melalui model pembelajaran problem based learning. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 79. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.32. DOI: https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.32
Sudiasih. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Konkrit terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematika. 2(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15606
Sugihartono, T. (2019). Model Problem Based Learning Meningkatkan Keterampilan Senam Irama Pada Pembelajaran Penjasorkes. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 8(1). https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8274. DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8274
Sukarini, N. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Basket melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 4(3), 371–377. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29065
Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445
Wibowo, K., Wibowo, K., Hidayatullah, M. F., & Kiyatno, K. (2017). Evaluasi Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket di Kabupaten Magetan. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/miki.v7i1.9520.
Wirata, I. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(9). DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17102
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 I Nengah Tanwisastra, Pak Prof, Ni Putu Dwi Sucita Dartini
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)