Evaluasi Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi dan Pola Pembinaan Olahraga KONI Bali

Penulis

  • I Putu Darmayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Suratmin Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gozali Wigutomo Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.64394

Kata Kunci:

Evaluasi Porprov, Pola Pembinaan Olahraga, KONI

Abstrak

Pola pembinaan olahraga sangat penting dilakukan evaluasi supaya pembina dan pelatih dapat mengembangkan bakat dan potensi atlet serta memperoleh prestasi yang optimal baik daerah, nasional, dan internasional. Evaluasi perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil dan menentukan atlet terbaik, sehingga dapat bersaing dan berkompetisi tinggi sesuai dengan agenda event olahraga dan target pencapaian prestasi yang ditetapkan oleh KONI Bali. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi penyelenggaraan Porprov dan pola pembinaan olahraga KONI Bali. Penelitian ini menggunakan metode survey. Sampel penelitian adalah pengurus KONI Kabupaten/Kota dan KONI provinsi. Data diperoleh dengan wawancara, kuesioner, arsip, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian  menunjukkan rekomendasi penyelenggaraan Porprov Bali dengan masa pandemic covid 19 menurun, Porprov tahun 2022 dilaksanakan dengan mengintegrasikan penyelenggaraan secara multi/single event, sedangkan pelaksanaan Porprov berjalan secara efektif dan efesien, namun penurunan peserta, pembengkakan anggaran, pembinaan olahraga tidak optimal dan merata di provinsi Bali dan pola pembinaan olahraga yang diterapkan KONI kabupaten/kota dan KONI provinsi Bali mengefektikan sistem pembinaan dengan prioritas pada olahraga perorangan/individu, namun menjalankan pembinaan olahraga beregu dan tim  dilakukan pembinaan secara optimal.

Referensi

Aulia, A., & Asfar, A. (2021). Peran Sarana Prasarana Terhadap Motivasi dan Prestasi Atlet (Studi Pada Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Riau). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.31849/jmbt.v3i2.9040.

Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913.

Candra, O. (2020). Tingkat Kemampuan Vo2Max Pada Atlet Bola Basket Puteri POMNAS Riau. Journal Sport Area, 5(2). https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().3761.

Gunawan, A., Junaidi, S., & Sugiarto, S. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Komite Olahraga Nasiaonal Indonesia Provinsi Jawa Tengah Dalam Pembinaan Prestasi Olahraga Tahun 2014-2017. Journal of Sport Science and Fitness, 5(1), 58–65. https://doi.org/10.15294/jssf.v5i1.39510.

Herdiansah, A., Borman, R. I., & Maylinda, S. (2021). Sistem Informasi Monitoring dan Reporting Quality Control Proses Laminating Berbasis Web Framework Laravel. Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 13. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1091.

Pasek Wiguna, I. N. T., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34857.

Putra, M. F. P., & Ita, S. (2019). Gambaran kapasitas fisik atlet Papua: Kajian menuju PON XX Papua. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 135–145. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.26967.

Putri, J. W., & Muslim, B. A. (2017). Evaluasi Penyelenggaraan Program Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Cabang Olahraga Taekwondo Provinsi DKI Jakarta. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(2), 90–101. https://doi.org/10.21009/GJIK.082.02.

Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.

Sari, H. P., Handayani, O. W. K., & Hidayah, T. (2017). Evaluasi program pembinaan atlet pekan olahraga nasional cabang olahraga bulu tangkis provinsi Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(3), 261–265. https://doi.org/10.15294/JPES.V6I3.15076.

Simbolon, M. D., Wahjoedi, W., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Passing Bolavoli SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33766.

Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010), 1–332.

Susila, I. W. A. (2022). Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Journal of Education Action Research, 6(2), 228–234. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.46609.

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Darmayasa, I. P. ., Suratmin, & Wigutomo, G. . (2023). Evaluasi Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi dan Pola Pembinaan Olahraga KONI Bali. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3), 259–265. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.64394

Terbitan

Bagian

Articles