Evaluasi Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi dan Pola Pembinaan Olahraga KONI Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.64394Kata Kunci:
Evaluasi Porprov, Pola Pembinaan Olahraga, KONIAbstrak
Pola pembinaan olahraga sangat penting dilakukan evaluasi supaya pembina dan pelatih dapat mengembangkan bakat dan potensi atlet serta memperoleh prestasi yang optimal baik daerah, nasional, dan internasional. Evaluasi perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil dan menentukan atlet terbaik, sehingga dapat bersaing dan berkompetisi tinggi sesuai dengan agenda event olahraga dan target pencapaian prestasi yang ditetapkan oleh KONI Bali. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi penyelenggaraan Porprov dan pola pembinaan olahraga KONI Bali. Penelitian ini menggunakan metode survey. Sampel penelitian adalah pengurus KONI Kabupaten/Kota dan KONI provinsi. Data diperoleh dengan wawancara, kuesioner, arsip, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan rekomendasi penyelenggaraan Porprov Bali dengan masa pandemic covid 19 menurun, Porprov tahun 2022 dilaksanakan dengan mengintegrasikan penyelenggaraan secara multi/single event, sedangkan pelaksanaan Porprov berjalan secara efektif dan efesien, namun penurunan peserta, pembengkakan anggaran, pembinaan olahraga tidak optimal dan merata di provinsi Bali dan pola pembinaan olahraga yang diterapkan KONI kabupaten/kota dan KONI provinsi Bali mengefektikan sistem pembinaan dengan prioritas pada olahraga perorangan/individu, namun menjalankan pembinaan olahraga beregu dan tim dilakukan pembinaan secara optimal.
Referensi
Aulia, A., & Asfar, A. (2021). Peran Sarana Prasarana Terhadap Motivasi dan Prestasi Atlet (Studi Pada Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Riau). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.31849/jmbt.v3i2.9040.
Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913.
Candra, O. (2020). Tingkat Kemampuan Vo2Max Pada Atlet Bola Basket Puteri POMNAS Riau. Journal Sport Area, 5(2). https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().3761.
Gunawan, A., Junaidi, S., & Sugiarto, S. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Komite Olahraga Nasiaonal Indonesia Provinsi Jawa Tengah Dalam Pembinaan Prestasi Olahraga Tahun 2014-2017. Journal of Sport Science and Fitness, 5(1), 58–65. https://doi.org/10.15294/jssf.v5i1.39510.
Herdiansah, A., Borman, R. I., & Maylinda, S. (2021). Sistem Informasi Monitoring dan Reporting Quality Control Proses Laminating Berbasis Web Framework Laravel. Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 13. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1091.
Pasek Wiguna, I. N. T., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34857.
Putra, M. F. P., & Ita, S. (2019). Gambaran kapasitas fisik atlet Papua: Kajian menuju PON XX Papua. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 135–145. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.26967.
Putri, J. W., & Muslim, B. A. (2017). Evaluasi Penyelenggaraan Program Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Cabang Olahraga Taekwondo Provinsi DKI Jakarta. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(2), 90–101. https://doi.org/10.21009/GJIK.082.02.
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.
Sari, H. P., Handayani, O. W. K., & Hidayah, T. (2017). Evaluasi program pembinaan atlet pekan olahraga nasional cabang olahraga bulu tangkis provinsi Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(3), 261–265. https://doi.org/10.15294/JPES.V6I3.15076.
Simbolon, M. D., Wahjoedi, W., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Passing Bolavoli SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33766.
Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010), 1–332.
Susila, I. W. A. (2022). Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Journal of Education Action Research, 6(2), 228–234. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.46609.
Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 I Putu Darmayasa, Suratmin, Gozali Wigutomo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)