Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Miky Amanul Ardhiyah Universitas Kristen Satya Wacana
  • Elvira Hoesein Radia Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258

Keywords:

Video, Animasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa video animasi untuk pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau R&D (research and development). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV sekolah dasar, namun penelitian hanya berhenti sampai uji pakar dan tidak melakukan praktek penggunakan media di lapangan. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi  untuk  ahli materi dan ahli media. Setelah dilakukan uji pakar oleh tiga ahli materi, diperoleh rata-rata presentase sebesar 65,13% sehingga termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan uji pakar oleh dua ahli media diperoleh rata-rata presentase sebesar 65,29% sehingga termasuk dalam kategori “tinggi” yang berarti media layak untuk digunakan.


References

Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. FORUM PAEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Harrison, Henry L, Hummel, Laura J. (2010). Incorporating Animation Concepts and Principles in STEM Education. The Technology Teacher, 20-25.

Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Izham, D. (2012). Cara Cepat Belajar Adobe Flash. Jakarta: Komunitas eLearning Ilmu Komputer.com.

Novitasari, D. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 8.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Junal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1-10.

Ramansyah, W. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS3 pada kelas 1 SDN Bancaran 3 Bangkalan. Jurnal Ilmiah EDUTIC Jurnal Pendidikan dan Informatika .

Ruseffendi, H. (2014). Perkembangan Pendidikan Matematika.

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi pada standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sukmadinata & Nana S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surya, E. (2012). Visual Thinking dalam memaksimalkan pembelajaran matematika siswa. UNIMED.

Utami, D. (2011). Animasi dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).

Wahyudi, K. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.

Zaenal. (2012). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA tentang Kemagnetan pada kelas IX SMPN 1 Mojowarno Jombang.

https://eprints.uny.ac.id/9509/15/BAB%20II%20TUTIK-08301244031.pdf

Downloads

Published

2020-08-25

How to Cite

Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479–485. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258

Issue

Section

Articles