Instrumen Karakter Peduli Lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Dinah Maisarah Azis Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Ayu Puteri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42592

Keywords:

peduli lingkungan, instrumen karakter

Abstract

Guru kesulitan menilai karakter yang ditampilkan siswa saat proses pembelajaran. Instrumen penilaian karakter peduli lingkungan pada anak usia dini belum banyak dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan instrumen penilaian karakter peduli lingkungan pada anak usia dini yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan RDR (Research, Development, Research). Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen yang ahli di bidangnya, dan menggunakan 30 anak usia 4-5 tahun sebagai subjek uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yakni berdasarkan hasil perhitungan di atas diperoleh koefisien validitas isi instrumen penilaian karakter peduli lingkungan pada anak usia dini sebesar 1,00 dan berada pada kriteria validitas sangat tinggi. Kemudian, berdasarkan hasil perhitungan uji reliabilitas di atas diperoleh nilai r_11 sebesar 0,85. Sehingga, instrumen karakter peduli lingkungan pada anak usia dini dalam penelitian ini dapat dikatakan reliabel karena nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh lebih besar dari 0,60. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen karakter peduli lingkungan ini dapat digunakan untuk mengevaluasi sikap peduli lingkungan anak, dan sebagai tolak ukur perilaku yang hendaknya diajarkan disekolah. Implikasi penggunaan instrumen karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran diyakini dapat membantu pendidik untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada kegiatan peduli lingkungan.

Published

2021-12-25

How to Cite

Azis, D. M., Antara, P. A., & Handayani, D. A. P. (2021). Instrumen Karakter Peduli Lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42592

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>