Instrumen Karakter Peduli Lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Dinah Maisarah Azis Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Ayu Puteri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42592

Keywords:

peduli lingkungan, instrumen karakter

Abstract

Guru kesulitan menilai karakter yang ditampilkan siswa saat proses pembelajaran. Instrumen penilaian karakter peduli lingkungan pada anak usia dini belum banyak dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan instrumen penilaian karakter peduli lingkungan pada anak usia dini yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan RDR (Research, Development, Research). Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen yang ahli di bidangnya, dan menggunakan 30 anak usia 4-5 tahun sebagai subjek uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yakni berdasarkan hasil perhitungan di atas diperoleh koefisien validitas isi instrumen penilaian karakter peduli lingkungan pada anak usia dini sebesar 1,00 dan berada pada kriteria validitas sangat tinggi. Kemudian, berdasarkan hasil perhitungan uji reliabilitas di atas diperoleh nilai r_11 sebesar 0,85. Sehingga, instrumen karakter peduli lingkungan pada anak usia dini dalam penelitian ini dapat dikatakan reliabel karena nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh lebih besar dari 0,60. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen karakter peduli lingkungan ini dapat digunakan untuk mengevaluasi sikap peduli lingkungan anak, dan sebagai tolak ukur perilaku yang hendaknya diajarkan disekolah. Implikasi penggunaan instrumen karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran diyakini dapat membantu pendidik untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada kegiatan peduli lingkungan.

References

Aini, D. F. N., & Sulistyani, N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz (Electronic Quiz) Matematika Berbasis HOTS (HIGHER OF ORDER THINKING SKILLS) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.5980.

Amelin, R., Ramadan, S., & Gani, E. (2019). Memahami Bahasa Anak Usia 14 Bulan melalui Unsur “Non-Linguistik.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.155.

Annisa, A., & Sutapa, P. (2019). The Implementation of Nature-based Learning Models to Improve Children’s Motor Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.140.

Antara, P. A. (2018). Stimulasi Metode Permainan Kreatif Berdesain Creative Movement Dan Budi Pekerti Dalam Mengembangkan Kemampuan Spasial Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 301–310. https://doi.org/10.21009/jpud.122.11.

Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal pada Anak Usia Dini Suku Anak Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159.

Ayuningtyas, F., Hartati, S., & Sumadi, T. (2019). The Impact of Academic Press and Student Teacher Relationship on Childrens Emotional Adjustment. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.148.

Candiasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha Press.

Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97.

Depiani, M. R., Pujani, N. M., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 59. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19374.

Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi, 3(1), 18 – 29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.

Hadaina, N., Widiana, I. W., & Astawan, I. G. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 8–12. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.31116.

Hastutiningsih, T., Prasetyo, A. P. B., & Widiyaningrum, P. (2016). Pengembangan Panduan Pembelajaran Outdoor Bermuatan Karakter Peduli Lingkungan Pada Materi Ekologi. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 28–35.

Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiential Learning. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 72–79. https://doi.org/10.15294/upej.v5i3.13768.

Irianti, R., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan SSP Model SLH untuk Penumbuhkembangan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Developing of SLH ’ s Model of SSP to Increase Student ’ s Science Process Skills and Environmental Care. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 122–133.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106.

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126.

Khairoh, L., Rusilowati, A., & Nurhayati, S. (2014). Pengembangan Buku Cerita Ipa Terpadu Bermuatan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Tema Pencemaran Lingkungan. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2), 519–527. https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3349.

Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379.

Nufus, S. H., Gani, A., & Suhendrayatna, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 44–51. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8406.

Nurhayati, F., & Rasyid, H. (2019). Implementation of Outdoor Games to Improve 4-5 Year Old Childrens Number Sense. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.133.

Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142.

Rahimah, F. Y., & Izzaty, R. E. (2018). Developing Picture Story Book Media for Building the Self-Awareness of Early Childhood Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 219. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.

Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885.

Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105.

Sari, A. M., & Widiyatmoko, A. (2017). Pengembangan Alat Peraga Pemanasan Global Berbahan Bekas Pakai Untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 6(1), 1496–1502.

Sinaga, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Mahasiswa PG-PAUD FIP Unimed dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Usia Dini, 6(2), 1–19.

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30.

Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 44. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467.

Trian, E. A., Haryani, S., Mantini, S., Sedyawati, R., Ipa, P. P., Matematika, F., & Alam, P. (2013). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berkarakter Pada Tema Pengelolaan Lingkungan Untuk Kelas VII SMP. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/usej.v2i2.2034.

Wakhidah, K., & Adiarti, W. (2014). Pengaruh Penanaman Nilai-Nilai Konservasi Terhadap Karakter Peduli Pada Lingkungan Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 38–45.

Widayat, W., & Hindarto, N. (2017). Journal of Innovative Science Education Pembentukan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan. Journal of Innovative Science Education, 6(1).

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760.

Yanthi, N., Yuliariatiningsih, M. S., Hidayah, N., & Sari, M. P. (2020). Pemanfaatan Limbah Bahan Tekstil Menjadi Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.363.

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959.

Yugakisha, M. S., & Jayanta, I. N. L. (2021). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar Ipa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 402–408. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.35918.

Yulianti, D., S, R., H, S., & Diana, D. (2014). Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bermuatan Sains Berwawasan Konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(1), 124422. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i1.5681.

Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.

Downloads

Published

2021-12-25

How to Cite

Azis, D. M., Antara, P. A., & Handayani, D. A. P. (2021). Instrumen Karakter Peduli Lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 25–32. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42592

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>