PENERAPAN METODE PROYEK MELALUI KEGIATAN 3M UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A

Authors

  • Putu Ida Arsani Dewi .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • Mutiara Magta, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas melalui penerapan metode proyek melalui kegiatan 3M pada anak kelompok A semester II tahun pelajaran 2014/2015 TK Negeri Pembina Singaraja. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi / evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak TK kelompok A yang berjumlah 16 orang anak. Data penelitian diperoleh melalui metode observasi dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode proyek melalui kegiatan 3M dapat meningkatkan kreativitas anak TK kelompok A. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan rata-rata persentase kreativitas kegiatan 3M pada siklus I sebesar 75,50% yang berada pada kategori sedang dan mengalami peningkatan sebesar 13,14% pada siklus II menjadi 85,42% yang berada pada kategori tinggi.
Kata Kunci : metode proyek, kegiatan 3M, kreativitas.

This study aims to determine the increase in creativity through the implementation of the project through the 3M method on children in group A the second semester of the academic year 2014/2015 Pembina State TK Singaraja. This study uses a Class Action Research (PTK) carried out two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation / evaluation and reflection. The subjects were a group of kindergarten children numbering 16 children. The research data obtained through observation methods and analyzed using quantitative descriptive analysis. The results showed that the implementation of the project through the 3M method can enhance the creativity of children kindergarten group A. It can be seen an increase in the average percentage of creativity 3M activity in the first cycle of 75.50%, which is in the moderate category and increased by 13, 14% in the second cycle be 85.42% which is at the high category.
keyword : project method, 3M activity, creativity

Published

2015-08-07

How to Cite

., P. I. A. D., ., P. D. N. K. S., & ., M. M. S. (2015). PENERAPAN METODE PROYEK MELALUI KEGIATAN 3M UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5920

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>