PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA KERTAS BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI TK KARTIKA VII-3 SINGARAJA

Authors

  • Nyoman Adi Budi Suasti .
  • Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd .
  • Didith Pramunditya Ambara, S.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.6027

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap 16 anak di TK Kartika VII-3 Singaraja, masih banyak anak yang mengalami hambatan dalam kemampuan motorik halus khususnya dalam kegiatan melipat. Terdapat 13 anak yang mengalami hambatan dalam kegiatan melipat dan 3 anak sudah cukup baik dalam kegiatan melipat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Motorik halus anak setelah diterapkan metode demonstrasi berbantuan media kertas bekas di TK Kartika VII-3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 16 anak, yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 6 anak laki-laki di TK Kartika VII-3 Singaraja kelompok B semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Data penelitian tentang kemampuan motorik halus anak dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor kemampuan motorik halus pada anak kelompok B setelah diterapkan metode demonstrasi berbantuan media kertas bekas pada siklus I sebesar 66,5% yang berada pada katagori sedang kemudian pada siklus II menjadi 81,5% tergolong pada katagori tinggi. Jadi terjadi peningkatan kemampuan motorik halus anak setelah diterapkan metode demonstrasi berbantuan media kertas bekas sebesar 15%. Dari nilai gains skor yang diperoleh pada pra siklus ke siklus I sebesar 0,6 yang berarti bahwa penigkatan kemampuan motorik halus anak berada pada kategori sedang. Sedangkan nilai gains skor dari siklus I ke siklus II sebesar 1,1 yang berada pada kategori tinggi. Dengan demikian penerapan metode demonstrasi berbantuan media kertas bekas mampumeningkatkan kemampuan motorik halus kelompok B Semester II tahun pelajaran 2014/2015 di TK Kartika VII-3 Singaraja.
Kata Kunci : metode demonstrasi, media kertas bekas, kemampuan motorik halus

Based on observations conducted on 16 children in kindergarten Kartika VII-3 Singaraja, there are still many children who experience obstacles in fine motor skills, especially in the activities of folding. There are 13 children who experience obstacles in the activities of folding and 3 children are quite good in folding activity. This research is aim to know the development of student’s fine motor abilities improved after applied the method of demonstration-assisted media paper in kindergarten in the academic year of 2014/2015. This research was a classroom action research which conducted in two cycles.The subjects of the study are 16 students, yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 6 anak laki-laki in kindergarten Kartika VII-3 Singaraja in class B in the second semester in the academic year of 2014/2015. The data was collected by using observation method. The instrument used was in form of observation form. The data collected were analyzed by using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive. The result showed that an increase in the average scores of fine motor skills in children in group B after the applied methods used paper media-assisted demonstration on the first cycle of 66.5% which is in the category were then in the second cycle to 81.5% belong to the high category. So an increase in the fine motor skills of children after the applied methods used paper media demonstration aided by 15%. It is categorized as relatively high category. Value gains score obtained on a pre cycle to cycle I amounting to 0,6 meaning that increased fine motor abilities are at a medium category. While the value of the gains score from cycle to cycle I II of 1,1 in the high category. Thus the application of demonstration method of paper media assisted to increase fine motor ability students in class B in the second semester in the academic year of 2013/2014 in TK Kartika VII-3 Singaraja.
keyword : demonstrasi, the media paper, fine motor ability.

Published

2015-10-14

How to Cite

., N. A. B. S., ., P. D. A. A. G. A., & ., D. P. A. S. (2015). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA KERTAS BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI TK KARTIKA VII-3 SINGARAJA . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.6027

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>