Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Spasial Anak usia 5-6 Tahun Di Gugus V Kecamatan Buleleng
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.61257Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Media Busy Book, Kemampuan Spasial AnakAbstrak
Penelitian pengembangan ini oleh dilatarbelakangi oleh penggunaan media dan model pembelajaran di TK yang belum optimal serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk mengaplikasikan pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) menghasilkan prototype media busy book, (2) menguji kelayakan media busy book, dan (3) menguji kepraktisan media busy book. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli dan 3 orang guru. Objek penelitian ini adalah media busy book pada pembelajaran spasial. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar rating scale. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) skor rata-rata kelayakan oleh ahli media sebesar 4,34 dan kelayakan oleh ahli isi muatan pembelajaran sebesar 4,56 dengan klasifikasi keduanya sangat baik, (2) skor rata-rata kepraktisan oleh guru sebesar 4, 29. Bentuk pengembangan penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran yaitu media busy book yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan spasial anak usia 5-6 tahun di Gugus V Kecamatan Buleleng. Media busy book ini dapat digunakan oleh guru untuk menstimulasi kemampuan spasial pada anak yang sudah teruji validitas dan kepraktisan dengan klasifikasi sangat baik sehingga media busy book ini sudah tepat dan layak digunakan.
Referensi
Amini, N. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Usia Dini Kelompok. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1), 38–41. https://doi.org/10.22460/ts.v4i1p38-43.1197.
Ani, A. M. (2018). Penggunaan Media Kartu Gambar Berwarna Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas VII Smp 4 Mataram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.246. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.246
Antara, P. A. (2018). Stimulasi Metode Permainan Kreatif Berdesain Creative Movement Dan Budi Pekerti Dalam Mengembangkan Kemampuan Spasial Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 301–310. https://doi.org/10.21009/jpud.122.11. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11
Aprita, N., & Kurniah, N. (2021). Pengembangan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Pada Anak Kelompok A PAUD Kota Bengkulu). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 50–63. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18368. DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18368
Ardian, A., & Munadi, S. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran student-centered learning dan kemampuan spasial terhadap kreativitas mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 454–466. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843
Artini, L. E. J., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A*. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 195. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994
Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta’dib, 8(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i1.514. DOI: https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i1.514
Dewi, N. P. S. (2020). Media Magic Book Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 355–361.
Farisdianto, D. D. (2014). Profil kemampuan spasial siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Geometri ditinjau dari perbedaan kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 3(2). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n2.p%25p.
Fitriyah, Q. F., Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, & ‘Aziz, H. (2022). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719–727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789
Harmonis, M., Syafri, F., Widat, F., Rumlystiowati, & Agustin, N. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Game Gartic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3578–3589. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2070. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2070
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan guru Raudlatul Athfal, 1, 60–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Indria, A. (2020). Multiple Intelligence. Kajian dam Pengembangan Umat, 3(1), 26–41.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479
Koesmadi, D. P., Wijayanti, A., & Rahayu, E. (2021). Pengembangan Media Zliqubo Untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak TK. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 79–91. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2829. DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2829
Mafulah, S., & Purnawati, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Busy Book Berbahan Flannel Pada Guru Tk Al-Ghaffar Desa Mulyoagung Kecamatan DAU. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.2109. DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.2109
Marika, D. O., Haji, S., & Herawaty, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pembelajaran Santifik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 153–163.
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Nugrahani, R., & A, C. R. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Busy Book Sebagai Media Pembelajaran Dan Peluang Usaha Bagi Guru Paud Di Desa Kradenan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Prosiding SNasPPM, 4(1), 210–216.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Prakarsi, E., Karsono, K., & Dewi, N. K. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendikiawan, 8(2). DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.35703
Pratama, F. A., Magdalena, R., Dias, S. P., & Alamsyah, D. J. (2020). Serious Game Development for Color and Object Name Recognition in Early Childhood Education (Case Study: TKK Mitra). Sisforma, 7(1), 14–20. https://doi.org/10.24167/sisforma.v7i1.2620. DOI: https://doi.org/10.24167/sisforma.v7i1.2620
Prihantini, P. (2017). Kajian Ide Kurikulum 2013 Paud Dan Implikasinya Dalam Pengembangan KTSP. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10535. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10535
Putri, O. (2021). Pengembangan Media Pendidikan Seksual Busy Book Bagi Anak Usia Dini. 7, 6. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1270
Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423. DOI: https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185
Rizki, E., Oktariana, R., & Hayati, F. (2021). PENGEMBANGAN PERMAINAN BUSY BOOK UNTUK STIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH. Julnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).
Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan pembelajaran paud dalam mengembangkan potensi anak usia dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155
Rupdinah;, & Sudjana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 51–61. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199.
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia Communitation.
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356
Sudirman, & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60–72. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370. DOI: https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Suryaningsih, N. M. A., & Rimpiati, N. L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.113
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (Suryani & U. Rahmawati (reds)). PT Bumi Aksara.
Suwatra, Magta, & Christiani. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 185–193. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257
Syahputra, E. (2013). Peningkatan kemampuan spasial siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1624. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1624
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 6(1).
Wahyu, E., Indira, M., Murnaka, N. P., & Mardiana, A. (2023). Kemampuan Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Puzzel Tangram. Sentra Cendekia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i1.2502.
Wahyuni, E., & Nurjaman, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial Melalui Kegiatan Menggambar pada Kelompok B di TK Al-Fath BSD Tangerang Selatan. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 13–30. https://doi.org/10.31000/ceria.v5i2.547. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v5i2.547
Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020). Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 50–63. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.17. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.17
Yuniarni, D. (2021). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Putu Jyoti Kamala, Putu Aditya Antara, Made Vina Arie Paramita

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)