Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Spasial Anak usia 5-6 Tahun Di Gugus V Kecamatan Buleleng

Penulis

  • Ni Putu Jyoti Kamala Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Made Vina Arie Paramita Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.61257

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Media Busy Book, Kemampuan Spasial Anak

Abstrak

Penelitian pengembangan ini oleh dilatarbelakangi oleh penggunaan media dan model pembelajaran di TK yang belum optimal serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk mengaplikasikan pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) menghasilkan prototype media busy book, (2) menguji kelayakan media busy book, dan (3) menguji kepraktisan media busy book. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli dan 3 orang guru. Objek penelitian ini adalah media busy book pada pembelajaran spasial. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar rating scale. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) skor rata-rata kelayakan oleh ahli media sebesar 4,34 dan kelayakan oleh ahli isi muatan pembelajaran sebesar 4,56 dengan klasifikasi keduanya sangat baik, (2) skor rata-rata kepraktisan oleh guru sebesar 4, 29. Bentuk pengembangan penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran yaitu media busy book yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan spasial anak usia 5-6 tahun di Gugus V Kecamatan Buleleng. Media busy book ini dapat digunakan oleh guru untuk menstimulasi kemampuan spasial pada anak yang sudah teruji validitas dan kepraktisan dengan klasifikasi sangat baik sehingga media busy book ini sudah tepat dan layak digunakan.

Referensi

Amini, N. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Usia Dini Kelompok. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1), 38–41. https://doi.org/10.22460/ts.v4i1p38-43.1197.

Ani, A. M. (2018). Penggunaan Media Kartu Gambar Berwarna Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas VII Smp 4 Mataram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.246. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.246

Antara, P. A. (2018). Stimulasi Metode Permainan Kreatif Berdesain Creative Movement Dan Budi Pekerti Dalam Mengembangkan Kemampuan Spasial Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 301–310. https://doi.org/10.21009/jpud.122.11. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11

Aprita, N., & Kurniah, N. (2021). Pengembangan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Pada Anak Kelompok A PAUD Kota Bengkulu). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 50–63. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18368. DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18368

Ardian, A., & Munadi, S. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran student-centered learning dan kemampuan spasial terhadap kreativitas mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 454–466. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843

Artini, L. E. J., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A*. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 195. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994

Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta’dib, 8(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i1.514. DOI: https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i1.514

Dewi, N. P. S. (2020). Media Magic Book Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 355–361.

Farisdianto, D. D. (2014). Profil kemampuan spasial siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Geometri ditinjau dari perbedaan kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 3(2). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n2.p%25p.

Fitriyah, Q. F., Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, & ‘Aziz, H. (2022). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719–727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789

Harmonis, M., Syafri, F., Widat, F., Rumlystiowati, & Agustin, N. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Game Gartic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3578–3589. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2070. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2070

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan guru Raudlatul Athfal, 1, 60–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Indria, A. (2020). Multiple Intelligence. Kajian dam Pengembangan Umat, 3(1), 26–41.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Koesmadi, D. P., Wijayanti, A., & Rahayu, E. (2021). Pengembangan Media Zliqubo Untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak TK. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 79–91. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2829. DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i1.2829

Mafulah, S., & Purnawati, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Busy Book Berbahan Flannel Pada Guru Tk Al-Ghaffar Desa Mulyoagung Kecamatan DAU. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.2109. DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.2109

Marika, D. O., Haji, S., & Herawaty, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pembelajaran Santifik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 153–163.

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Nugrahani, R., & A, C. R. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Busy Book Sebagai Media Pembelajaran Dan Peluang Usaha Bagi Guru Paud Di Desa Kradenan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Prosiding SNasPPM, 4(1), 210–216.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Prakarsi, E., Karsono, K., & Dewi, N. K. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendikiawan, 8(2). DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.35703

Pratama, F. A., Magdalena, R., Dias, S. P., & Alamsyah, D. J. (2020). Serious Game Development for Color and Object Name Recognition in Early Childhood Education (Case Study: TKK Mitra). Sisforma, 7(1), 14–20. https://doi.org/10.24167/sisforma.v7i1.2620. DOI: https://doi.org/10.24167/sisforma.v7i1.2620

Prihantini, P. (2017). Kajian Ide Kurikulum 2013 Paud Dan Implikasinya Dalam Pengembangan KTSP. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10535. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10535

Putri, O. (2021). Pengembangan Media Pendidikan Seksual Busy Book Bagi Anak Usia Dini. 7, 6. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1270

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423. DOI: https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185

Rizki, E., Oktariana, R., & Hayati, F. (2021). PENGEMBANGAN PERMAINAN BUSY BOOK UNTUK STIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH. Julnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan pembelajaran paud dalam mengembangkan potensi anak usia dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155

Rupdinah;, & Sudjana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 51–61. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199.

Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia Communitation.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Sudirman, & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60–72. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370. DOI: https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Suryaningsih, N. M. A., & Rimpiati, N. L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.113

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (Suryani & U. Rahmawati (reds)). PT Bumi Aksara.

Suwatra, Magta, & Christiani. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 185–193. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257

Syahputra, E. (2013). Peningkatan kemampuan spasial siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1624. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1624

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 6(1).

Wahyu, E., Indira, M., Murnaka, N. P., & Mardiana, A. (2023). Kemampuan Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Puzzel Tangram. Sentra Cendekia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i1.2502.

Wahyuni, E., & Nurjaman, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial Melalui Kegiatan Menggambar pada Kelompok B di TK Al-Fath BSD Tangerang Selatan. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 13–30. https://doi.org/10.31000/ceria.v5i2.547. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v5i2.547

Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020). Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 50–63. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.17. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.17

Yuniarni, D. (2021). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336

Diterbitkan

2023-08-20

Cara Mengutip

Jyoti Kamala, N. P., Putu Aditya Antara, & Made Vina Arie Paramita. (2023). Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Spasial Anak usia 5-6 Tahun Di Gugus V Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 229–237. https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.61257

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama