Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Pupuh Ginanti Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas IXd SMP Negeri 5 Abang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v9i2.46758Kata Kunci:
media, audio visual, pupuhAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang (1) Pengaplikasian media audio visual yang di gunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang menyanyikan pupuh ginanti, (2) Media audio visual yang di gunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang menyanyikan pupuh ginanti, dan (3) Tanggapan siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang mengenai adanya media audio visual untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang menyanyikan pupuh ginanti. Penelitian yang yang di laksanakan akan menggunakan data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang, dan objek penelitian adalah pembelajaran yang menggunakan media audio visual yang di gunakan meningkatkan kemampuan siswa IX D SMP Negeri 5 Abang menyanyikan pupuh ginanti. metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, tes, serta kuisioner. Hasil yang di dapat dalam penelitian yakni menggunakan media audio visual yang berupa video menyanyikan pupuh ginanti dalam pembelajaran sekar alit khususnya pupuh ginanti yang sudah sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah di rancang dengan baik. Kemampuan siswa di katakan meningkat dari data awal ke siklus II yaitu 76, 92% yang menggunakan media audio visual yang berupa video menyanyikan pupuh ginanti. tanggapan siswa masuk ke kategori sangat baik pada saat menggunakan media audio visual yang berupa video menyanyikan pupuh ginanti. ada pengaruh yang sangat amat baik sekali serta signifikan pada saat menggunakan media audio visual yang di gunakan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan pupuh ginanti siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Abang.
Kata kunci : media, audio visual, pupuh
Referensi
Arikunto, Suharsimi, dkk.2017.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta. PT Bumi Aksara.
------------. 2020. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; PT. Rineka cipta.
Ashar Arsyad, M. A. Prof. Dr. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta; PT. Rineka cipta
Astini, GST Made Juni dkk.2021.Pemanfaatan Aplikasi WhaatsApp Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyanyikan Pupuh Maskumambang Singaraja. E-Journal JPBB. Universitas Pendidikan Ganesha.
Candra Puspita Lestari dkk.2017.Pengembangan Media Pembelajaran Visual Bagi Pembelajar Bipa Pemula Di Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Vol. 7 No.2 tahun 2017. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/14614 (diakses tanggal 20 Februari 2022)
Dinas Kebudayaan provinsi Bali. 2007. Kasusastraan Bali. Denpasar.
Dinas Pendidikan Dasar Propinsi Daerah Tingkat Bali. 1996. Kamus Indonesia - Bali. Denpasar.
Dwi Suria Oktaviani, Md dkk 2019.Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol.3 No.1 Tahun 2019 Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17662 (diakses tanggal 20 Februari 2019)
Dwi Yusantika dkk. 2018. Pengaruh Media Audio dan Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Malang. Jurnal Pendidikan; Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.3, No.2 http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10544 (diakses pada tanggal 06 Maret 2022)
Eka Suryadana; dkk. 2016. Aplikasi Game Edukasi Pupuh Sekar Alit berbasis Android. Bukit Jimbaran. Merpati Vol. 4, No. 1 tahun 2016 https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/20752 (diakses tanggal 06 Maret 2022)
Erlina, Ni Putu Pande Mirah, dkk. 2021.Media Audio Visual Lagu Pop Bali Meningkatkan Kemampuan Paribasa Bali. Singaraja. E-Journal JPBB Vol.8 No.2 tahun 2021. Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/35602 (diakses tanggal 12 Januari 2022)
Fitri Fathonah, Mein dkk. 2020. Efektivitas Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia Vo. 8, No.2 tahun 2020.Universitas Sebelas Maret. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/39789 (diakses tanggal 12 Januari 2022)
Gautama, Wayan Budha. 2007. Kasusastraan Balicakepan Panuntun Mlajahin Kasusastraan Bali. Surabaya: Paramita.
------------. 2007. Penuntun Pelajaran Gending Bali. CV. Kayumas Agung.
Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Rispintari, Ni Made dkk. 2019. Ngawigunayang Media Audio Visual Kaanggen Nincapang Kawagedan Tembang Pupuh Ginada Sisia Kelas XI Mipa 1 Ibb 1 Sma Negeri 3 Singaraja. Singaraja. E-Journal JPBB. Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/20341/13250 (diakses tanggal 20 Januari 2022)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.