Analisis Kebutuhan dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbasis Teknologi untuk Mengajar Bahasa Inggris di Tingkat Universitas
Analisis Kebutuhan dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbasis Teknologi untuk Mengajar Bahasa Inggris di Tingkat Universitas
Kata Kunci:
Mengajar, skill bahasa inggris, pembelajaran berbasis projek, teknologi, keterampilan abad ke-21Abstrak
Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kebutuhan mengenai penggunaan pembelajaran berbasis projek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan situasi saat ini dan situasi yang diharapkan terkait penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbasis Teknologi di Monarch Singaraja. Penelitian ini menggunakan desain explanatory mix-method dimana desain metode campuran ini dilakukan dengan menganalisis data terlebih dahulu secara kuantitatif kemudian menjelaskannya dengan metode kualitatif. Metode kuantitatif yang digunakan adalah metode angket kuisioner yang diberikan kepada sepuluh dosen pengajar Bahasa Inggris di Monarch Singaraja. Metode analisis kualitatif menggunakan metode wawancara dan analisis dokumen. Metode analisis dokumen yang digunakan adalah menganalisis silabus, RPP dan Sesi Pembelajaran yang disediakan oleh pihak kampus. Metode analisis kebutuhan yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi antara model CIPP dan model OEM sehingga dapat ditemukan gap. Pada penelitian ini ditemukan bahwa kerangka konseptual dalam penggunaan pembelajaran berbasis projek belum ditemukan, temuan lainnya adalah dosen sudah siap secara pedagogik untuk melaksanakan pembelajaran berbasis proyek, tetapi belum siap dalam bentuk kertas atau panduan pembelajaran. Adanya kerangka konseptual sangat penting untuk memberikan landasan bagi dosen dalam melaksanakan pembelajaran kedepannya sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik di kampus ini. Begitu halnya dengan kesiapan dosen dan siswa dalam pembelajaran sangat diperlukan agar pembelajaran berbasis projek berbasis teknologi ini dapat berjalan dengan maksimal.
Referensi
Anwas, E. O. M., Sugiarti, Y., Permatasari, A. D., Warsihna, J., Anas, Z., Alhapip, L., Siswanto, H. W., & Rivalina, R. (2020). Social media usage for enhancing english language skill. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(7), 41–57. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I07.11552
Dorr, M. (2017). the Effectiveness of Project-Based Learning Using Digital Storytelling Technology on Improving Second-Grade Students’ Performance of Science Standards. Electronic Theses and Dissertations, 37(No. 1/2), 1–27. https://ci.nii.ac.jp/naid/40021243259/
Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231–248. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.549
Erdoğan, V. (2019). Integrating 4C Skills of 21st Century into 4 Language Skills in EFL Classes. International Journal of Education and Research, 7(11), 113–124. http://www.ijern.com/
Giguere, D., Dickson, D. J., Tulloch, M. K., & Hoff, E. (2022). Majority language skill, not measures of bilingualism, predicts executive attention in bilingual children. Journal of Experimental Child Psychology, 213, 105256. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105256
Gupta, K., Sleezer, C. M., & Russ-Eft, D. F. (2007). A Practical Guide to Needs Assessment. Pfeiffer.
McCrudden, M. T., & McTigue, E. M. (2019). Implementing Integration in an Explanatory Sequential Mixed Methods Study of Belief Bias About Climate Change With High School Students. Journal of Mixed Methods Research, 13(3), 381–400. https://doi.org/10.1177/1558689818762576
Mellati, M., & Khademi, M. (2018). Technology-Based Education. December, 48–62. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7010-3.ch003
Shin, M.-H. (2018). Effects of Project-based Learning on Students’ Motivation and Self-efficacy. English Teaching, 73(1), 95–114. https://doi.org/10.15858/engtea.73.1.201803.95
Siregar, M. (2021). Needs Analysis of Project Based Learning Learning Model Development in Translation as Profession Course. … Research and Critics in Linguistics and Education …, 4, 1288–1299. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birle.v4i4.2877
Sleezer, C. M., Russ-Eft, D. F., & Gupta, K. (2014). A Practical Guide to Needs Assessment. In Practical guide to dairying /. https://doi.org/10.5962/bhl.title.102958
Widana, I. N. S., & Parmithi, N. N. (2022). Resetting Pembelajaran Berbasis Proyek pada Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. … Nasional Biologi Dan Pendidikan …, 76–88. https://doi.org/10.5281/zenodo.7122412
Yu, Z., & Dong, Y. (2022). The Emergence of a Complex Language Skill: Evidence from the Self-organization of Interpreting Competence in Interpreting Students. Bilingualism, 25(2), 269–282. https://doi.org/10.1017/S1366728921000870
Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kadek Agus Mahardika Yasa, Ni Nyoman Padmadewi, Kadek Sintya Dewi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.