Analisis Penerapan Model Pembelajaran berbasis Etnosains dalam Pembelajaran Tematik SD
Abstract
Pembelajaran Etnosains merupakan merupakan salah satu terobosan baru dalam dunia pendidikan yang menggabungkan antara budaya dengan sains. Etnosains mengangkat budaya dan kearifan lokal untuk dijadikan objek pembelajaran sehingga membuat pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis etnosains sehingga guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tematik SD dengan memahami sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran dan penggunaaan metode dalam menyampaikan materi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan sampel sebanyak tiga SD di Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka, serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran berbasis etnosains di Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang sudah berjalan dengan baik hal ini dibuktikan dengan guru mampu menentukan kearifan lokal dan memilah materi yang akan diintegrasikan dengan mata pelajaran IPA dalam pembelajaran tematik berbasis kearifan local 2) Penggunaan sumber belajar kurang maksimal, seharusnya dalam pembelajaran etnosains guru dapat memanfaatkan sumber belajar lainnya, seperti lingkungan sekitar, video, dan internet. 3) Guru dapat menggunakan berbagai macam metode seperti observasi, demonstrasi, diskusi, proyek, eksperimen, dan karya wisata.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.22972
Article Metrics
Abstract view : 935 timesPDF file view : 3778 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.