Kontribusi Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24575Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian expost facto dengan jenis studi korelasi. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan yang berjumlah 471 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh banyak sampel adalah 202 orang. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu teknik non tes. Data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh dengan pencatatan dokumen yang berupa hasil UAS semester 1, sedangkan data konsep diri dan kebiasaan belajar diperoleh dengan menggunakan kuesioner/angket. Analisis uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji normalitas kolmogorov-smirnov, linieritas, multikolinieritas dan heterokesdastisitas. Selanjutnya data dianalisis dengan uji hipotesis regresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Analisis regresi ganda diperoleh persamaan regresi Ŷ= 21,882+ 0,310X1+ 0,288X2. Persamaan regresi yang telah didapat berarti H0 yang menyatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data diperoleh R2 = 0,032 dan kontribusinyaa sebesar 3,2%. Dapat disimpulkan terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan penemuan diperoleh maka diharapkan guru dapat menjadi acuan yang positif dan berharga dalam melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep diri dan kebiasaan belajar siswaDownloads
Published
2020-04-25
How to Cite
Nadiadiputra, I. M. J., & Sri Asri, I. G. A. A. (2020). Kontribusi Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 21–28. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24575
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)